Mudik dari Jakarta tidak boleh menemui petugas kesehatan



  • Apa benar org yg pulang dr rantau yg trmsk zona merah ( Jakarta ) jk udh sampai rmh tdk boleh menemui petugas kesehatan setempat utk periksa kesehatan?? Hrs lgsg mengisolasi diri slma 14 hari & hnya blh mghbgi petugas kesehatan via tlp?


  • Relawan

    Halo @Ahmad-Mas-Kelana terima kasih atas pertanyaan Anda

    Saya izin untuk bantu menjawab.

    Prosedur dari pemerintah memang seperti itu, jadi Sekarang dimulai dari Anda untuk tetap #dirumahaja dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam...

    Relawan Riris



  • Apa benar ada yg terinfeksi/positif covid 19 tp tanpa ada gejala,? Atau ada gejala hnya batuk pilek tanpa demam & sesak nafas


  • Relawan

    Halo @Ahmad-Mas-Kelana

    Benar, gejala yang timbul dapat berupa batuk, pilek demam, sesak nafas, bahkan tanpa gejala (asimptomatik).

    Tingkat keparahan gejala bisa ringan, sedang, dan berat. Hal tersebut tergantung dari respon imun tubuh pasien dan faktor lain.

    Harap berhati hati dengan beredarnya kabar hoax mengenai covid-19 ini.

    Sekarang dimulai dari Anda untuk #dirumahaja dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat atau dalam waktu lebih 1 minggu dan tak kunjung membaik silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam... 🙂

    Eswahos



  • Jika sprti itu knp org yg baru mudik dr jkt tdk boleh menemui petugas kesehatan trlbh dlu sblm plg ke rmh? Knp hrs lgsg disrh plg & isolasi tanpa diperiksa



  • Dear @Ahmad-Mas-Kelana

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Mohon ijin menjawab

    Memang benar bahwa pasien yang positif bisa tanpa ada gejala
    Hal itu disebabkan karena pasien tersebut memiliki imun yang kuat sehingga virus tersebut bersifat tidur dan nantinya akan mati apabila dalam masa 14 hari dan tidak mengalami gejala.
    Namun yang ditakutkan apabila pasien tersebut tibatiba bersin karena debu atau memakai alat yang bergantian dengan orang lain.
    Hal tersebut dapat menularkan ke orang lain melalui udara, atau barang yang sudah tersentuh
    Oleh sebab itu, seseorang yang telah melakukan transmisi ke luar negeri/redzone atau orang yang keluar rumah memiliki risiko tinggi dalam penularan
    Pemerintah menganjurkan untuk seseorang yang telah melakukan transmisi ke luar negeri/redzone diwajibkan melakukan isolasi diri 14 hari dan untuk seluruh warganya #dirumahsaja serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

    Saudara juga dapat melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Semoga membantu
    Terimakasih


  • Relawan

    @Ahmad-Mas-Kelana mohon maaf, izin membantu menjawab. Kenapa harus isolasi diri selama 14 hari sementara tidak ditemukan gejala covid-19? dapat disimpulkan bahwa orang tersebut memiliki imun yang bagus, tetapi perlu isolasi diri karena dikhawatirkan orang tersebut juga membawa covid-19 (asimptomatik). Jika memang harus bepergian karena urusan yang dianggap penting, dimohon jaga jarak, menggunakan masker, sering mencuci tangan dan berperilaku hidup sehat. Mohon maaf apabila ada salah kata, terima kasih



  • Dear @Ahmad-Mas-Kelana

    Mohon ijin menjawab
    Pemeriksaan selalu dilakukan saat pasien tersebut berada didaerah perpindahan seperti bandara, stasiun dll

    Tujuan dari isolasi diri 14 hari ini adalah untuk memantau apakah pasien tersebut mengalami gejala atau tidak. Dan pemeriksaan tersebut dilakukam ketika pasien-pasien tersebut mengalami gejala yang menjurus ke COVID-19 karena keterbatasan alat dan terdapat beberapa tingkatan prioritas siapa saja yang harus diperiksa dalam pemeriksaan tersebut.

    Terimakasih



  • Maaf maksud pertanyaan saya bukan ttg isolasinya, pertanyaan saya :
    Jika ada org yg terinfeksi covid 19 yg tanpa ada gejala, tapi kenapa orang yg baru mudik dari wilayah zona merah jakarta/dr luar negri dan ketika sampai rmh dilarang utk menemui petugas kesehatan terlebih dlu sebelum di isolasi,???

    Bukankah itu akan sangat berbahaya jk tryta org trsbt sdh terinfeksi yg tanpa gejala tp tdk diperiksa kesehatannya terlebih dlu sebelum di isolasi


  • Relawan

    Hallo, Sahabat Sehat @Ahmad-Mas-Kelana

    Selamat Malam.

    Izin Menambahkan..

    Mengapa dilarang menemui petugas ?

    Hal ini dikarenakan meminimalisir kontak antara si pemudik dengan petugas kesehatan. Diharapkan dengan cara demikian mampu mengurangi faktor risiko penularan covid-19. Oleh sebab itu, disarankan kepada si Pemudik untuk bisa segera mengisolasi dirinya sendiri di rumah dengan cara menjaga jarak dan menjaga interaksi dengan anggota keluarga.

    Apa saja yang dilakukan si pemudik selama 14 hari isolasi mandiri ?
    Memantau kesehatan secara mandiri, seperti tanda demam >38 derajat /batuk/sakit tenggorakan. Menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat, minum air putih cukup minimal 8 gelas sehari dengan pola (pagi 2 gelas, siang 2 gelas, sore 2 gelas, malam 2 gelas). Istirahat dan tidur malam cukup, minimal 6-8jam / hari. Beribadah dan berdo'a.

    Bagaimana bila si pemudik menunjukkan gejala ?
    Biarkan anggota keluarga lain yang melaporkan kondisi tersebut. Apabila disediakan hotline atau layanan telepon/WA fasilitas kesehatan, segera hubungi dengan menceritakan keluhan. Selain itu, pihak keluarga wajib melapor kepada pejabat setempat seperti ketua RT/RW/Lurah.

    Semoga membantu..
    Mohon maaf jika ada kekurangan, rekan sejawat kami akan menambahkan jawaban jika masih diperlukan.

    Salam Sehat :)


  • Relawan

    Halo @Ahmad-Mas-Kelana terima kasih atas pertanyaannya
    izin menambahkan penjelasan dari @Relawan-Dessy
    pada dasarnya virus ini dapat takluk dengan sendirinya jika imun tubuh kita kuat, bagaimana dengan orang tanpa gejala? biasanya adalah mereka yang usia 20-40 tahun karena pada usia ini cenderung imun seseorang kuat hingga mampu melawan virus tersebut. yang terpenting tetap menjaga tubuh dalam kondisi prima.


    Perlu diketahui bahwa gejala COVID-19 adalah DEMAM DIATAS 38 DERAJAT CELCIUS, SESAK NAFAS, BATUK KERING DAN PILEK/FLU.
    Maka dari itu WHO dan Kemenkes RI menyarankan :

    1. Hindari kontak langsung seperti bersalaman dan cium pipi
    2. Jaga jarak 1 meter atau lebih dengan orang lain
    3. Sering-sering mencuci tangan
    4. Jika merasa tidak sehat, istirahat yang cukup dan tinggal di rumah (isolasi mandiri)
    5. Gunakan masker jika demam dan batuk serta menutup hidung dan mulut dengan tissue/lengan siku dalam saat batuk/bersin
    6. Kunjungi fasilitas kesehatan jika mengalami kesulitan bernafas
    7. Batasi menggunakan transportasi massal kecuali mendesak
    8. Ikuti panduan resmi dan informasi terkini

    Semoga menjawab pertanyaan
    Terima kasih

    Ttd
    Relawan COVID-19


  • Relawan

    @Relawan-DimasSSW Terima kasih, Kak, atas penyempurnaan jawabannya.


  • Relawan

    @Relawan-Dessy sama-sama kak


Log in to reply
 



Pengguna Online: