Karantina wilayah.



  • Assalamualaikum wr.wb
    Selamat siang
    Saya Dian salah satu tenaga medis di jawa timur. Terllu banyak keluh kesah terkait kami tenaga medis yang kekurangan APD dan kesulitan mwncari APD saya memohon kebijakan pemerinttah untuk membantu Seluruh Rumah sakit terkait untuk pemenuhan APD demi keamanan tenaga medis yang membantu para pasien2 covid-19

    Selain itu saya mewakili seluruh wrga jatim mengharapkan pemerintah untuk memberikan perintah supaya segera di lakukannya KARANTINA WILAYAH, agar tidak bertambahnya ODP, PDP sebelum bertambhnya jumlah orng yang di nyatakan positif dampak dari bberpa orng yang tidak memiliki kesadaran diri untuk saling menjaga. Sekli lagi saya mohon untuk menekan jumlah bertambahnya orang yang berisiko diharapkan pemerinta segera memberi perintah untuk di lakukannya KARANTIKA WILAYAH. sekian dan terima kasih. Selamat siang wasalamu'alaikum wib. Wb



  • Saya sepakat dengan pendapat mbak dian di atas. Memutus mata rantai penyebaran dengan mengunci pergerakan banyak orang, kecuali suplai bahan pokok. Sudah saatnya dilakukan secepatnya. Semoga kita terhindar dari wabah ini dan tetap diberikan kesehatan.



  • @Dian-Suci-T-P-DA
    Saya juga setuju dengan hal ini
    Tolong pemerintah Jawa Timur Karantina Wilayah lebih penting daripada banyak orang yang mati
    Kalau bisa karantina per daerah
    .
    Semua akses ditutup tidak ada keluar masuk wilayah/daerah...
    .
    Beri tenaga kesehatan untuk Fokus untuk menyembuhkan yang sakit agar tidak lagi banyak korban Pak, Bu.
    Tolonglah
    Bantu kami
    Ayomi kami
    .
    Karena himbauan untuk social distancing, stay at home masih banyak yang tidak peduli terutama anak anak mudanya
    .


  • Relawan

    Halo @Dian-Suci-T-P-DA @budi-riyanto dan @Ikhe-Nur-Azizah terima kasih atas usulan Anda.

    Kami informasikan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah.

    Saat ini pemerintah pusat masih belum memiliki opsi untuk menutup akses warganya.

    Sekarang dimulai dari Anda untuk dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat atau dalam waktu lebih 1 minggu dan tak kunjung membaik silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam... 🙂

    Eswahos



  • @Relawan-Eswahos
    Maaf sebelumnya apa harus menunggu banyak korban dulu baru karantina wilayah 😭
    Saya berharap semoga wabah ini segera berlalu tapi tolong Pak, Bu melihat penyebaran virus ini sangatlah cepat...
    Kasian para tenaga medis yang berada di garda terdepan, kekurangan APD, masker, dll..
    Tentunya Bapak Ibu Pemerintahan tau itu.
    Jika memang belum ada opsi untuk "Karantina Wilayah" tolong bantu petugas medis penuhi kebutuhan mereka..terutama RS swasta yang ada di wilayah atau daerah daerah yang tidak terjangkau...


  • Relawan

    Halo @Ikhe-Nur-Azizah

    Tentunya pemerintah pusat menimbang berbagai dampak dan efek yang akan timbul ya...

    Hal ini tidak boleh gegabah, harus diplanning dengan matang

    Semoga kedepannya lebih baik lagi.



  • Terima kasih @Relawan-Eswahos untuk responnya.

    Mungkin benar terkait karantina wilayah bukan wewnang dari pemerintah daerah melainkan pemerintah pusat tapi tidak ada salahnya jika dari pemerintah daerah mengusulkan karantina wilayah kepada pemerinta pusat khususnya untuk provinsi jatim. Kami berharap dengan adanya fovid-19 jatim bisa menyalurkan keluh kesah, usulan, pendapat, kritikan atau sejenisnya kepada pemerintah pusat.

    Dengan melakukan upaya PHBS, physical distancing, dan sebagianya mungkin sudah di terapkan oleh beberpa orng dan mungkin juga sudah melakukan karantina mandiri selama wajtu yang sudah di tentukan. Yang jadi permasalhan. Sebagian orng sudah menerapkan segala perintah dari pemerinta . Tetpi tidak ada kesadaran diri dari bbrpa orng yang secara tidak langsung membawa virus dari wilyah lain yang masuk zona merah. Dengan bebasnya mrka keluar masuk wilyah sama halnya mrka dengan bebasnya membawa virus tersebut dari wilayah satu ke wilayah yang lain. Yang berdampak semakin meratanya penyebaran covid 19.

    Terima kasih semoga mendapat respin baik dari pemerintah pusat, daerah, ataupun kalangan lain.
    Semangat melawan covid-19



  • Maaf ya min, emang karantina itu kewenangan pemerintah pusat, tapi kalo pemerintah pusat hanya khawatir sama kondisi ekonomi sedangkan kasus terus bertambah, seharusnya pemda juga harus bertindak tanpa menunggu jawaban dari pemerintah pusat walaupun ijin itu perlu. Karna kalopun karantina wilayah dapat dilakukan dengan cepat, semua warga ikut berpartisipasi, pihak berwajib ikut menjaga warga agar tidak keluar dulu, dan pihak pemda melakukan disinfektan di seluruh wilayah karantina, saya yakin itu bisa memutus rantai penularan covid 19.
    Terima kasih..


  • Relawan

    Halo @rzl16

    Pemerintah hanya bisa bertindak apabila ada dasar hukumnya.

    Bertindak sewenang wenang nanti bisa dilaporkan DPR-RI atau DPRD ke pengadilan loh...


  • Relawan

    Dear @rzl16 izinkan saya membantu menjawab. Pemeriksaan belum memiliki opsi lockdown dikarenakan mempertimbangkan banyak hal. Yang kita ketahui saja saat ini dimana Indonesia belum melakukan lockdown rupiah sudah melemah hal ini dikhawatirkan akan mematikan sektor ekonomi Indonesia yang mengakibatkan kesulitan bagi rakyat untuk memenuhi kebutuhannya sedangkan pemerintah tidak bisa jika harus menanggulangi dampaknya dengan APBN. Pemerintah mengeluarkan opsi physical distancing yang mana sebenarnya hal tersebut cukup membantu apabila dilaksanakan oleh semua pihak namun nyatanya hal ini masih belum efektif. Menkopolhukam Mahfud md Minggu depan rencananya akan mengeluarkan peraturan mengenai karantina wilayah mari kita tunggu perkembangannya. Pemerintah dalam hal ini pasti berupaya sebaik mungkin untuk menjaga agar rakyatnya tetap aman dan sebagai rakyat juga sudah kewajibannya untuk menjalankan aturan yang sudah dibuat pemerintah. Terapkan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup dan jaga kebersihan diri. Semoga kita semua diberi kesehatan oleh Tuhan.
    Terimakasih semoga membantu


  • Relawan

    Dear @Ikhe-Nur-Azizah izinkan saya membantu menjawab. Menkopolhukam rencananya Minggu depan akan mengeluarkan peraturan mengenai karantina wilayah mari kita tunggu perkembangannya. Pemerintah dalam hal ini sudah berupaya untuk memenuhi kebutuhan APD bagi para rekan medis misalnya sudah mendatangkan APD dari China, menahan produksi APD dalam negeri agar tidak di impor dan saat ini sudah menjalin kerja sama untuk mengimpor APD dari Korea Selatan yang nantinya akan didistribusikan secara merata kepada seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia. Masyarakat juga dapat turut aktif untuk mengurangi kelangkaan APD dengan tidak membeli APD yang sebenarnya digunakan oleh tenaga medis. Masyarakat dapat menggunakan masker kain yang mana dapat digunakam kembali dengan sering dicuci. Penggunaan masker kain menurut penelitian Cambridge university cukup efektif untuk menghambat masuknya 70% virus dan itu cukup digunakan masyarakat biasa yang tidak memiliki risiko besar. Terapkan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup dan jaga kebersihan diri. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan oleh Tuhan.
    Terimakasih semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: