Tanya , tolong dijawab



  • Selamat malam,
    Maaf mau tanya apakah demam ringan yang hanya dirasakan di malam hari bisa jadi tanda gejala terpapar virus corona ? Selain itu badan terasa lemas dan sedikit linu linu. Ada riwayat teman satu tempat ada yang pulang kerumah di daerah jakarta dan surabaya .
    Terimakasih



  • Hai, kak Sitha!

    Dalam hal ini, memeriksakan diri lebih baik, namun tidak harus keluar rumah. Coba cek situs berikut:
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/
    hospital.umm.ac.id/covid

    Jika gejala semakin parah, hubungi 1500-117 atau 119 sesegera mungkin.



  • Jadi demam yang hanya dirasakan malam hari dan badan terasa lemas tapi tidak batuk pilek dan sesak apakah merupakan gejala terpapar virus corona ?



  • @sitha, bila Anda memang berkontak langsung dengan teman Anda itu dan gejala baru dirasakan setelah kontak dengan teman Anda, menurut pemprov Jatim:

    Sebagai tindakan pencegahan, Pemprov Jatim meminta siapa saja yang mengalami gejala (demam, batuk, bersin, sakit tenggorokan, atau sulit bernapas) untuk tinggal di rumah selama 14 hari untuk mencegah penyebaran. Anda disarankan untuk tidak keluar ke tempat publik, tinggal dirumah saja dan tidak boleh ada tamu. Anda disarankan untuk menelepon call center Pemprov Jatim, di mohon anda jangan berangkat ke UGD, Rumah sakit, atau klinik, kecuali kalau gejala anda semakin buruk segera pergi ke dokter terdekat.



  • Demam yang hanya dirasakan malam saja juga termasuk dalam kategori demam gejala virus ?


  • Relawan

    Halo @sitha terima kasih atas pertanyaan Anda

    Saya izin menjawab ya.

    Benar, kondisi demam di malam hari bisa disebabkan oleh infeksi virus, salah satunya HIV.

    Untuk covid-19 sendiri tidak disebutkan gejala demam di malam hari, melainkan demam di atas suhu 38°C atau gejala bervariasi mulai dari ringan, sedang, dan berat.

    Harap berhati hati dengan beredarnya kabar hoax.

    Sekarang dimulai dari Anda untuk tetap #dirumahaja dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat atau kondisi saat ini tidak mereda lebih dari satu minggu silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam... 🙂

    Eswahos Shofiq
    Mahasiswa Ilmu Gizi dan Dietetika



  • Selamat malam @sitha
    Injinkan kami kembali menjawab pertanyaan anda

    Mohon tenang dan kurangi stress dan hidari panik berlebihan,
    Dalam 4 Definisi Operasional dalam Penanganan COVID 19 antara lain ODP, PDP, Probality, dan Konfirmasi Positif
    Gejala yang anda alami tidak ada yang mendekati ke-4 definisi diatas

    Namun jika deman yang dialami malam hari disebabkan virus itu bisa saja kemungkinannya demikian, namun menurut perspektif kami itu bukan covid bisa jadi bakteri, influensa dan virus lainya (sebaiknya adan memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu)

    Sebaiknya tetap waspada dan lakukan isolasi diri 14 hari, lakukan sosial distancing dan physical distancing dengan ODR yang baru datang dari daerah transmisi lokal atau red zone.

    Mohon untuk tidak stress dan panik berlebihan
    Salam sehat

    Terima kasih



  • Jadi demam yang lebih kurang 3 hari dan hanya di rasakan malam hari serta badan terasa lemas dan linu linu bisa dikarenakan virus lain yang bukan merupakan gejala terpapar virus corona ? Karena lingkungan kerja ada yang habis pulang dari surabaya dan jakarta . Tetapi tidak terasa batuk pilek dan sesak nafas



  • Betul Mbk @sitha
    Sejauh ini gejala yang anda alami tidak signifikan corona
    Namun karena rekan kerja anda pernah melakukan perjalanan dari daerah transmisi lokal seperti yang anda sampaikan maka saran kami agar anda bisa lakukan sosial distancing, dan physical distancing dengan jarak aman 1-2 meter, terapkan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun dan air mengair, hindari menyentuh area segitiga wajah (mata, hidung, dan mulut)
    Lakukan monitoring secara mandiri, terkait kesan umum, gejala dan psikologis anda selama kurang lebih 14 hari, jika ada gejala lain yang anda sampaiakn diatas bisa kembali ajukan pertanyaan pada kami atau melalui layanan call center 119 ext 9

    Semoga lekas sembuh demamnya Mbk @sitha
    Kami tunggu kabar baik dari anda
    Selamat Malam

    Terima kasih



  • Baik saya akan melakukan isolasi mandiri,
    Terimakasih banyak❤️


  • Relawan

    Halo @sitha
    Silakan karantina mandiri selama 14 hari.

    Jika gejala tetap selama 1 minggu atau muncul gejala yang berat dan mengganggu, silakan periksa ke fasyankes terdekat.

    Terima kasih kembali...:)


Log in to reply
 



Pengguna Online: