takut



  • apa yang harus di lakukan jika teman kita baru saja dari daerah zona merah?


  • Relawan

    Halo @febriyanti terima kasih atas pertanyaan Anda

    Saya izin untuk bantu menjawab.

    Anda tidak perlu panik ya. Jika teman anda dari Zona merah, maka yang harus dilakukan adalah mengedukasi teman anda untuk isolasi mandiri dirumah selama 14 hari dan lapor ke RT/RW/Faskes setempat ya,

    Harap berhati hati dengan beredarnya kabar hoax.

    Sekarang dimulai dari Anda untuk tetap #dirumahaja dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam...

    Relawan Riris



  • jika hanya mampir sebentar hanya untuk ke toilet dan minum? bagaimana?


  • Relawan

    Halo @febriyanti terima kasih atas pertanyaan Anda

    Saya izin untuk bantu menjawab.

    Jika teman anda tidak merasakan gejala seperti batuk, pilek, sesak nafas boleh tidak apa-apa, waspada boleh tapi panik jangan

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam...

    Relawan Riris



  • perginya tadi sore dan langsung pulang.. di jalan kena hujan, sampai di rumah langsung mandi, ganti baju.. apa itu sudah sedikit aman? mungkin apa tidak dia alan membawa virus?


  • Relawan

    Hallo @febriyanti

    Saya izin menambahkan ya..

    Jika Anda memiliki teman yang baru saja datang dari zona merah (daerah dengan terdapat data pasien positif covid-19), yang harus kamu lakukan prinsipnya ada 3, yaitu :

    1. Respiratory hygiene ( Menerapkan etika batuk dan bersin yang benar)
      Pada saat batuk ataupun bersin, menggunakan bahu lengan ataupun tisu sehingga tidak meularkan semburan droplet kepada orang yang berada di sekitar kita. Jika menggunakan tisu, segera buang tisu ke tempat sampah, baiknya tempat sampah tertutup. Lalu disempurnakan dengan cuci tangan.

    2. Hand Hygiene ( Menjaga kebersihan tangan)
      Terdapat dua pilihan cara menjaga kebersihan tangan, diantaranya menggunakan sabun di air mengalir selama 40-60 detik dan menggunakan bahan berbasis alkohol/antiseptik selama 20-40 detik. Perhatikan langkah-langkah cuci tangan sesuai standar WHO, serta lama pelaksanaan membersihkan tangan tersebut.

    3. Physical Distancing (Menjaga jarak dengan orang di sekitar kita)
      Jarak yang dianjurkan yaitu sekitar 1-2 meter. Hal ini dimaksudkan agar pada saat kita berinteraksi dengan orang lain, tidak mudar terpapar droplet atau percikan pada saat berbicara. Dapat disempurnakan dengan tidak bersalaman kontak langsung. Sebab, tangan merupakan sumber utama penularan covid-19 apabila kita tidak pandai menjaga area HITAM (Hidung, Mata dan Tangan).

    Prinsip-prinsip tersebut, tidak saja diberlakukan kepada teman Anda tetapi Anda sebagai seseorang yang sehat sebagai upaya pencegahan.

    Salam Sehat :)



  • apakah perlu melakukan isolasi mandiri?


  • Relawan

    Halo @febriyanti

    Silakan lakukan karantina mandiri selama 14 hari ya.


  • Relawan

    Hallo Sahabat Sehat @febriyanti

    Izinkan saya menjawab.

    Benar, akan lebih baik jika teman Anda melakukan isolasi secara mandiri di dalam kamar dengan cara menjaga jarak dengan anggota keluarga yang ada di rumah. Usahakan agar tidak keluar rumah serta memantau kesehatan secara mandiri. Seperti memperhatikan tanda gejala seperti demam dengan cara memeriksa suhu badan atau tanda gejala gangguan pernafasan seperti batuk dan lainnya.

    Pastikan anggota keluarga mengetahui bahwa teman Anda memiliki riwayat perjalanan dari Zona Merah, sehingga apabila didapati gejala klinis yang mengarah ke covid-19 pihak keluarga lah yang melaporkan kepada pihak yang berwajib seperti melapor kepada Ketua RT/RW/Desa/Lurah.

    Jika selama isolasi mandiri, teman Anda mengalami gejala atau keluhan kesehatan, maka segera melapor dan diperiksakan ke Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan terdekat.

    Salam sehat :)

    Stay safe, Stay Healthy


  • Relawan

    Hallo, Sahabat Sehat @febriyanti

    Izin menambahkan..

    Penyebaran virus covid-19 ini bukan berdasarkan pada fasilitas umum apa yang kita kunjungi, melainkan perilaku kita saat berada di fasilitas umum tersebut.
    Hendaknya kita menerapkan PHBS (perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di manapun kita berada, tidak hanya ketika di toilet umum saja. Sebab kita tidak tahu, mana saja orang yang sudah terpapar atau pembawa (carier) virus. Oleh karena itu, ingat selalu cuci tangan menggunakan sabun di air kran yang mengalir selama 40-60 detik dengan gerakan tangan yang dianjurkan oleh WHO. Setelah bepergian, segera mengganti pakaian dan membersihkan badan jika diperlukan. Hindari menyentuh benda/permukaan apapun sebelum benar-benar dipastikan bersih.

    Jaga kondisi kesehatan dengan istirahat yang cukup, makanan yang bergizi seimbang terdapat karbohidrat, protein dan vitamin di dalamnya, olah raga/aktivitas ringan, serta berdo'a sebab covid-19 mampu dilawan oleh imunitas tubuh yang baik & iman kepada Tuhan.

    Semoga membantu..

    Salam Sehat :)


  • Relawan

    Dear febriyanti, bila ada teman atau saudara datang dari kota yang berasal dari red zone. Sebaiknya laporkan pada pelayanan kesehatan setempat, bisa ke dinkes atau puskesmas. Atau bisa telpon tanggap covid-19 di daerah setempat agar diberikan tindakan pencegahan. Terimakasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: