Ini gejala flu biasa atau Covid?



  • Selamat pagi, izin bertanya
    Sudah sejak 1 minggu yg lalu saya mengalami hidung tersumbat, bersin2 dan hidung berair, kemudian setelah itu diikuti dengan sakit tenggorokan yg saya rasakan cuma 1 malam, kemudian setelah itu saya mengalami tenggorokan gatal, terasa seperti ada dahak di tenggorokan yg menyebabkan kadang2 saya berdehem atau sengaja batuk untuk mencoba mengeluarkan dahak, saat ini sudah tidak terlalu terasa lagi dahaknya, hanya tersisa terasa agak sesak ringan ketika bernafas, dan badan agak lemas, tetapi selama sy sakit trsebut suhu badan saya selalu normal, tidak pernah lebih dari 37 derajat, apakah itu gejala covid atau bukan?
    Nb. Sebelum wabah ini saya sering sakit flu berurutan seperti itu, hidung tersumbat, berair, bersin2, sakit tenggorokan, lalu kemudian batuk berdahak yg diikuti sesak


  • Relawan

    Halo kak @kurets izinkan saya menjawab pertanyaan tersebut, jadi gini kak apakah kakak pernah berada di red zone atau pernah mengalami kontak dengan orang yang sudah ditetapkan positif covid-19?? Jika iya alangkah baiknya kakak melakukan pemeriksaan di pusat kesehatan setempat,. Nah gejala yang kakak alami bisa jadi merupakan awal dari infeksi virusnya, tapi jika tidak pernah melakukan kontak dan tidak pernah pergi atau keluar dari zona merah mungkin kakak hanya mengalami flu saja, karena sekarang musim flu dan di tambah dengan adanya virus ini, jadi kakak ngga usah khawatir langsung saja cek kesehatan di pusat kesehatan setempat, kemudian lakukan physical distancing dan tetap di rumah saja, mungkin itu dari saya semoga membantu


  • Relawan

    Halo @wisnu terima kasih atas pertanyaan Anda

    Saya izin untuk bantu menjawab.

    Anda tidak perlu panik ya. Batuk, pilek dan disertai radang kemungkinan cuma infeksi saluran pernapasan akut, yang salah satunya disebabkan haemophilus influenza dan sebaiknya juga tetap dirumah dan jika dalam 14 hari tidak kunjung membaik, lalu gejalah bertambah parah (disertai deman tinggi dan sesak nafas) langsung diperiksakan ke faskes.
    Sekarang dimulai dari Anda untuk tetap #dirumahaja dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam...

    Relawan Riris dari Mahasiswa Farmasi



  • @RelawanRiris bagaimana cara mengisolasi diri yg efektif, sedangkan saya tinggal di mess dan masih terus masuk kerja?


  • Relawan

    Dear @kurets

    anda dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan penuhi gizi seimbang. lalujika pulang dari tempat bekerja jangan langsung memegang benda usahakan langsung mandi dan ganti pakaian.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam...

    Relawan Riris



  • Pagi, kemarin siang stelah mkan tenggorokan terasa gatal , 4 hari sebelumnya ada lendir ditenggorkan .
    Dari malam kemarin terasa batuk tpi jarang.. didada serasa ditekan untuk ingin batuk pada waktu tiduran.
    Tidak ada demam..tp sya minum sanmol.
    apakaah ini flu batuk biasa atau bgaaimana?

    Obata apa yg hrus saya konsumsi?



  • Dear @ovie

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Mohon ijin menjawab

    Jadi memang gangguan saluran pernapasan merupakah gejala awal dari COVID-19
    Namun saudara tidak perlu panik atau waswas karena gejala corona tidak hanya gangguan saluran pernapasan.
    Saudara perlu waswas apabila gejala gangguan saluran pernapasan dibarengi dengan demam >38 derajat, pusing, batuk pilek hingga sesak napas yang tidak terkontrol
    Apabila saudara tidak mengalami gejala tersebut jangan panik.

    Oleh sebab itu, kami sarankan saudara kontrol terus kondisi tubuh selama 2-5 hari kedepan. Apabila saudara mengalami demam >38 derajat serta gejala yang saya sebutkan diatas segera dibawa ke faskes terdekat

    Untuk sementara ini saudara dirawat #dirumahsaja dan mengisolasi diri selama 14 hari. Kami sarankan pula untuk selalu minum air hangat bukan air dingin, hindari gorengan dan minuman bersoda. Jangan terlalu banyak aktivitas dan tetap jaga jarak dengan orang lain minimal 1meter karena imun sedang turun. Tingkatkan gizi dan imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan buah sayur seperti jeruk, anggur, brokoli, yogurt dan jahe kencur madu. Dan tetap terapkan sering cuci tangan, etika batuk dan selalu memakai masker bila keluar rumah.

    Saudara juga bisa melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Semoga membantu
    Semoga keluarga selalu diberi kesehatan
    Terimakasih



  • @relawan-asharini sya sbgai IRT dan menyusui bayi 5 bln apakah ASI sya bisa menyalurkan batuk pilek saya?


  • Relawan

    Selamat Pagi, Salam Sehat Indonesia
    Dear @ovie
    Sebenarnya menyusui tidak dapat menularkan flu, batuk, atau pilek pada bayi. namun penularan tersebut dapat terjadi kalau saat proses menyusui, anda bersin atau batuk di dekat si bayi. Hal yang perlu dilakukan adalah ibu memang harus lebih menjaga kebersihan. Seperti, selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum menyusui bayi. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling mudah menulari virus dan bakteri. Untuk itu pastikan kondisi tangan selalu bersih saat menggendong si kecil. Langkah aman lainnya adalah menggunakan masker saat menyusui. Hal ini untuk mencegah kontak langsung virus dan bakteri pada bayi terutama jika ibu pilek dan bersin serta batuk. Apabila ada yang membantu di rumah, kurangi kontak langsung dengan bayi. Bisa memompa ASI untuk kemudian diberikan pada si kecil.
    untuk informasi selengkapnya klik
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam


Log in to reply
 



Pengguna Online: