Mengenai ODR



  • Dijelaskan bahwa ODR (Orang dalam resiko) adl org yg pernah berpergian dr lokasi terdampak COVID-19
    Saya ingin menanyakan berapa lama org ORD harus dipantau oleh pukesmas terdekat?



  • Dear @rkmila

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Mohon ijin menjawab
    Masa inkubasi dari virus ini adalah 5 hari artinya virus ini dapat berkembangbiak dalam tubuh dan menyebabkan gejala dalam waktu 5 hari

    Untuk ODR diharapkan mengisolasi diri selama 14 hari #dirumahsaja dibawah pengawasan ketua RT/RW/puskesmas setempat

    Selain itu untuk ODR diharapkan tetap menjaga kebersihan seperti cuci tangan, menerapkan etika batuk dan meningkatkan gizi dan imun untuk menurunkan risiko penularan

    Saudara juga dapat melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Semoga membantu
    Terima kasih


  • Relawan

    Halo @rkmila terima kasih atas pertanyaan Anda

    Saya relawan Eswahos izin bantu menjawab.

    Masa inkubasi virus corona adalah +-5-6 hari. Setelah itu dapat menimbulkan gejala baik ringan, sedang, atau berat. Namun bisa juga asimptomatik (tanpa gejala). Hal ini tergantung kekebalan tubuh seseorang dalam melawan infeksi dan faktor faktor lainnya.

    Orang yang memiliki resiko terhadap covid-19 diharapkan melalukan karantina mandiri selama 14 hari.

    Sekarang di rumah dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id
    Salam... 🙂

    Eswahos Shofiq
    Mahasiswa Ilmu Gizi dan Dietetika


  • Relawan

    Dear @rkmila izinkan saya membantu menjawab. Orang Dalam Risiko sendiri merupakan orang yang memiliki risiko tinggi terdampak covid 19 seperti tenaga kesehatan yang melayani pasien ataupun pekerja harian yang belum bisa melakukan kerja dari rumah. Mereka sebaiknya menjaga kondisi tubuh mereka dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat seperti dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup dan jaga kebersihan diri seperti cuci tangan dan menggunakan masker. Disarankan ODR melakukan physical distancing dengan memberikan jarak 1-2 meter apabila bertemu kerumunan orang agar mengurangi penyebaran virus. Disarankan memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dan dapat melakukan pengecekan mandiri di laman checkupcovid19.jatimprov.go.id . Apabila mengalami masalah kesehatan disarankan Segeran melakukan isolasi diri selama 14 hari atau mengunjungi fasilitas kesehatan agar memperoleh penanganan yang tepat. Tidak perlu panik asalkan tetap waspada. Semoga anda dan keluarga selalu diberi kesehatan oleh Tuhan.
    Terimakasih semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: