Kepulangan dari kota 'Zona Merah'


  • Relawan

    Assalamualaikum, w.w.
    Terima kasih sebelumnya yang sudah membaca pertanyaan ini.

    Jadi saya baru saja pulang dari Jakarta, tepatnya di tangerang selatan namun perbatasan dengan Jaksel. terhitung sampai hari ini saya sudah melakukan isolasi mandiri di rumah total 8hari. Alhamdulillah, tidak ada keluhan-keluhan yang muncul, namun entah mengapa, pihak kecamatan dan desa, mengintruksi saya dan teman-teman saya yg lain untuk memeriksakan keadaan ke puskesmas, meskipun keadaan kami sebenernya baik-baik saja. Menurut Anda, gimanaa? saya harus ke puskesmas untuk periksa meskipun saya ga ada gejala, atau tetap di rumah saja?

    Terima kasih sebelumnya.
    Salam sehat!


  • Relawan

    Dear @Nopret terimakasih kami ucapkan atas kesediaan anda sudah melakukan isolasi mandiri dirumah, apa yang anda lakukan sudah turut andil mengurangi penyebaran covid 19. Pihak desa anda memerintahkan agar anda melakukan pemeriksaan agar memastikan kondisi anda tetap sehat dan itu juga merupakan langkah yang ditempuh agar tidak terjadi kepanikan di masyarakat karena biasanya seseorang yang berasal dari luar kota dikhawatirkan terpapar virus Corona. Anda tidak perlu khawatir lakukanlah pemeriksaan sesuai dengan prosedur. Terapkan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup serta jaga kebersihan diri. Semoga anda dan keluarga selalu diberi kesehatan oleh Tuhan.
    Terimakasih semoga membantu


  • Relawan

    @Relawan-Shinta-N Terima kasih kak atas jawabannya. Berarti saya harus mengikuti prosedur dari desa ya kak. Baik. Terima kasih sekali lagi



  • Assalamulalaikum
    Saudara saya merantau di gresik sebetulnya ingin pulang ke tuban untuk mengantarkan anak balitanya supaya tinggal dikampung halaman.
    Mohon solusinya apakah pulng atau tetap tinggal di gresik


  • Relawan

    Dear @andi-prasetyo pada dasarnya pemerintah daerah sudah memberikan himbauan agar tetap dirumah dan tidak melakukan kunjungan ke daerah lain apabila tidak dalam situasi darurat. Apabila terpaksa harus pergi ke daerah lain perlu dipastikan bahwa Saudara Anda mengenakan alat perlindungan diri agar mengurangi risiko terpapar virus pada saat perjalanan. Lakukan isolasi diri selama 14 hari setelah sampai di daerah tujuan dan melaporkan mengenai kepulangannya kepada pihak RT RW atau pejabat desa setempat agar dapat dilakukan koordinasi. Perhatikan kondisi kesehatan dan apabila menemui gangguan kesehatan segeralah melakukan pemeriksaan. Terapkan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup dan jaga kebersihan diri. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan mandiri di laman checkupcovid19.jatimprov.go.id . Semoga anda dan keluarga selalu diberi kesehatan oleh Tuhan.
    Terimakasih semoga membantu



  • Assalamualaikum
    Saya warga jember, jatim. Sekarang merantau di kota Tangerang, dan tinggal di kost2an barusan saya melihat postingan ibu gubernur di Instagram tentang himbauan "dilarang mudik". Apakah dari pemprov jatim ada kebijakan soal kebutuhan makanan bagi perantau yang ada di Jakarta dan sekitarnya??? soalnya disini sudah mulai sepi, Pedagang makanan sebagian sudah pulang ke kampung halamannya. Saya khawatir pada hari lebaran nanti, kita para perantau disini kesulitan untuk mencari makanan. Terimakasih atas jawabannya
    Semoga wabah ini segera hilang sebelum bulan ramadhan, amiiinn



  • Untuk seseorang yang baru pulang dari zona merah dengan kondisi orang dalam resiko (ODR) apakah perlu untuk swab test ke rumah sakit atau hanya ke puskemas? Mohon pencerahannya


  • Relawan

    Dear @Syah-Reza. Terima kasih atas pertanyaannya.
    Izinkan saya menjawab untuk sementara.

    Sejauh ini, di tingkat daerah memang ada istilah ODR (Orang dalam Risiko), hal itu ditujukan untuk mereka yang baru saja pulang dari daerah-daerah terpapar atau zona merah. Untuk ODR sendiri, biasanya di setiap daerah ketentuannya berbeda, ada yang cukup mengisolasi mandiri di rumah selama 14 hari dan menjaga imunitas dengan melakukan hal-hal pencegahan seperti cuci tangan dan lain-lain dan diseimbangi dengan makan makanan yang bergizi.
    Namun, ada beberapa daerah yang menyarankan warganya yang ODR untuk melakukan pengecekan dan pendataan di puskesmas setempat.
    Saran saya, jika di daerah Anda belum ada himbauan untuk melapor, ada baiknya jika Anda tetap di rumah selama 14 hari. Namun jika selama masa isolasi terdapat gejala-gejala yang mengarah ke Covid-19, sebaiknya Anda segera memeriksakan ke puskesmas setempat.

    Terkait swab test, untuk saat ini hanya diperuntukan untuk orang-orang yang masuk list ODP dan PDP dengan gejala-gejala yang mengarah ke Covid-19, seperti flu, batuk, demam, sakit tenggorokan. Jika Anda tidak menemukan gejala-gejala tersebut, tidak perlu melakukan swab test. Cukup mengisolasi diri di rumah, jaga kebersihan, dan kesehatan.
    Sekian, semoga jawabannya membantu.
    Salam sehat.
    Relawan Nopret.



  • Mohon ijin bertanya, ayah saya merupakan seorang sopir antar pulau jawa tepatnya Madiun - Lombok (NTB). Saat ini posisi beliau sedang dalam perjalanan menuju Madiun. Terakhir saya melihat perkembangan berita beberapa kendaraan sudah mulai dibatasi untuk masuk ke wilayah kota Madiun. Pertanyaan saya, apakah beliau nanti sampai di Madiun di wajibkan untuk dikarantina ?

    Sekian terimakasih


  • Relawan

    Dear @anindevila.
    Selamat sore.Izinkan saya membantu menjawab.

    Setiap orang yang baru saja kembali dari daerah terpapar atau zona merah, sejauh ini biasanya disebut ODR (Orang dalam Risiko).

    Hal yang bisa Ayah Anda lakukan saat ini adalah melakukan karantina/isolasi mandiri selama 14 hari dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing (menjaga jarak dengan manusia setidaknya satu meter), minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya.
    Namun jika selama melakukan isolasi mandiri muncul gejala-gejala yang mengarah ke Covid-19 dengan gejala berat, silakan Anda dapat mengunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.
    Salam sehat!

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id


  • Relawan

    @Syah-Reza saya relawan Dimas membantu menjawab.
    untuk sementara pemeriksaan massal atau menggunakan rapid test dibedakan berdasarkan prioritas.

    Prioritas pertama : yaitu orang yang kontak erat dengan pasien yang dinyatakan positif terkena covid 19 (tenaga medis,satu ruangan, keluarga)

    Prioritas kedua : yaitu orang dengan status pasien dengan pengawasan (PDP) dan tidak bisa di lakukan PCR

    Prioritas ketiga : bila pemeriksaan PCR tidak bisa dilakukan dan membutuhkan waktu yang lama

    Dari hal tersebut sebaiknya melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah. Karena pemeriksaan rapid test maupun PCR jika anda ada kontak erat dengan penderita positif covid 19

    Jangan lupa cuci tangan,lakukan physical distancing dan bila sakit menggunakan masker

    Terimakasih smoga membantu
    #SahabatSehat


  • Relawan

    Dear @fahmi-amirudin izinkan saya membantu menjawab. Pandemi Corona ini merupakan masalah bagi semua lini masyarakat. Saat ini diadakannya anjuran untuk tidak mudik ditunjukkan agar penyebaran covid 19 tidak semakin meluas dimohon pengertian dari semua elemen agar pandemi ini dapat segera teratasi. Mengenai masalah makanan, sebaiknya anda mengolah sendiri makanan yang anda konsumsi hal ini dikarenaka jika anda membeli diluar tidak ada jaminan apakah makanan tersebut higienis dan tidak terpapar virus. Untuk kesediaan bahan makanan pokok sendiri pemeriksaan sudah menjamin bahwa tidak akan terjadi kelangkaan. Terapkan pola hidu bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup dan jaga kebersihan diri. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan mandiri di laman checkupcpvid19.jatimprov.go.id . Semoga anda dan keluarga selalu diberi kesehatan oleh Tuhan dan pandemi ini segera berakhir.
    Terimakasih semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: