Protokol Ruang Isolasi



  • Rekan-rekan relawan dan tenaga kesehatan, apakah benar jika protokol isolasi PDP, pasien dilarang membawa alat komunikasi?

    Karena begini, saat ini Keponakan saya yang statusnya PDP dan dirawat di salah satu RS Swasta Rujukan, ingin pindah ke RSUD karena kendala biaya, info dari dokter jika Isolasi di RSUD maka tidak diperbolehkan membawa alat komunikasi, sedang keponakan saya ini satu2nya hiburan saat ini hanya melalui ponsel.

    Mohon pencerahannya. Terima kasih.



  • Dear @Syaifudin22

    Mohon ijin menjawab
    Alat komunikasi merupakan alat untuk menghubungkan pasien dengan orang-orang diluar ruangan seperti keluarga karena dalam hal ini apabila pasien yang sudah dianggap PDP dan diisolasi maka siapapun tidak boleh menjenguk sampai pasien tersebut dinyatakan sembuh.
    Disamping itu alat komunikasi ini bertujuan untuk menghilangkan rasa jenuh selama perawatan.
    Oleh sebab itu tenaga medis dalam rumah sakit mengijinkan pasien untuk membawa alat komunikasi.
    Dan apabila pasien dinyatakan sudah sembuh, maka alat alat tersebut harus di desinfeksi.
    Namun ada beberapa barang yang tidak bisa didesinfeksi karena alasan medis sehingga harus dibuang atau dibakar seperti halnya baju, alat makan dan alat medis untuk perawatan pasien.

    Semoga membantu
    Terimakasih


  • Relawan

    Izin bantu menjawab @Syaifudin22 Kalau membawa alat komunikasi atau tidak itu tergantung dengan kebijakan di rumah sakit bagaimana menjalankan isolasi, tetapi jika alat komunikasi memang menganggu proses terapi dan monitoring covid-19, takutnya jika membawa hp takutnya menjadi sarana penularan Covid19 karena virus ini jga dapat hidup dan menempel dalam benda dengan range waktu 3 jam- 2 hari. dan malah menjadi sumber penyebaran covid-19 di dalam rs sendiri

    Terimakasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: