Saya ingin bertanya



  • Jadi gini dok, tante saya baru pulang dari zona merah surabaya berhubung tante satu rumah dengan saya apakah saya juga bisa dikategorikan ODP ?



  • Saya sakit di tenggorokan rasanya itu kyak dicekik gituu. Tapi larinya sakitnya lebih ke telinga ? Apakah itu covid ??


  • Relawan

    @Arifa-Nur-Fitri dikatakan ODP adalah orang yang mengalami demam (≥38''oC) atau riwayat demam; atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk DAN tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala, memenuhi salah satu kriteria berikut:
    a. Memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di luar negeri yang melaporkan transmisi lokal*
    b. Memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di area transmisi lokal di Indonesia

    segera melapor jika ada anggota yang pulang dari luar daerah ke dinas kesehatan setempat agar dapat dilakukan pemantauan, anjurkan tante anda untuk mengisolasi mandiri meminimalkan kontak dengan anggota keluarga dan tetangga



  • Selamat malam @Arifa-Nur-Fitri

    Terima kasih atas pertanyaanya
    Ijinkan kami memberikan jawaban

    Yang dimaksud ODP (Orang Dalam Pemantauan) adalah;
    Seseorang yang mengalami

    1. Demam (≥38 C) atau riwayat demam tanpa gejala gangguan pernafasan.
    2. Gangguan pernafasan tanpa demam (≥38 C) atau riwayat demam
      DAN
    3. Memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit dan area transmisi lokal di Indonesia pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.

    Namun karena anda berada dengan tante anda yang memiliki salah satu kategori ODP namun belum menunjukan gejala, dalam hal ini biasa kita sebut ODR (Orang Dengan Resiko) maka saran kami agar anda dan keluarga melakukan physical distancing jarang 1 - 2 meter, lakukan pola hidup bersih dan sehat, sering cuci tangan, hindari memegang area segitiga wajah, gunakan masker dan terapkan etika batuk saat mulai menunjukan gejalanya.
    Tingkatkan imunitas tubuh dengan olahraga dan asupan gizi yang baik
    Hindari panik dan stress berlebihan.

    Salam sehat

    Terima kasih



  • Dear @Arifa-Nur-Fitri

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Mohon ijin menjawab
    Seseoranv dikatakan ODP apabila orang tersebut mengalami deman >38 derajat atau riwayat deman dan mengalami gangguan pernapasan seperti batuk pilek, nafsu makan menurun hingga sesak napas yang tidak terkondisikan
    Dan
    Memiliki riwayat transmisi ke luar negeri atau daerah yang memiliki status redzone

    Saudara beserta bisa dikatakan sebagai ODR (Orang Dengan Risiko) karena saudara dalam satu rumah dengan pasien ODP
    Sehingga perlu pengawasan
    Oleh sebab itu, saran kami sebaiknya saudara melapor ke pak RT dan untuk tante saudara melakukan isolasi diri #dirumahsaja selama 14 hari dan tetap mengontrol kondisi. Apabila mengalami gejala yang saya sebutkan diatas segera ke faskes terdekat.

    Saudara juga bisa melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Semoga membantu
    Terimakasih


  • Relawan

    Dear @Arifa-Nur-Fitri izinkan saya membantu menjawab. Disarankan Anda dan keluarga melakukan isolasi mandiri di rumah artinya tidak keluar rumah apabila tidak ada hal yang sangat penting dan melaporkan mengenai kepulangan Tante anda kepada RT RW atau pejabat desa tempat anda tinggal agar dapat dilakukan upaya yang efektif. Terapkan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup dan jaga kebersihan diri. Perhatikan kondisi kesehatan anda dan lakukan pemeriksaan apabila terasa ada masalah kesehatan. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan mandiri di laman checkupcovid19.jatimprov.go.id . semoga anda dan keluarga selalu diberi kesehatan oleh Tuhan.
    Terimakasih semoga membantu



  • Dear @iccchs

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Mohon ijin menjawab

    Keluhan yang saudara rasakan bukan merupakan gejala dari COVID-19. Saran saya lebih baik saudara segera ke faskes terdekat untuk mengecek kondisi lebih lanjut.

    Untuk screening COVID-19 online bisa dilakukan di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Semoga membantu
    Terima kasih


  • Relawan

    Dear @iccchs izinkan saya membantu menjawab. Sakit tenggorokan yang anda alami bukan hanya mengindikasikan Covid 19 saja melainkan juga dapat merupakan gejala penyakit lain misalnya radang tenggorokan. Perhatikan kondisi kesehatan anda dan lakukan pemeriksaan kesehatan apabila sakit yang anda alami semakin memburuk. Anda tidak perlu panik karena panik akan menurunkan daya tahan tubuh anda. Terapkan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi mengurangi konsumsi gorengan atau makanan yang banyak mengandung penyedap rasa, jaga kebersihan diri serta istirahat yang cukup. Anda dapat melakukan pemeriksaan mandiri di laman checkupcovid19.jatimprov.go.id . Semoga anda dan keluarga selalu diberi kesehatan oleh Tuhan.
    Terimakasih semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: