Tolong dijawab, penting !



  • Malam,
    Saya mau bertanya sudah 3 hari ini badan demam tapi cuma dari sore sampe malam aja. Besok pagi bangun sedikit demam tapi untuk aktivitas kerja badan sudah enakan, tapi nanti sore gitu lagi.
    Gak ada keluhan batuk pilek dan sesak cuma pas sore demam kadang agak pusing.
    Tidak ada riwayat dari daerah zona merah cuma teman kerja ada yang pulang dari jakarta dan surabaya. Apakah itu bisa termasuk gejala dari terpapar virus ?



  • Dear @sitha

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Mohon ijin menjawab

    Jadi memang demam merupakah gejala awal dari COVID-19
    Namun saudara tidak perlu panik atau waswas karena gejala korona tidak hanya demam.
    Demam pada COVID-19 adalah apabila suhu >38 derajat.
    Saudara perlu waswas apabila gejala demam >38 derajat dibarengi dengan pusing, batuk pilek hingga sesak napas yang tidak terkontrol

    Oleh sebab itu, kami sarankan saudara kontrol terus kondisi tubuh selama 2-5 hari kedepan. Apabila saudara mengalami demam >38 derajat serta gejala yang saya sebutkan diatas segera dibawa ke faskes terdekat

    Untuk sementara ini saudara dirawat #dirumahsaja dan mengisolasi diri selama 14 hari dengan minum obat demam yang biasa saudara konsumsi. Kami sarankan pula untuk selalu minum air hangat bukan air dingin dan tidak memakai pakaian yang tebal/selimut. Jangan terlalu banyak aktivitas dan tetap jaga jarak dengan orang lain minimal 1meter karena imun sedang turun. Tingkatkan gizi dan imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan buah sayur seperti jeruk, anggur, brokoli, dan jahe kencur. Dan tetap terapkan sering cuci tangan, etika batuk dan selalu memakai masker bila keluar rumah.

    Saudara juga bisa melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Semoga membantu
    Semoga keluarga selalu diberi kesehatan
    Terimakasih



  • Jadi kalo hanya demam ringan di malam hari badan lemas dan muntah itu bukan termasuk gejala ? Meskipun lingkungan kerja ada yang dari zona merah ?


  • Relawan

    @sitha Izin bantu menjawab Kalau dari keluhan lebih mengarah ke tifoid

    Tanda dan gejala Tifoid

    1. Demam turun naik terutama sore dan malam hari dengan pola intermiten dan kenaikan suhu step-ladder. Demam tinggi dapat terjadi terus menerus (demam kontinu) hingga minggu kedua.
    2. Sakit kepala (pusing-pusing)
    3. Gangguan gastrointestinal berupa konstipasi dan meteorismus atau diare, mual, muntah, nyeri abdomen dan BAB berdarah
    4. Gejala penyerta lain, seperti nyeri otot dan pegal-pegal, batuk, anoreksia, insomnia
    5. Pada demam tifoid berat, dapat dijumpai penurunan kesadaran atau kejang.

    Tapi diharapkan untuk mengisolasi diri, menerapkan etika batuk dan bersin dengan menutup mulut maupun hidung ketika sedang batuk maupun bersin, terus mencuci tangan setelah melakukan aktivitas dan menarapkan social distancing kita terpaksa melakukan aktivitas guna menekan penyebaran virus covid-19

    Untuk mengecek apakah ada menderita covid bisa dicek http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/

    Terimakasih



  • Tipes ya berarti ?
    Tapi makan teratur dok, jadi seharusnya saya gimana ini ?
    Karena selama ini minum cuma paracetamol sama antangin karena mikirnya mungkin masuk angin


  • Relawan

    @sitha Tetapi kalau makannya ga di jaga kebersihannya jga jadi penyebab jga Kalau dilihat dari pola demam nya juga mengarah seperti itu

    Dan tidak bisa di tentukan juga sebagai Covid karena dari keluhan tidak mengarah ke situ

    Untuk sementara tetep dilanjutkan obat paracetamolnya di tambah dengan obat antibiotik berupa kloramfenikol atau sejenisnya

    Terimakasih



  • Untuk makan sebaiknya apa ya dok yang harus dikonsumsi ?
    Kalo sementara cuma paracetamol gpp ya ?



  • Apakah tidak ada niatan untuk melakukaln lockdown? Karena sebagai buruh pabrik saya merasa tiak nyaman dalam bekerja karena dalam satu pabrik terdapat beberapa org dari kota yg berbeda dan dari situ dapat menularkan rantai penyebaran virus
    Karena dalam pengamatan tidak ada gejala luar biasa yg kita ketahui dari setiap org yg terkena virus tersebut
    Saya harap pemerintah lebih berpikir ulang untuk menetapkan status lockdown dseluruh Indonesia
    Terimakasih


  • Relawan

    @sitha Silahkan di ganti makanan yang lebih halus seperti bubur dan lain-lain dan dimohon makanannya di cek kebersihannya kalau bisa buat sendiri di usahakan buat sendiri karena lebih terjamin kebersihannya dan sementara hindari makanan yang berserat

    Terima kasih



  • Baik,
    Jadi sementara ganti tekstur makanan
    Untuk obat apakah sementara paracetamol cukup ?



  • Dear @fanani-firdausy

    Mohon ijin menjawab
    Jadi memang untuk menetapkan lockdown adalah wewenang pemerintah. Pemerintah daerah tidak memiliki wewenang dalam menetapkan lockdown daerahnya. Namun pemerintah daerah sudah berupaya untuk membatasi jalan-jalan dengan menutup didaerah tertentu dan melakukan sidak keliling untuk membubarkan kerumunan orang di jalan

    Apabila saudara masih bekerja dalam situasi seperti ini, kami harap saudara tetap menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan memakai masker, sering mencuci tangan dan menerapkan etika batuk serta menjaga imun agar tidak down. Dan apabila saudara sudah sampai rumah, segera cuci baju dan mandi kemudian saudara baru bisa berkumpul dengan keluarga.

    Saudara juga bisa melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Semoga membantu
    Terimakasih



  • Dear @sitha

    Mohon ijin membantu
    Jadi memang untuk keluhan yang saudara rasakan tidak mengarah ke COVID-19
    Bisa jadi itu adalah gejala yang mengarah ke gangguan pencernaan
    Saran kami lebih baik saudara pergi ke puskesmas terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut dan mendapat pengobatan yang tepat
    Apabila saudara muntah >3x dan merasa lemas lebih baik saudara segera ke puskesmas/IGD terdekat karena saudara dapat mengalami dehidrasi/kekurangan cairan.
    Semoga saudara cepat sembuh
    Semoga membantu
    Terimakasih


  • Relawan

    @sitha Kalau obat mungkin pake parasetamol untuk menurunkan demam nya sama bisa di tambah dengan :

    • Kloramfenikol : Dewasa 4x500 mg selama 10 hari
    • Ampisilin & Amoksisilin : Dewasa: (1.5-2) gr/hr selama 7-10 hari
    • Kotrimoksazole (TMP-SMX) : Dewasa: 2x(160-800) selama 7-10 hari

    Bisa dipilih salah satu, Tapi coba untuk di diskusikan ke dokter agar tidak salah dosis

    Terimakasih



  • Maaf ini dok mau tanya, rencana kan mau pijet karena badan sakit semua. Tukang pijetnya tetangga sendiri, cuma mau tanya penularan covid itu lewat apa ya ? Apakah pijet bisa menularkan ? Karena takut aja tukang pijetnya udah dari mijet yang lain


  • Relawan

    Selamat Pagi, Salam Sehat Indonesia!
    Dear @sitha
    WHO menyatakan COVID-19 tidak menular lewat udara, tetapi menular lewat tetesan (droplets) yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. WHO mengatakan seseorang dapat terinfeksi COVID-19 dengan menghirup virus jika berada dalam jarak 1 meter dari seseorang yang menderita Covid-19 atau dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut sebelum mencuci tangan.
    Untuk melindungi diri dari penularan, WHO mengimbau untuk jaga jarak setidaknya 1 meter dari yang lain dan melakukan desinfeksi permukaan yang sering disentuh. Bersihkan tangan secara teratur dan hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung juga menjadi opsi pencegahan.
    Jadi, untuk saat ini sebaiknya mengurangi intensitas bertemu orang lain selama 14 hari.
    untuk info lebih lanjut, cek disini ya
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    Salam


  • Relawan

    Halo @sitha

    Anda sering menanyakan hal yang sama dintread berbeda bahkan berulang-ulang.

    Saya sarankan agar Anda tidak panik.

    Tidak semua yang batuk pilek itu covid-19.

    Tidak panik dalam artian tetap waspada ya...



  • Saya mau memastikan. Rabu saya pilek dengan bersin. Hidung gatel. Kamis agak serik ini tenggorakan. Terus, hari sabtu malam sesak napas ringan. Tapi sepertinya nggak ada kontak sama orang yg punya gejala covid 19. Sesak napas saya juga bkin jantung berdebar. Ditambah, hari ini tenggorakan nggak enak. Mulut rasa agak kering. Jadi kayak harus minum terus. Ini bukan masalah wabah covid kan ya?



  • Dear @Aresreva16

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Mohon ijin menjawab

    Jadi memang gangguan saluran pernapasan merupakah gejala awal dari COVID-19
    Namun saudara tidak perlu panik atau waswas karena gejala corona tidak hanya gangguan saluran pernapasan.
    Saudara perlu waswas apabila gejala gangguan saluran pernapasan dibarengi dengan demam >38 derajat, pusing, batuk pilek hingga sesak napas yang tidak terkontrol
    Apabila saudara tidak mengalami gejala tersebut jangan panik.

    Oleh sebab itu, kami sarankan saudara kontrol terus kondisi tubuh selama 2-5 hari kedepan karena masa inkubasi dari virus ini adalah 5 hari. Apabila saudara mengalami demam >38 derajat serta gejala yang saya sebutkan diatas segera dibawa ke faskes terdekat.

    Untuk sementara ini saudara dirawat #dirumahsaja dan mengisolasi diri selama 14 hari. Kami sarankan pula untuk selalu minum air hangat bukan air dingin, hindari gorengan dan minuman bersoda. Jangan terlalu banyak aktivitas dan tetap jaga jarak dengan orang lain minimal 1meter karena imun sedang turun. Tingkatkan gizi dan imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan buah sayur seperti jeruk, anggur, brokoli, yogurt dan jahe kencur madu. Dan tetap terapkan sering cuci tangan, etika batuk dan selalu memakai masker bila keluar rumah.

    Saudara juga bisa melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Semoga membantu
    Semoga keluarga selalu diberi kesehatan
    Terimakasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: