Biaya PDP covid-19



  • Halo, saya ingin tanya terkait pembiayaan perawatan PDP di rs. Saudara saya drawat di rsud tmpat saya tinggal dan ditempatkan di ruang isolasi dg status pdp. Lalu saat saya tanyakan terkait pembiayaan awalnya saya pikir bahwa itu ditanggung bpjs trnyata tidak, lalu saya ingat pemberitaan bahwa semua kasus mulai dr ODP hingga confirm biaya ditanggung pemerintah, tp petugas bilang bahwa SKnya belum turun jadi biaya harus ditanggung mandiri. Saya langsung panik, karena pasti mahal biaya penanganannya karena harus menjalani isolasi di rs selama minimal 14hr. Yg ingin saya tanyakan, apakah skrg sudah ada berita terbaru terkait hal ini? Apakah keputusan tsb sudah bisa diterapkan? Waktu itu saya bertanya ke petugas tgl 27/3/2020 mungkin ada yg bisa membantu mnjawab pertanyaan saya, atau mungkin prosedur apa yg bisa saya lakukan utk mendapatkan keringanan pembiayaan.
    Terima kasih


  • Relawan

    Halo @rizqi99 terima kasih atas pertanyaan Anda

    Covid-19 termasuk PIE (Penyakit Infeksi Emerging) sebagaimana dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2016.

    Secara rinci, pembebasan biaya pasien PIE dijelaskan dalam Permenkes No. 59 Tahun 2016 berlaku dengan ketentuan situasi di luar kejadian wabah. Dimulai sejak pasien ditetapkan sebagai suspek (baca: pasien dalam pengawasan) hingga keluar hasil pemeriksaan konfirmasi laboratorium dan/atau dimulai sejak pasien dinyatakan positif menderita penyakit infeksi emerging tertentu berdasarkan hasil pemeriksaan konfirmasi laboratorium hingga dinyatakan sembuh sesuai dengan kriteria atau meninggal.

    Kemenkes juga telah mengeluarkan Kepmenkes No. HK.01.07/Menkes/104/2020

    Terkait hal ini akan kami bantu kepada pihak terkait, harap informasikan di RS mana saudara Anda di rawat? Silakan infokan kepada saya melalui DM di forum ini karena hal ini menyangkut rahasia pasien.

    Harap berhati hati dengan beredarnya kabar hoax mengenai covid-19 ini.

    Sekarang dimulai dari Anda untuk dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat atau dalam waktu lebih 1 minggu dan tak kunjung membaik silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam... 🙂

    Eswahos


  • Dokter

    Dear @rizqi99
    Memang saat ini belum ada penanggungan pemerintah utk pasien PDP dan ODP. Menurut mbak saya selaku ketua BPJS Kesehatan saat ini sedang membahas untuk regulasi baru bagi pasien yang PDP maupun ODP yang harus di jamin BPJS Kesehatan.



  • @Relawan-Eswahos Bagaimana cara kita mengetahui apakah pasien masuk kategori PDP atau tidak? Karena begini rekan, Keponakan saya baru saja "diminta" untuk pindah ruang perawatan dari sebelumnya di Kelas II menjadi di kelas VIP-C yang mana hanya dia seorang yang dirawat di ruangan tersebut dan dibatasi jumlah orang yang boleh berada di ruang perawatan. Info terakhir dari Ortunya, bahwa dokter dan perawat ketika menangani Keponakan saya telah menggunakan APD lengkap, namun hasil lab belum keluar. Apakah Keponakan saya termasuk PDP?



  • @dr-Alna Dok, bagaimana dg pasien yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS? Karena begini, di Desa asal saya, petugas Desa sudah mendata warga untuk diajukan sebagai peserta PBI sekitar 6 atau 7 bulan lalu dan sampai sekarang belum ada kejelasannya, dan tidak sedikit warga yang "enggan" untuk mendaftar secara mandiri karena merasa telah didata untuk didaftarkan sebagai peserta PBI.


  • Relawan

    Halo @p4pinya_anak

    Dokter akan menginformasikan pada pasien dna keluarga pasien mengenai hal tersebut.

    Sedangkan pasien dan keluarga tidak wajib menginformasikan pada Anda.

    Untuk mengetahui status tersebut adalah dengan kebaikan hati pasien dan/atau keluarganya.



  • @Relawan-Eswahos maaf sebelumnya, bagaimana cara mengirim dm melalui forum ini? Saya sdikit bingung dg tampilan di forum ini. Dan terima kasih atas tanggapan serta bantuannya.


  • Relawan

    Halo @rizqi99
    Anda udah saya DM, silakan cek di pojok kanan atas.


Log in to reply
 



Pengguna Online: