BUTUH AHLI



  • Saya butuh jawaban dan ahli untuk meneliti ini:
    1.JINTAN HITAM
    2.SUMAC
    3.AIR ZAM-ZAM

    Apakah satu di antara tiga ini bisa mencegah atau bahkan mengobati pasien positif covid-19???

    mohon benar2 di TELITI!!!



  • Selamat siang.
    COVID 19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi coronavirus yang menyerang tubuh. Vaksin merupakan cara agar terbentuk sistem imun tubuh dan mencegah infeksi covid-19. Hingga saat ini WHO (organisasi kesehatan dunia) menyatakan bahwa belum ditemukan obat dan vaksin yang dapat mengobati covid 19. adapun vaksin beberapa sudah mengklaim ditemukan dan dalam tahap uji coba.
    Cara terbaik untuk menghindari infeksi ini untuk sementara adalah :

    1. physical distancing (memberi jarak lebih dari 1 meter dengan orang lain)
    2. jaga kesehatan dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup.
    3. Kelola stress
    4. hindari keramaian
    5. selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri
      untuk semua yang diatas BELUM ADA penelitian yang membuktikan bahwa jintan hitam, sumac, dan air zam zam sebagai obat atau mencegah covid 19.

  • Relawan

    Halo @abdullah terima kasih atas pertanyaannya
    saat ini penelitian yang dikhususkan untuk pengobatan COVID-19 terkait 3 bahan diatas masih belum ditemukan, namun ada beberapa informasi yang mungkin kita perlu tahu tentang kandungan atau manfaatnya.

    JINTAN HITAM (Nigella sativa)
    sejauh ini menurut penelitian, jintan hitam (Nigella sativa) memiliki potensi dalam perkembangan dalam dunia pengobatan yang efektif terhadap regulasi reaksi imun yang terlibat dalam berbagai kondisi menular dan non-menular termasuk berbagai jenis Alergi, autoimunitas, dan kanker. namun hal ini tentunya masih perlu beberapa penelitian lanjutan. para peneliti juga berharap kedepannya akan ada penelitian yang memiliki hasil lebih guna mendukung data tersebut

    SUMAC (Rhus sp.)
    Sumac adalah tanaman yang secara luas digunakan di negara-negara Mediteranian untuk berbagai tujuan seperti industri, terapeutik dan nutrisi/pangan. sebenarnya Sumac sendiri memiliki banyak jenis. Sumac mengandung komponen kimia yang kaya termasuk asam fenolik, volatil, asam lemak, dan mineral, yang memiliki sifat antihemototoksik dan antioksidan. Contohnya seperti Sumac Cina (Rhus typhina) yang secara luas didistribusikan di Cina dan ekstrak buahnya menunjukkan aktivitas antimikroba dan antioksidan yang signifikan, tanaman ini mungkin dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk menghasilkan antioksidan alami dan/atau bahan pengawet bagi industri makanan.

    referensi :
    Majdalawawieh, Amin F and Fayyad, Muneera W. 2015. Immunomodulatory and anti-inflammatory action of Nigella sativa and thymoquinone: A comprehensive review. International Immunopharmacology 28 295–304. https://doi.org/10.1016/j.intimp.2015.06.023
    Dalar, Abdullah et al. 2018. Screening in vivo antioxidant and haematological properties of sumac and acorn bioactive rich extracts. Industrial Crops & Products 124 20–27.
    Kossah, Rima et al. 2011. Antimicrobial and antioxidant activities of Chinese sumac (Rhus typhina L.) fruit extract. Food Control 22 128e132. https://doi.org/10.1016/j.foodcont.2010.06.002

    Perlu diketahui bahwa gejala COVID-19 adalah DEMAM DIATAS 38 DERAJAT CELCIUS, SESAK NAFAS, BATUK KERING DAN PILEK/FLU.
    Maka dari itu WHO dan Kemenkes RI menyarankan :

    Hindari kontak langsung seperti bersalaman dan cium pipi
    Jaga jarak 1 meter atau lebih dengan orang lain
    Sering-sering mencuci tangan
    Jika merasa tidak sehat, istirahat yang cukup dan tinggal di rumah (isolasi mandiri)
    Gunakan masker jika demam dan batuk serta menutup hidung dan mulut dengan tissue/lengan siku dalam saat batuk/bersin
    Kunjungi fasilitas kesehatan jika mengalami kesulitan bernafas
    Batasi menggunakan transportasi massal kecuali mendesak
    Ikuti panduan resmi dan informasi terkini
    Semoga menjawab pertanyaan
    Terima kasih

    Ttd
    Relawan COVID-19


Log in to reply
 



Pengguna Online: