Tanya gejala



  • Apabila saya nyeri tenggorokan kadang hilang kadang muncul, tidak batuk, hidung tersumbat kadang kadang. Apakah termasuk ODP ??


  • Relawan

    Halo @ayu-0
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Orang yang terjangkit Covid-19 ini sendiri memiliki gejala seperti flu. Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isokasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan social distancing.
     Semoga jawaban ini bisa membantu.



  • Dear @ayu-0

    Mohon ijin menjawab
    Seseorang dikatakan memiliki status ODP apabila orang tersebut
    a. Demam >38 derajat atau riwayat demam tanpa gejala gangguan pernapasan
    b. Gangguan pernapasan tanpa demam >38 derajat atau riwayat demam
    DAN
    memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit dan area transmisi lokal di Indonesia pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala

    Jadi memang gangguan saluran pernapasan merupakah gejala awal dari COVID-19
    Namun saudara tidak perlu panik atau waswas karena gejala korona tidak hanya gangguan saluran pernapasan.
    Saudara perlu waswas apabila gejala demam >38 derajat dibarengi dengan pusing, batuk pilek hingga sesak napas yang tidak terkontrol

    Oleh sebab itu, kami sarankan saudara kontrol terus kondisi tubuh selama 2-5 hari kedepan. Apabila saudara mengalami demam >38 derajat serta gejala yang saya sebutkan diatas segera dibawa ke faskes terdekat

    Untuk sementara ini saudara dirawat #dirumahsaja dan mengisolasi diri selama 14 hari. Kami sarankan pula untuk selalu minum air hangat bukan air dingin, hindari gorengan dan minuman soda. Jangan terlalu banyak aktivitas dan tetap jaga jarak dengan orang lain minimal 1meter karena imun sedang turun. Tingkatkan gizi dan imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan buah sayur seperti jeruk, anggur, yogurt, brokoli, dan jahe kencur madu. Dan tetap terapkan sering cuci tangan, etika batuk dan selalu memakai masker bila keluar rumah.

    Saudara juga bisa melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Semoga membantu
    Semoga keluarga selalu diberi kesehatan
    Terimakasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: