Tanya Gejala



  • Siang
    Saya berkuliah di surabaya, kan surabaya zona merah covid-19. Trus dikarenakan kuliah diganti perkuliahan online sampai akhir semester akhirnya saya pulang ke Lamongan. Trus saya ngerasa pilek, batuk jarang bgt, dada nyeri, trus nafas berat. Apakah itu gejala covid-19 yaa? Kemudian apa yang harus saya lakukan? Terima kasih


  • Relawan

    Halo @Anugrah terima kasih atas pertanyaan Anda

    Gejala yang Anda rasakan bisa merupakan gejala covid-19 atau tidak karena gejala covid-19 hampir mirip dengan gejala penyakit lain, bahkan ada yang asimptomatik (tanpa gejala)

    Kami sarankan Anda untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Jika kondosi tidak membaik atau muncul gejala yang lebih parah seperti lemas lunglai, sesak nafas, demam tinggi diatas 38Ā°C, dan gejala lain yang sangat menganggu kenyamanan Anda, silakan ke fasilitas layanan kesehatan terdekat ya.

    Harap berhati hati dengan beredarnya kabar hoax mengenai covid-19 ini.

    Sekarang dimulai dari Anda untuk dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam... šŸ™‚

    Eswahos


  • Relawan

    Izin bantu menjawab @Anugrah Dari keluhan yang disampaikan bisa jadi mengarah ke tanda dan gejala Covid-19 karena ada keluhan dan tanda gejala yaitu demam dan atau gangguan sistem pernafasaan dan ada riwayat tinggal dan berpergian ke kota atau wilayah dengan transmisi virus covid-19 atau kontak dengan orang berstatus probable atau confirm Covid-19,

    Dimohon untuk mengisolasi diri dan silahkan menghubungi hotline 119 ext 9 atau menghubungi ruamah sakit rujukan covid-19 ataupun Fasyankes terdekat dan dimohon juga untuk menjaga higienitas diri dengan mencuci tangan serta menerapkan etika batuk dan pilek dan saya sarankan untuk memakai APD berupa masker untuk mengurangi penularan

    Info lengkap silahkan hubungi https://infocovid19.jatimprov.go.id/

    Terima kasih


  • Relawan

    Halo @Anugrah.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Orang yang terjangkit Covid-19 ini sendiri memiliki gejala seperti flu. Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link iniĀ https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/Ā untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isokasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan social distancing.
    Ā Semoga jawaban ini bisa membantu.


Log in to reply
 



Pengguna Online: