Manfaat Bejemur Untuk Meningkatkan Imun Tubuh


  • Relawan

    Dengan Berjemur Bisa Menangkal Virus Corona?

    Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf

    Berjemur selama 15 menit saja sudah cukup, pada kisaran waktu yang tepat, yaitu sekitar pukul 09:00 - 10:00 wib (juga tergantung lokasi dan ketinggian daratan dari permukaan air laut)

    Meski demikian, sebaiknya hindari berjemur pada kisaran pukul 10:00 - 15:00 karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko timbulnya kanker kulit. Sebagai perlindungan, gunakan topi, pakaian lengan panjang, celana panjang dan kacamata anti UV yang meminimalkan terpaparnya kulit terhadap sinar matahari.

    Jika perlu, lindungi kulit Anda dari efek buruk terik sinar matahari dengan penggunaan produk pelindung sinar matahari. Salah satunya dengan menggunakan produk lotion yang mengandung sun protection factor /SPF.

    Manfaat Lain Berjemur di Pagi Hari

    -Baik untuk Tulang dan Sistem Imun

    Vitamin D adalah kandungan yang bisa menjaga kekuatan tulang dan gigi serta meningkatkan imunitas tubuh. Akan tetapi, tubuh kita tidak bisa menghasilkan vitamin D sendiri, sehingga
    harus mendapatkan asupan vitamin D dari sumber terbaik seperti matahari.

    Kandungan provitamin B3 yang dihasilkan oleh ultraviolet B bersama kolesterol di bawah kulit bisa menghasilkan vitamin D3 yang baik untuk daya tahan tubuh. Kandungan D3 juga dikenal berfungsi untuk mencegah kanker dan penyakit autoimun.

    -Menurunkan Risiko Melanoma

    Paparan sinar matahari yang aman sebenarnya bisa melindungi diri dari kanker kulit. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Lancet Journal, paparan radiasi ultraviolet gelobang pendek (UVB) bisa menurunkan resiko melanoma.

    Selain itu, sejumlah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Perspektif Kesehatan Lingkungan juga menunjukan jumlah sinar matahari yang cukup dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker tertentu. Mulai dari kanker usus besar, ovarium, pankreas, dan prostat.

    Itulah sedikit tips berjemur untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

    Semoga bisa bermanfaat dan tetap jaga Kesehatan.


  • Relawan

    Bagaimana Jika Saya Berjemur bersama Anak-Anak ??

    Paparan sinar matahari selama masa kanak-kanak dan remaja dapat menjadi faktor risiko kanker kulit di kemudian hari sebelum mereka berusia 18 tahun. Dalam hal ini, anak-anak memerlukan perlindungan khusus. Konvensi PBB tentang Hak Anak menyatakan bahwa anak-anak, termasuk semua tahap perkembangan dari konsepsi hingga usia 18 tahun, memiliki hak untuk menikmati kesehatan dan lingkungan yang aman.

    Apakah Anak-anak Sangat Rentan?

    Ya, anak-anak berisiko lebih tinggi menderita kerusakan akibat sinar UV daripada orang dewasa, sehingga memerlukan perlindungan khusus. Waktu berada di luar ruangan, di bawah sinar matahari khususnya di musim kemarau dan tengah hari dapat mengakibatkan paparan sinar matahari yang terlalu ekstrem. Paparan ini di masa kanak-kanak dapat secara signifikan meningkatkan risiko kanker kulit. Selain itu, anak-anak memiliki waktu yang lebih lama dalam perkembangan penyakitnya, sehingga lebih banyak kehilangan waktu sehatnya akibat gangguan kesehatan yang dialami.

    Bagaimana Jika Anak Saya Sering Bermain di Luar Rumah ?

    Anak-anak suka bermain di luar dan menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari daripada orang dewasa pada umumnya. Perkiraan menunjukkan bahwa sebagian besar paparan seumur hidup seseorang terhadap radiasi UV didapat sebelum mereka berusia 18 tahun.

    Bagaimana saya Bisa Merawat Anak-anak di Bawah Sinar Matahari ?

    Pada dasarnya, anak-anak sendiri tidak menyadari efek yang berbahaya akibat sinar UV. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab orang tua untuk melindungi anak-anaknya dari dampak sinar UV yang berlebihan, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.
    Berikut ini adalah hal-hal yang dapat orang tua lakukan :

    • Selalu menjaga bayi kurang dari 12 bulan dengan paparan langsung sinar UV. Seperti menggunakan payung, berada di tempat teduh atau menjemur bayi di dalam ruangan dengan sinar matahari melalui kaca/jendela saja.
    • Tidak membiarkan bayi atau anak kecil tidur di bawah sinar matahari secara langsung dengan durasi lebih dari 15 menit !
    • Anjurkan anak-anak Anda untuk bermain di tempat teduh!
    • Pastikan anak-anak Anda mengenakan pakaian tertutup, termasuk topi dan kacamata hitam, ketika berpergian ke luar rumah di siang hari !
    • Biasakan anak-anak Anda memakai krim tabir surya ! Oleskan krim tabir surya pada bagian tubuh yang paling terbuka, seperti wajah, leher, lengan, dan tungkai !

    Sumber : https://www.who.int/uv/intersunprogramme/activities/uv_protectchildren/en/

    Salam Sehat, Sahabat.
    Stay safe and Stay Healthy :)





Pengguna Online: