Apakah covid 19 termasuk jenis virus yang bisa verterbangan di udara?



  • Saya ingin bertanya kepada saudara mengenai penyebaran virus covid 19 ini karna ada berita yg masih simpang siur, antara covid yg bsa terbang d udara atau dengan menempel d benda terima kasih


  • Relawan

    Seperti info terbaru dikabarkan bisa menyebar lewat udara, tapi juga tergantung Kelembaban udara dan banyak faktor bang



  • Halo @Fans_Liverpool ,

    Menurut WHO, virus ini masih ditetapkan penyebarannya via droplet.
    Beberapa hari yang lalu WHO mempertimbangan untuk melakukan pencegahan melalui udara. Namun ini belum bisa dipastikan, dan benar itupun masih tergantung dari kelembapan udara, suhu, dan faktor lain.

    Selalu terapkan pola hidup sehat dan jangan lupa untuk social distancing. Semoga sehat selalu!

    Salam 🙂



  • CDC (Center For Disease Control and Prevention) masih menuliskan bahwa penyebaran virus ini melalui droplet, namun beberapa sumber juga mengatakan mungkin virus itu bisa bertahan di udara selama beberapa waktu tergantung suhu, kelembapan udara dan faktor lainnya.


  • Relawan

    @Fans_Liverpool untuk virus ini dikatakan bisa beberapa waktu bertahan di udara dan ada baiknya kita untuk sementara waktu berdiam diri dirumah virus ini juga bisa menempel pada benda contohnya plastik virus ini bisa menempel pada plastik sekitar 4 sampe 5 hari.

    Semoga membantu terima kasih


  • Dokter

    Dear @Fans_Liverpool
    Sampai saat ini penyebaran virus ini diketahui melalui droplet/percikan dari orang yang terjangkit virus pada saat batuk atau bersin. Tidak dapat terbang bertahan di udara, kecuali dari batuk/bersin orang. Dapat menempel di benda, tidak bertahan lama



  • @dr-Alna , @Relawan-Hammam @Relawan-Fidel @aga @Relawan-Safira

    Terima kasih untuk jawaban dan responnya, ada yg ingin saya tanyakan lagi, semisal nih ada orang bersin otomatis kan nyembur d udara. nah pas d udara virus brti langsung jatuh atau dapat bertahan d udara ya? kalau dapat bertahan d udara brp jam lamanya sampai dia menempel d suatu benda??


  • Relawan

    @Fans_Liverpool iya kak, bila ada orang bersin dan virus tersebut berterbangan apabila jika saat bersin tidak di tutupi dengan masker atau yang lainya sebaiknya langsung menghindar saja atau sosial distancing, nah kalo bertahan di udara bisa 3 jam dan akan menempel pada suatu benda jika itu plastik atau stainless bisa sampai 2 atau 4 hari lamanya mungkin itu
    Terima kasih.



  • oke trima kasih untuk jawabannya


  • Dokter

    Dear @Fans_Liverpool
    Menurut WHO, dapat bertahan di udara selama kurang lebih 3 jam, sehingga jika di kerumunan sebaiknya pakai masker ya



  • @dr-Alna
    Dok, virus ini hanya menular melalui mulut, mata, dan telinga atau melalui hal lain?


  • Relawan

    Halo @Fuad.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Menurut World Health Organization (WHO), cara virus COVID-19 menyebar melalui tetesan kecil yang keluar dari hidung atau mulut ketika mereka yang terinfeksi virus bersin atau batuk.

    Tetesan itu kemudian mendarat di benda atau permukaan yang disentuh dan orang sehat. Lalu orang sehat ini menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Virus corona juga bisa menyebar ketika tetesan kecil itu dihirup oleh orang sehat ketika berdekatan dengan yang terinfeksi corona. Itu sebabnya penting untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter lebih dari orang sekitar serta rajin-rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

    Semoga membantu.



  • @Relawan-Cindy-M
    Sebelumnya terima kasih atas jawabanya. Berarti virus itu hanya masuk lewat mulut telinga dan hidung? Soalnya ada animasi yang memperlihatkan virus itu berada dikulit kemudian seperti masuk melalui pori2. Apa itu bisa?


  • Relawan

    Halo @Fuad.
    Mohon izin menjawab pertanyaan saudara.

    virus corona penyebaran paling tinggi melalui droplet (air liur) yang mengeluarkan virus. Molekul virus itu terbang atau keluar dari bersin atau batuk orang yang terkena virus corona dan bisa masuk ke tubuh dengan menghirup udara.

    Selain dari droplet, penularan virus juga dapat melalui tangan. Sebab, tangan merupakan bagian tubuh yang paling kotor dan berhubungan langsung dengan benda.

    Karena tangan berpotensi memegang apapun yang banyak bakteri, entah salaman dengan penderita, orang yang terinfeksi batuk, yang menutup mulut, memegang barang kemudian kita menyentuh barang itu.

    Menurutnya, yang paling sering disentuh oleh tangan ialah wajah. Melalui tangan yang menyentuh wajah dapat menimbulkan infeksi yang lain.

    Dari droplet yang sudah di tangan kita, otomatis ke hirup ke hidung kita masuk ke saluran pernafasan kita.

    Yang paling banyak dan berisiko adalah hirupan hidung atau mulut, bukan dari kulit wajah maupun masuk melalui pori-pori kulit.

    Virus atau bekteri memang bisa masuk lewat pori-pori kulit tapi kesempatannya kecil, paling besar kesempatannya virus tersebut masuk dari mulut dan udara yang dihirup.

    Oleh karena itu rajin-rajin cuci tangan 6 langkah menggunakan sabun dan air mengalir untuk menghilangkan mikroorganisme yang ada di tangan kita.

    Semoga membantu.


  • Dokter

    Dear @Fuad
    Seseorang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19.

    Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19.

    Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan.

    Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, orang yang sedang sakit, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

    Dan Virus Covid-19 ini tidak masuk melalui pori pori.

    Jika menempel di kulit dan kita sentuh mata, mulut dan hidung kemungkinan bisa terhirup dan menginfeksi kita.



  • @dr-Alna @Relawan-Cindy-M
    Terima kasih sudah berkenan menjawab pertanyaan saya


Log in to reply
 



Pengguna Online: