Beda Gejala Infeksi Covid dan Flu atau Batuk Biasa



  • Selamat siang, saya ingin menanyakan apakah ada perbedaan tertentu yang dapat menjadi penanda seseorang terinfeksi Covid atau hanya batuk atau flu biasa? Saya agak khawatir, karena 7 hari yang lalu baru kembali dari Surabaya dan kadang bersin, batuk, serta tenggorokan gatal. Tapi saya tidak mengalami demam dan sesak nafas. Dan daerah saya tinggal dingin. Jadi sangat sulit membedakan antara gejala covid dan flu biasa. Terima kasih


  • Relawan

    Halo @syf.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Orang yang terjangkit Covid-19 ini sendiri memiliki gejala seperti flu. Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isokasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan social distancing.
     Semoga jawaban ini bisa membantu.



  • @Relawan-Cindy-M Terima kasih telah membantu menjawab. Yang ingin saya tanyakan apakah ada ciri tertentu dari pasien covid yang dapat membedakan dengan orang flu dan batuk pada umumnya? Kemudian yang tergolong gejala ringan dan sedang dari infeksi covid itu yang bagaimana? Terima kasih


  • Relawan

    Halo @syf.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Flu biasa umumnya, keluhan yang muncul datang dari hidung dan tenggorokan (saluran pernapasan atas). Gejala-gajalanya adalah sebagai berikut:
    Bersin-bersin
    Hidung tersumbat dan berair
    Sakit tenggorokan
    Sakit kepala ringan
    Batuk
    Demam (jarang)
    Gejala-gejala tersebut biasanya muncul 1–3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit.

    Sama seperti flu biasa, virus Corona juga menginfeksi saluran pernapasan. Oleh karena itu, orang yang menderita COVID-19 bisa mengalami gejala yang mirip dengan flu. Meski begitu, virus Corona yang sekarang sedang mewabah lebih sering menyebabkan keluhan pada saluran pernapasan bawah. Virus Corona bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil atau menyusui serta bayi dan anak-anak.

    Ada 3 gejala utama yang dapat muncul pada COVID-19, yaitu:
    Demam tinggi
    Batuk
    Sesak napas

    Pasien juga bisa mengalami nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual, dan muntah. Namun, gejala ini jarang terjadi dan tidak khas pada pasien COVID-19.Pada kasus yang parah, infeksi virus Corona bisa menyebabkan komplikasi yang serius, seperti sindrom gangguan pernapasan akut, pneumonia (infeksi paru) yang berat, edema paru, dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh.

    Semoga membantu.



  • @Relawan-Cindy-M terima kasih atas penjelasannya. Karena ini beberapa hari saya batuk kemudian bersin bersin dan hidung tersumbat, tetapi sangat jarang. Saya baru kembali dari surabaya sudah berada di rumah selama 9 hari, makanya sangat parno ketika batuk dan hidung tersumbat. Apakah itu mengarah pada infeksi covid 19?


  • Relawan

    halo @syf selamat malam terima kasih atas pertanyaannya
    sedikit ingin menambahkan saran, tetap isolasi diri dirumah sampai 14 hari ya. bersin dan hidung tersumbat belum dapat dikatakan mengarah pada infeksi covid-19. demam tinggi yang dimaksud adalah demam dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius, biasanya disertai dengan batuk dan pilek. pada kondisi yang berat biasanya muncul sesak nafas/kesulitan bernafas. tetap jaga tubuh dalam kondisi prima, perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan sehat. semoga dengan meningkatnya kekebalan tubuh, masalah tersebut dapat teratasi

    semoga membantu
    terima kasih

    ttd
    relawan covid-19



  • @Relawan-DimasSSW terima kasih atas penjelasannya



  • Halo @syf
    Mohon izin saya mungkin mau menambahkan sedikit masukan. Karena di lingkungan sekarang ini juga tidak hanya sakit disebabkan covid-19, jadi diupayakan juga untuk lebih memperhatikan daya tahan tubuh ya. Dengan tetap konsumsi makanan yang bersih dan sehat, jika dirasa butuh suplemen tambahan juga silahkan. Jangan lupa tetap beraktivitas fisik dan usahakan menyempatkan diri untuk berjemur agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Ohiya yang tidak kalah penting, jangan lupa menjaga kesehatan psikologis juga ya. Karena ketika psikis kita terlalu banyak beban pasti sedikit banyak juga akan mempengaruhi kesehatan kita. Kalau kita terlalu lelah, stress, khawatir, bahkan stress juga bisa memicu gejala2 yang bisa saja hanya karena sugesti diri sendiri ditengah pandemi ini. Jangan lupa untuk tetap menjaga komunikasi dengan orang2 terdekat atau tersayang agar waktu physical distancingmu ini tetap bisa dinikmati. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan yaaa. Salam sehat🌹


  • Relawan

    @syf sama-sama, jangan sungkan untuk bertanya kembali jika dirasa ada yang kurang ya

    semoga membantu
    terima kasih

    ttd
    relawan covid-19



  • @Relawan-Alsha terima kasih kak atas informasinya


Log in to reply
 



Pengguna Online: