tanya gejala covid19, tolong dijawab



  • halo. minggu lalu saya bersin2, lalu bbrp hari yg lalu badan saya agak panas. tapi ngga tinggi, cm hangat. skrg dh ga hangat tp skrg pilek dan bersin2 trs. ga ada batuk sama sekali, lalu hidung saya tersumbat. kira-kira saya harus kedokter apa tidak ya?


  • Relawan

    selamat malam @secretuserid terima kasih atas pertanyaannya

    saran dari kami, coba kurangi aktifitas dan penuhi kebutuhan istirahat. secara teori, bersin adalah mekanisme imun saat adanya mikroorganisme/benda asing masuk kedalam tubuh sehingga untuk mengeluarkannya kembali terjadi respon yang berupa bersin.
    perlu diketahui, secara umum gejala covid19 adalah demam diatas 38 derajat celcius, lemas, batuk, sesak nafas. cobalah untuk mengisolasi diri dan memperbaiki kondisi tubuh melalui konsumsi makanan yang sehat, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, kurangi begadang dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

    semoga membantu
    terima kasih



  • Halo, Selamat malam..
    Mau ikut nanya sekalian.

    Beberapa hari ini saya batuk, gatal ditenggorokan. Tetapi tidak demam, tidak pilek.
    Batuk ini mengganggu sekali,
    Kadang ada dahak dan kadang tidak..

    Bersin kalau kena debu dan sensitip sama bau2an tertentu saja, saya ada sinus.

    Saya tergolong suhu tubuh hangat diantara teman2, 36,4 biasanya.

    Apakah saya harus periksa ke dokter terdekat ??
    Apa sudah termasuk gejala covid ? Memgingat ada berita pasien yang tidak menunjukkan gejala..


  • Relawan

    selamat malam @zaya terima kasih atas pertanyannya

    tenggorokan gatal umumnya akan kembali normal dalam jangka 5-7 hari kedepan dalam kasus ini cobalah untuk menghindari pemicu alergi seperti makanan, debu, obat hingga polusi udara. terkait bersin jika terkena debu dan aroma-aroma tertentu merupakan respon alergi tubuh anda terhadap benda tersebut. suhu 36,4 masih tergolong normal dan tidak termasuk gejala covid19 (gejala covid19 yaitu jika suhu diatas 38 derajat celcius).

    semoga menjawab
    terima kasih



  • Malam dok
    Mau tanya udah 2hari ini saya batuk ringan dan tenggorokan gatal tp tidak flu atau pilek, tidak lemas tp batuk lumayan mengganggu juga
    Suhu saya normal 36
    Apakah saya termasuk gejala covid 19 dan perlu ke dokter?


  • Relawan

    terima kasih atas pertanyaannya @paksi-putra-p

    hampir sama dengan jawaban diatas. hal yang perlu dilakukan saat ini adalah memperbaiki imun diri sendiri dengan cara melakukan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengkonsumsi makanan sehat, buah-buah bervitamin dan istirahat yang cukup. tak lupa untuk mengisolasi diri guna mencegah penularan virus dan memberikan waktu pada tubuh untuk kembali fit seperti sedia kala. berkunjunglah ke dokter jika anda mengalami demam diatas 38 derajat celcius, sesak nafas, batu dan lemas yang tak kunjung usai.

    semoga membantu
    terima kasih


  • Relawan

    Halo @secretuserid @paksi-putra-p @zaya

    Mohon izin menambahkan.
    Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara mandiri di link berikut ini checkupcovid19.jatimprov.go.id
    Jangan lupa untuk selalu melakukan physical distancing dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti selalu mencuci tangan dengan sabun dan air, menerapkan etika batuk, mengonsumsi makanan bergizi, dan istirahat yang cukup.

    Demikian yang bisa saya tambahkan, semoga membantu.
    Salam.



  • Apakah Status "PDP" itu termasuk positif covid 19?


  • Relawan

    Halo @vidyadwisarik terima kasih atas pertanyaan Anda

    PDP (Pasien dalam Pengawasan) adalah pasien yang memiliki gejala covid-19 yang dirawat di rumah sakit. PDP adalah kondisi dalam observasi apakah orang tersebut positif atau bukan, hasilnya bisa confirmed positif covid-19 atau negatif covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam... 🙂

    Eswahos



  • Halo. Izin bertanya. Saya anak rantau yg balik kampung mengunjungi area transmisi lokal covid19 tanggal 19 maret. Pada tanggal 25 maret, tenggorokan saya sakit dan gatal, hidung tersumbat, pilek dan bersin, tapi tanggal 27 maret saya sudah sembuh setelah rutin minum paracetamol 3 kali sehari..
    Haruskah saya tes covid? Atau haruskah saya mengisolasi diri selama 2 minggu kedepan? Saya takut karena dirumah saya ada bayi umur 2 bulan dan ibu umur 63 tahun. Terimakasih sebelumnya..


  • Relawan

    Halo @saf terima kasih atas pertanyaan Anda

    Kami sarankan Anda untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sejak sampai rumah Anda ketika datang dari luar kota tersebut ya.

    Harap berhati hati dengan beredarnya kabar hoax mengenai covid-19 ini.

    Sekarang dimulai dari Anda untuk tetap #dirumahaja dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam... 🙂

    Eswahos



  • @Relawan-Eswahos maaf, izin bertanya.. apa saya tetap harus tidur terpisah, jaga jarak 1 meter dan makan dengan alat terpisah meskipun saya sudah sembuh? Terimakasih, maaf mengganggu waktunya..


  • Relawan

    Dear @saf perlu diketahui bahwa seseorang boleh jadi menjadi carrier covid 19 artinya orang tersebut terpapar virus Corona akan tetapi karena daya tahan tubuhnya kuat orang tersebut tidak menunjukkan gejala dan terlihat sehat akan tetapi bisa menularkannya kepada orang lain yang imun tubuhnya lebih rendah. Isolasi mandiri diperlukan untuk menghindari kemungkinan buruk menyebarnya virus ini terutama kepada orang rumah yang tentunya sangat anda sayangi. Lakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan perhatian kondisi kesehatan anda. Apabila anda mengalami masalah kesehatan disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan laporkan mengenai kepulangan anda kepada pihak RT RW atau pejabat desa tempat anda tinggal agar dapat dilakukan koordinasi yang efektif. Terapkan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup dan jaga kebersihan diri. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan mandiri di laman checkupcovid19.jatimprov.go.id . Semoga anda dan keluarga selalu diberi kesehatan oleh Tuhan.
    Terimakasih semoga membantu



  • saya dirumah aja dr hari senin kemarin, tapi saya ngerasa tenggorokan saya gatel dan batuk mulai hari rabu. tapi batuknya tidak terus menerus, jadi apa yg harus saya lakukan?


  • Relawan

    Halo @caca.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Orang yang terjangkit Covid-19 ini sendiri memiliki gejala seperti flu. Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isokasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan social distancing (menjaga jarak dari kerumunan) dan physical distancing (menjaga jarak fisik antar manusia) atau dihindari bukan kerumunan saja.
     Semoga jawaban ini bisa membantu.



  • @Relawan-Cindy-M maaf sebelumnya keluar dr topik, tapi apakah batuk bisa disebabkan oleh turunnya imun ?


  • Relawan

    Dear @caca batuk bisa disebabkan turunnya imun tubuh. Batuk bisa disebabkan karena adanya iritasi pada tenggorokan misalnya karena terlalu sering mengonsumsi goreng gorengan atau makanan yang banyak mengandung penyedap rasa. Jadi gejala hanya berupa batuk masih sangat umum bukan hanya pertanda covid 19. Mungkin anda bisa mengingat apakah anda mengonsumsi makanan yang diduga dapat menyebabkan anda batu. Semoga anda dan keluarga selalu diberi kesehatan oleh Tuhan.
    Terimakasih semoga membantu


  • Relawan

    Halo @caca.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Batuk dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit yang mendasari, contohnya meliputi aktivitas normal untuk membersihkan saluran udara, iritan seperti asap dan gas, penggunaan tembakau, atau proses menelan makanan dan minuman yang tidak sesuai.

    Penyebab batuk yang tak kunjung sembuh yang pertama ialah masalah kesehatan. Alergi dan asma adalah penyebab umum batuk. Pilek bahkan dapat menyebabkan serangan batuk. Beberapa orang mengetahui bahwa mereka menderita batuk selama pilek.

    Kondisi ini menyebabkan seseorang yang sedang batuk maupun pilek tidak kunjung sembuh karena kekebalan atau imunitas tubuh masih kurang disebabkan oleh berbagai hal.

    Apabila Anda sedang batuk, namun di sisi lain Anda juga sedang terkena flu, batuk maupun pilek hal ini akan memperlambat penyembuhan Anda. Stres, terutama saat sedang batuk kronis, dapat membuat pilek bertahan lebih lama.

    Oleh karena itu menjaga imunitas tubuh memang penting penting. Karena risiko dari tertular penyakit baik itu Covid-19 maupun penyakit lainnya meningkat seiring dengan menurunnya imunitas tubuh dan riwayat penyakit lain yang melemahkan tubuh.

    Semoga membantu.


  • Relawan

    Halo @saf

    Harap lakukan isolasi diri selama 14 hari terhitung mulai dari Anda datang dari redzone. Tidur terpisah atau setidaknya berjarak 2 meter dari anggota keluarga yang lain dan dengan alat makan yang berbeda.
    Jangan lupa Anda selalu gunakan masker dan keluarga di rumah harus rajin cuci tangan.

    Jika Anda sudah melakukan isolasi diri selama 14 hari dan Anda baik baik saja di hari ke-15. Maka Anda dapat berinteraksi seperti biasa.

    Demikian semoga membantu

    Salam... :)



  • @Relawan-DimasSSW @Relawan-Eswahos @Relawan-Regina @Relawan-Shinta-N @Relawan-Cindy-M

    Terimakasihh untuk penjelasan dan support nya.
    Semoga kita semua diberi kesehataaan.
    🤲


Log in to reply
 



Pengguna Online: