Berapa lama hasil lab PCR keluar?



  • Ponakan saya (1.5th) hari ini (28 Mar 20, 13.00 WIB) baru saja masuk ke RS Jember Klinik dengan diagnosa awal radang paru-paru. Shymptom yang muncul sesak nafas, batuk dan demam sejak 5 hari lalu setelah diajak ibunya melayat dan yang datang di rumah duka ada yang merasal dari salah satu red zone area Jatim.

    Dokter sudah melakukan pengambilan sampel darah dan foto rontgen, yang membuat saya khawatir, hingga saat ini (28 mar 20, 23.25 WIB) hasil lab belum keluar dan mengingat saya berada di luar pulau dan ipar dan suaminya "kurang berpendidikan".

    Pertanyaan saya, kira2 berapa lama hasil lab akan keluar dan apakah kemungkinan ponakan saya juga dilakukan tes PCR?

    Terima kasih.


  • Relawan

    selamat malam @p4pinya_anak terima kasih atas waktunya
    dilakukan atau tidak untuk tes PCR tergantung dari hasil dan keputusan medis, secara umum, biasanya untuk hasil lab sampel darah dan foto rontgen keluar keesokan harinya. namun kembali lagi pada kondisi rumah sakit terkait dengan pengerjaan dan antrian.

    semoga membantu
    terima kasih



  • rekan @Relawan-DimasSSW apakah estimasi ini berlaku juga untuk test PCR untuk covid19? Mengingat Keponakan saya sempat bersentuhan dengan orang dari Red Zone Area Jatim. Jujur, untuk balita seusia itu saya sangat khawatir akan terpapar dan terjangkit covid19.

    Terima kasih Rekan.


  • Relawan

    @p4pinya_anak pemeriksaan PCR membutuhkan waktu lebih dari 24 jam karena dikerjakan didalam laboratorium dan prosesnya lebih rumit dari rapid test namun memiliki keakuratan tinggi


  • Relawan

    Halo @p4pinya_anak
    Mohon izin menambahkan.

    Perlu kami sampaikan bahwa pemeriksaan PCR sampel Covid-19 untuk wilayah Jawa Timur dapat dilakukan di: Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya, RSUD Dr. Soetomo, RS Unair Surabaya, dan RS UB Malang.
    Jadi utk sampel yang diambil nantinya akan dikirimkan ke salah satu lab tersebut terlebih dahulu untuk kemudian diproses.
    Adapun akibat padatnya antrian sampel yang diperiksakan, lamanya waktu sejak pengiriman sampel hingga didapatkannya hasil menjadi tidak dapat diperkirakan dengan tepat.
    Dengan kondisi seperti sekarang ini, estimasi waktu pengerjaan sampel +- 1 minggu. Akan tetapi mohon menjadi perhatian bahwa estimasi ini selalu berubah dan tidak dapat menjadi patokan.

    Demikian yang bisa saya tambahkan, semoga membantu. Kami berharap Anda dan keluarga sehat selalu.

    Salam.



  • Terimakasih atas tanggapannya @Relawan-DimasSSW dan @Relawan-Regina

    Semoga sehat selalu untuk kita semua dan badai ini segera berlalu.



  • Halo, apakah adeknya juga dikarantina dan tidak boleh ada yg menemani?
    Saya ikut sedih dg berita ini, saudara saya juga diisolasi dg status pdp dan dia sudah deqasa tetapi ttap saja merasa suntuk, pasti kasihan sekali jika anak seusia adeknya diisolasi sendiri 😞
    Semoga lekas sembuh dan hasilnya negatif



  • hay Sobat @rizqi99

    Saat ini keponakan saya statusnya belum masuk isolasi, hanya saja ruang perawatan dipindah ke ruang VIP-C yang hanya dihuni oleh 1 pasien per kamar dan ditemani oleh ortunya, orang lain tidak diperkenankan masuk ruangan. Info terakhir, Ortunya masih bisa untuk sekedar keluar beli makan.

    Kita semua berdoa agar musibah ini segera berlalu dan semua diberikan keuatan menghadapinya.

    Tetap sehat selalu


Log in to reply
 



Pengguna Online: