[Situbondo] Pemkab Sangat Buruk dalam Penanganan



  • Saya ingin menyampaikan ini pada semua. Terutama bagi yang punya relasi dengan pemprov agar pemprov segera menangani permasalahan ini.

    Saya warga Situbondo. Penanganan yg dilakukan Pemkab sangat sangat buruk. Bupati Situbondo beberapa hari lalu mengeluarkan edaran agar dilakukan sholawat keliling kampung ditengah wabah. Plt Kadinkes Situbondo juga menganggap remeh hal ini. Dia membuat postingan video di laman FBnya yang berisi dia menyuarakan untuk menganggap biasa wabah ini. Video itu berisi suara beliau dengan nada meremehkan wabah dan menyuruh setiap orang agar melihat wabah ini sebagai penyakit biasa tanpa perlu perhatian khusus. Saatt ini sudah ada 5 orang positif di Situbondo. Dua dari lima pasien tersebut dinyatakan sembuh namun beberapa saat kemudian dinyatakan positif kembali. Hasil sembuh dinyatakan merupakan kesalahan. Akan tetapi 2 orang tersebut sudah berada di rumahnya di kecamatan besuki dan panarukan. Mereka menolak kembali dibawa ke RS dan menyangkal bahwa mereka positif. Beredar kabar pasien panarukan malah berkeliaran karena menganggap dirinya negatif padahal positif. Sementara warga Situbondo masih banyak diluar dan tidak menisolasi diri. Pasar Panarukan sudah ditutup tapi pedagang malah berjualan di jalan jalan. Saya mendengar kabar bahwa sudah diadakan rapat mengenai situasi ini. Tetapi, hasil rapat pemkab adalah bahwa setiap kades dan camat yang harus membuat kebijakan sendiri. Di rapat tersebut plt kadinkes Situbondo juga mengatakan bahwa virus ini tidak menyebar melalui sentuhan, yang jelas jelas salah.

    Saya minta bagi yg memiliki relasi agar disampaikan. Sudah tidak ada harapan saat Pemkabnya saja begini. Pemprov harus segera turun ke kabupaten Situbondo. Terima kasih. Ini serius.


  • Relawan

    Selamat Pagi, Salam Sehat Indonesia!
    dear @daaniikusnanta
    Terima kasih atas informasi yang anda berikan. untuk keluhan anda akan ditinjau kembali oleh pihak yang terkait. jangan lupa untuk terus menerapkan budaya hidup sehat! rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
    untuk informasi selengkapnya klik link berikut ya
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam



  • @Relawan-Emmil Terima kasih balasannya. Saya hanya ingin menambahkan bahwa ini benar benar serius. Saar ini pasien positif di Situbondo sudab mencapai 6 orang. Angka yg sangat tinggi dibanding kota/kabupaten lain serta mengingat Situbondo adalah kabupaten kecil.

    Tambahan lagi mengenai ketidakseriusan Pemkab. Kemarin pasien positif di Panarukan sudah di evakuasi. Namun kemudian beredar video yang berisi Kepala Puskesmas Panarukan yang menyatakan pasien tersebut setelah dicek kembali negatif. Entah bagaimana mengeceknya. Jikapun menggunakan rapid test, hasilnya sangat tidak akurat. Seluruh jajaran Pemkab seperti ingin menutupi hal ini. Masyarakat akhirnya kembali tenang dan tetap berkeliaran di luar rumahnya. Langkah pemkab sejauh ini juga hanya menyemprot disinfektan. Tidak efektif jika masyarakat masih beraktivitas di luar.

    Ini hal serius. Angkanya sudah mencapai 6. Sangat tinggi. Terima kasih.



  • @Relawan-Emmil Tambahan lagi. Coba cek akun instagram resmi pemkab Situbondo @situbondokab Disana ada rilis resmi terkait covid-19. Terlihat rilis hari ini terdapat 6 dengan 4 dirawat di RS dan 2 diisolasi mandiri. Ya, pasien positif diisolasi mandiri. Kalau lihat rilis kemarin malah terdapat 2 orang sembuh sementara dari data provinsi masih 0. Dua orang yg sembuh dari rilis kemarin adalah dua orang yg diisolasi mandiri. Mereka tidak mau dibawa ke RS. Kalau ditelusuri mereka diisolasi di rumah mereka di kec. Besuki dan Panarukan. Tolong ditanggapi serius.



  • tolong untuk menegur pemkab situbondo terkait kejadian tersebut, kalau dibiarkan tempat tinggal saya yang berada di kab probolinggo bisa tertular



  • @daaniikusnanta maaf saya juga situbondo dan saya setuju dgn pendapat mas @daaniikusnanta salam kenal juga... Kurang perhatian sejak awal dan kurang cepat mngambil langkah dan tindakan dalam penanganan pandemi Covid-19 di situbondo baik dr segi promotif, kuratif apa lagi tindakan prefentiv hingga bertambah nya PENYINTAS COVID-19 ini mnjadi 6 , pemda kurang terbuka apak sdh melaksanakan isolasi bagi kluarga PENYINTAS yg sempat bersentuh maupun contak lansung dng pnyintas . Dan track pnyintas 14 hari seblum pdp d kemana? Dari mana ? Apakah sdhbada tindakan prefentiv ? Baik untuk kluarga dr PENYINTAS maupun warga yg tinggal di dekat rumah penyintas apa yg dilakukan pemda maupun satgas Covid-19 Kabupaten sdh kah melakukan pemdataan maupun menerapkan karantina mandiri ????
    ..... mohn maaf jika salah dalam kata kata
    Wasaalam wr wb


  • Admin

    Terima kasih untuk pelaporanny, perkenalkan saya admin di forum ini, tahap pertama yg akan admin lakukan adalah melakukan klarifikasi terkait pelaporan ini dan akan di tindak tegas oleh dinkes prov jatim, bila laporan ini benar,

    Maka bersabar ya @daaniikusnanta untuk respon dari pelaporan yg anda buat, sementara itu anda dan keluarga anda jg harus tetap melakukan isolasi diri, dan jgn mendatangi keramaian. Keep safe and stay strong to fight covid-19


Log in to reply
 



Pengguna Online: