Apakah saya perlu untuk tes?



  • Selamat sore, dengan saya dhita dari Blitar.
    Ijin untuk bertanya apakah saya harus tes rapid, karena teman saya dalam 1 pertemuan acara di Jakarta adalah korban dari PDP Gresik yg meninggal di sebutkan karena Covid 19 padahal beliau almarhum belum keluar untuk hasil tesnya. Saya hari ini sdh isolasi mandiri 14 hari. Dmana saya bisa melakukan tes malau di kota Blitar, dan apa yg perlu saya siapkan untuk berkas saya sebelum tes.



  • selamat malam, salam sehat semua,, sy dari malang kota
    riwayat kerja sy dibali sampai bulan november sy masih melayani tamu" dr china sy bekerja di kapal penyebrangan dan permainan laut.
    bulan desember akhir sy plg ke malang sampai saat ini. krn pd saat itu tamu smakin sepi ada travel warning, perjalanan lokal 2 minggu lalu ke kota magelang, saat ini sy cuma mengalami batuk yg kadang sembuh , kadang muncul lagi...tp ada rasa nyeri di dada sebelah kiri, sy juga perokok ,bgmn?


  • Relawan

    selamat malam @dhita
    selama ini apakah dhita mengalami gejala covid19 seperti batuk, demam, sesak nafas maupun flu?
    jika dilihat dari kronologinya, saran saya segera periksakan diri Anda ke fasilitas kesehatan terdekat, ceritakan kronologi bagaimana anda kontak dengan teman Anda karena petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan terkait hal tersebut.

    sedikit tips dari saya,

    1. segera periksakan diri Anda
    2. kurangi kontak dengan orang lain
    3. rajin cuci tangan
    4. terapkan pola hidup bersih dan sehat

    jika ada yang ingin ditanyakan lagi, dipersilahkan
    semoga membantu
    terima kasih


  • Relawan

    Selamat Malam, Salam Sehat Indonesia!
    dear @dhita
    untuk pemeriksaan RAPID TEST sendiri saat ini masih lebih difokuskan kepada pasien yang diduga terpapar oleh virus COVID-19. proses pengecekan pun masih diupayakan semaksimal mungkin baik oleh pemerintah daerah maupun pusat. namun jika anda memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau probable COVID-19, sebaiknya anda bisa melapor ke instansi terkait seperti RT/RW. lalu segera cek kesehatan anda ke rumah sakit rujukan sesuai dengan arahan pemerintah daerah atau pusat.

    informasi selengkapnya bisa klik link dibawah ini ya
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam


  • Relawan

    @dik selamat malam
    saran saya segera periksakan diri anda ke puskesmas atau RS terdekat.
    ceritakan segala kronologi Anda pada petugas. untuk batuk yang Anda alami, saran saya lakukan etika batuk dengan benar, kalau perlu gunakan masker dan kurangi aktivitas diluar rumah. hindari kontak dengan orang lain.

    semoga membantu
    terima kasih


  • Relawan

    Selamat Malam, Salam Sehat Indonesia!
    dear @dik
    gejala COVID-19 antara lain; demam tinggi, batuk kering, sakit tenggorokan, sakit kepala, lemas, dan sesak nafas. jika anda merasakan gejala ringan, sebaiknya tindakan yang dapat dilakukan adalah social distancing (menjauhi kerumunan), physical distancing (menjaga jarak antar manusia setidaknya 1 meter). hal pendukung lain adalah rajin mencuci tangan dengan sabun ddan air mengalir, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta istirahat yang cukup. namun jika gejala yang muncul semakin berat, sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter atau rumah sakit terdekat sesuai arahan pemerintah daerah atau pusat. jangan lupa laporkan pada tenaga medis tentang riwayat kesehatan anda.

    informasi selengkapnya bisa klik link dibawah ini ya
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam



  • ok mksh brarti smoga gak ada gejala ya, brp biaya jika sy pingin test?



  • Dear @dik

    Mohon ijin menjawab
    Untuk biaya sendiri semua ditanggung pemerintah karena ini adalah wabah bencana.
    Namun untuk pemeriksaan ini ada beberapa indikasi dimana atas rekomendari dari petugas kesehatan yang berwenang. sehingga belum bisa dilakukan atas permintaan sendiri

    semoga membantu
    semoga saudara diberi kesehatan selalu
    terima kasih


  • Relawan

    Halo @dhita @dik
    Mohon izin menambahkan.

    Apabila dirasa gejala belum terlalu mengganggu aktivitas atau belum memungkinkan untuk menuju fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara mandiri di checkupcovid19.jatimprov.go.id

    Demikian yang bisa saya tambahkan, semoga membantu. Kami berharap Anda dan keluarga sehat selalu.
    Salam.


Log in to reply
 



Pengguna Online: