Mau tanya



  • Assalamualaikum. Pagi, maaf sy mau nanya. Sy memiliki gejala sprti sesak dan susah brnafas 2hari lalu, dan saya batuk2 sprti ad cairan tp emg tdk skt tnggorokan ataupun gatal, dan jg tdk rutin. tetapi sy tidak demam. Ini masuk hari ke 5 sy self quarantine, sdangkan untuk cek ke RS lbh ngeri. Sy pun lg hamil.. mgkin kah ini bs jd gejala dok? Soalny sy parno sekali lg hamil gini.. mohon dijawab y, trmksh sblmnya.


  • Relawan

    This post is deleted!

  • Relawan

    Halo @kievkiev terima kasih atas pertanyaan Anda ya

    Saya relawan Eswahos izin untuk bantu menjawab.

    Keadaan yang Anda alami bisa saja karena covid-19 atau penyakit lain, karena gejala covid-19 mirip dengan gejala infeksi virus lainnya. Untuk menegakkan diagnosis apakah positif covid-19 atau tidak harus melakukan tes laboratorium di lab yang ditunjuk kemenkes.

    Namun jika gejala yang Anda alami semakin memburuk dan menyebabkan sesak nafas dan/atau Anda memiliki kontak dengan pasien positif covid-19 sebaiknya silakan mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat dan informasikan sedetail-detailnya mengenai gejala dan riwayat perjalanan Anda kepada tenaga kesehatan di fasyankes.

    Sekarang di rumah dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id
    Salam... 🙂

    Relawan Eswahos
    Mahasiswa Ilmu Gizi dan Dietetika



  • Dear @kievkiev

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Mohon ijin menambahkan
    Kondisi saat hamil memang rentan dengan banyak sekali virus yang masuk dalam tubuh
    Oleh sebab itu untuk ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan gizi seimbang serta pembatasan dalam menggunaan obat-obatan

    Saran saya, saudara lebih banyak menggunakan makanan yang herbal seperti sayur buah hingga banyak minum air hangat

    Yang terpenting jangan panik dan dan jangan stress karena berpengaruh ke janin ibu juga

    Bila keluhan yang dirasa cukup memberatkan, kami sarahkan saudara ke faskes terdekat atau ke bidan terdekat untuk memeriksakan diri lebih lanjut

    Semoga ibu dan calon bayi sehat selalu hingga lahiran
    Semoga membantu
    Terimakasih


  • Relawan

    Dear @kievkiev apabila anda merasa masalah kesehatan yang anda alami mengganggu aktivitas anda disarankan Anda mengunjungi dokter umum atau dokter kandungan Anda agar mendapat pemeriksaan yang solusi yang tepat dan jangan mengonsumsi sembarang obat karena boleh jadi mengganggu kehamilan anda. Anda tidak perlu panik apalagi stress karena boleh jadi gejala yang anda alami mengindikasikan penyakit lain. Terapkan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup dan jaga kebersihan diri karena itu dapat membantu memperkuat imun anda. Lakukan physical distancing dengan memberikan jarak 1-2 meter apabila bertemu kerumunan orang dan gunakan masker apabila mengunjungi fasilitas kesehatan. Anda dapat melakukan pemeriksaan mandiri di laman checkupcovid19.jatimprov.go.id . Semoga anda dalam kondisi sehat selalu.
    Terimakasih semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: