tolong dijawab



  • jadi gini, saya itu dari kemarin mengalami hidung tersumbat, tapi saya nggk pilek, batuk, sakit tenggorok an dll. cuma badan saya agak sedikit hangat dua hari ini. apa itu termasuk gejala covid19?
    kalau memang saya perlu pemeriksaan kesehatan, itu langsung kerumah sakit apa di puskesmas terdekat terlebih dahulu? terimakasih


  • Relawan

    @wulan02 izinkan saya menjawab kak, jika kakak mengalami hal tersebut dan kakak pernah kontak dengan orang yang sekarang status nya positif atau kakak pernah ke daerah dalam tanda kutip zona merah saat ini alangkah baiknya kakak mengkarantina diri sendiri dulu di rumah, selama 2 sampe 14 hari lamanya, jika gejala² yang muncul makin memburuk, seperti sesak nafas demam batuk tenggorokan terasa beda, segera kakak lakukan pemeriksaan lebih lanjut


  • Relawan

    @wulan02 alangkah baiknya di puskesmas terlebih dahulu kak, biar nanti tau prosedurnya lebih rinci mungkin itu semoga membantu mm


  • Relawan

    Halo @wulan02.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Orang yang terjangkit Covid-19 ini sendiri memiliki gejala seperti flu. Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isokasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan social distancing (menjaga jarak dari kerumunan) dan physical distancing (menjaga jarak fisik antar manusia) atau dihindari bukan kerumunan saja.
     Semoga jawaban ini bisa membantu.


Log in to reply
 



Pengguna Online: