Curhat, Takut :(



  • Saya merasakan hidung tersumbat dan perut muter muter berbunyi itu gejala covid-19 ngak ya? Saya takut karena saya pernah dari zona merah


  • Dokter

    Dear @Tarom17
    Perut anda berputar putar berbunyi apakah anda merasakan lapar?😂😂



  • Dear @Tarom17

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Mohon ijin menjawab

    Jadi memang gangguan pernapasan merupakah salah satu gejala awal dari COVID-19
    Namun saudara tidak perlu panik atau waswas karena gejala korona tidak hanya gangguan pernapasan.
    Gejala yang saudara rasakan bisa jadi karena faktor cuaca, lingkungan yang kurang bersih/lembab, atau karena alergi.
    Saudara perlu waswas apabila saudara mengalami gejala demam >38 derajat dibarengi dengan pusing, batuk pilek hingga sesak napas yang tidak terkontrol

    Oleh sebab itu, kami sarankan saudara kontrol terus kondisi tubuh selama 2-5 hari kedepan. Apabila saudara mengalami demam >38 derajat serta gejala yang saya sebutkan diatas segera dibawa ke faskes terdekat

    Untuk sementara ini saudara dirawat #dirumahsaja dan mengisolasi diri selama 14 hari. Kami sarankan pula untuk selalu minum air hangat bukan air dingin dan menjaga kebersihan lingkungan. Jangan terlalu banyak aktivitas dan tetap jaga jarak dengan orang lain minimal 1meter karena imun sedang turun. Tingkatkan gizi dan imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan buah sayur seperti jeruk, anggur, brokoli, ikan dan jahe kencur. Dan tetap terapkan sering cuci tangan, etika batuk dan selalu memakai masker bila flu/batuk.

    Saudara juga bisa melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Semoga membantu
    Semoga keluarga selalu diberi kesehatan
    Terimakasih



  • @dr-Alna bunyi karna kembung dok, tapi ngak diare.. cuma bunyi bunyi aja 😞



  • Kayak e imun e cacing perut e pean kurang @Tarom17 segera ae di geprek bensu 🤪


  • Relawan

    Halo @Tarom17
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Orang yang terjangkit Covid-19 ini sendiri memiliki gejala seperti flu. Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isokasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan social distancing.
     Semoga jawaban ini bisa membantu.


  • Dokter

    @Tarom17 Telat makan? Memiliki penyakit maag?



  • @zuska makan tercukupi, buah tercukupi. Tapi masih bunyi + di tambah hidung tersumbat udah 5 hari



  • @dr-Alna makan teratur dok, buah juga tiap hari, udah 5 hari an, bunyi dan hidung tersumbat. Tapi tidak batuk dan flu. tidak pernah maag.


Log in to reply
 



Pengguna Online: