Mohon dijawab



  • Mohon dijawab
    Selama 2 minggu ini terkadang saya merasa kedinginan di sore hari dan suhu tubuh naik,badan berasa tidak enak, tpi tidak setiap hari..hanya kadang".saya tidak batuk, tenggorokan tidak sakit, untuk pilek tidak meler, tidak ada ingus tapi hidung buntu,membranya bengkak.
    Untuk sesak nafas muncul saat setelah makan, atau saat perut begah dan kembung, saat perut tertekan atau tertindih, saat saya berkegiatan agak berat juga nafas jadi berat, pagi hari bangun tidur juga sesak nafas. Terjadi hampir tiap hari.
    Saya tinggal di daerah yg blm ada pasien positif covid19(zona kunging). Saya tidak bepergian kemanapun selama 1 bulan terakhir, hanya keluar tidak jauh dari rumah..tidak pernah kontak dengan pasien covid19 atau orang dlm resiko sekalipun.
    Apakah kira" gejala yg saya alami megarah ke covid?
    Kalau berasa demam bolehkah konsumsi paracetamol?
    Demam dan sesak nafas yang seprti apa yang termasuk gejala covid19?

    • list item
      Terima kasih


  • Coba mas telfon di penanganan covid pada daerah masing masing, di situ operatornya sangat responsif. Coba browsing saja nomer penanganan covidnya



  • Baiknya ke dokter internist dulu dan dilakukan pengecekan yang intensif, kalau ada BPJS bisa minta ke Poli dan minta surat pengantar ke RS rujukan sesuai BPJS yang anda milki. ataupun bisa di simpulkan pada saat ke Poliklinik dan tetap menjaga diri , social dinstancing dan menggunakan masker di saat berobat. demi menjaga kondisi anda dan juga orang lain.

    Ada baiknya segera dilakukan Xray thorax utk mengetahui ketebalan pneumonia dalam paru2 yang mungkin ada dan menyebabkan sesak nafas. jangan terlamabt dan cepat lakukan pemeriksaan , kalaupun bisa pada saat ini segera ke RS rujukan /IGD BPJS. Semakin cepat di tanganin akan lebih baik karena sangat beresiko juga untuk orang2 yang merawat anda serta yang tinggal bersama anda.



  • @cipavajo trimakasih uda menjawab
    Tambahan deskripsi: untuk demamnya biasa jam 10 malam sudah hilang., demam tidak setiap hari. Untuk hidung buntunya saat posisi tidur saja. Saya ada riwayat alergi, alergi debu, alergi cuaca, alergi makanan. Untuk sesak nafasnya ketika begah atau kembungnya hilang sesak nafas juga hilang..ketika saya minum obat lapifed dengan kandungan triprolidine hcl dan pseudoephedrine hcl, sesak nafas hilang dalam 10-15 mnit.. ketika perut saya begah lagi atau perut tertekan atau tertindih sesak bisa muncul lagi. sesak nafas masih sering muncul namun semakin hari semakin ringan tidak seprti pada hari" pertama sesak nafas muncul.
    Hari" awal dari range 1-10, mungkin ada di 8, yg artinya parah sekali.semakin hari semakin ringan,dan 6 hari terakhir sesak yg muncul dari range 1-10 nilainya 2, yg artinya sesaknya ringan.
    Kalau sesak nafas karena covid semakin hari semakin parah atau bagaimana?
    Maaf apakah sodara tenaga medis?


  • Relawan

    Halo @tata-udzualita terima kasih atas pertanyaannya
    izin membantu menjawab,
    secara tanda gejala dan kronologi yang Anda ceritakan, kondisi yang Anda alami cenderung mengarah pada permasalahan lain, namun kita tetap perlu waspada dan berhati-hati serta menjaga diri dengan cara mencegah penularan virus sesuai anjuran pemerintah. tentunya kami bersyukur jika sesak yang Anda rasakan semakin hari terasa semakin ringan karena efek obat Lapifed yang memiliki kandungan untuk meringankan meringankan bersin-bersin, hidung gatal dan berair, hidung mampet, serta mata berair akibat flu, common cold, dan terutama yang disebabkan oleh alergi.
    bagaimana dengan sesak nafas pada penderita Covid-19? sesak nafas yang dialami oleh penderita Covid-19 memang perlu penanganan segera, karena jika tidak maka perburukan kondisi terjadi dengan cepat.


    Perlu diketahui bahwa gejala COVID-19 adalah DEMAM DIATAS 38 DERAJAT CELCIUS, SESAK NAFAS, BATUK KERING DAN PILEK/FLU.
    Maka dari itu WHO dan Kemenkes RI menyarankan :

    1. Hindari kontak langsung seperti bersalaman dan cium pipi
    2. Jaga jarak 1 meter atau lebih dengan orang lain
    3. Sering-sering mencuci tangan
    4. Jika merasa tidak sehat, istirahat yang cukup dan tinggal di rumah (isolasi mandiri)
    5. Gunakan masker jika demam dan batuk serta menutup hidung dan mulut dengan tissue/lengan siku dalam saat batuk/bersin
    6. Kunjungi fasilitas kesehatan jika mengalami kesulitan bernafas
    7. Batasi menggunakan transportasi massal kecuali mendesak
    8. Ikuti panduan resmi dan informasi terkini

    Semoga menjawab pertanyaan
    Terima kasih

    Ttd
    Relawan COVID-19



  • @Relawan-DimasSSW terima kasih banyak atas jawabanya, sangat membantu.. ada pertanyaan lagi, kalo batuk itu muncul saat sesak nafas saja itu normal kah?kalau sesak nafas hilang batuk juga hilang.
    Kalau menunjukan gejala covid19 apakah harus segera ke rmh sakit atau isolasi diri dirumah dulu? Gejala yang seperti apa yang mengharuskan segera ke rumah sakit?
    Sya sudah ke dokter dekat rumah, dan hanya dkasi ranitidine sama obat alergi, antihistamin..



  • @tata-udzualita Selamat pagi,

    Apakah batuk anda berdahak?

    Sesak napas terjadi karena kurangnya pasukan oksigen kedalam paru-paru. Keadaan batuk saat sesak bisa terjadi ketika terjadi penumpukan dahak di saluran napas bagian atas. Batuk merupakan upaya pertahanan paru terhadap rangsangan yang ada.

    Kapan anda harus ke rumah sakit?

    Jika anda pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 atau pasien PDP atau pernah berkunjung ke negara atau daerah endemis COVID-19 selama 14 hari terakhir dan anda sedang atau pernah mengalami:

    1. Demam )> dari 38 derajat celcius)
    2. Pilek
    3. Batuk
    4. Sesak napas

    Jika jawaban anda ya, anda bisa menghubungi 119 EXT 9 atau periksakan diri ke rumah sakit rujukan. Namun jika jawaban anda tidak, anda bisa melakukan karantina diri selama 14 hari karena masa inkubasi virus Covid-19 adalah 2 -14 hari, dan jika selama 14 hari anda mengalami tanda dan gejala di atas memberat, maka anda bisa melakukan pemeriksaan ke fanyankes terdekat.

    Anda bisa melakukan checkup mandiri
    checkupcovid19.jatimprov.go.id
    Informasi mengenai Covid-19
    infocovid19.jatimprov.go.id

    Tetap jaga kesehatan, istirahat cukup, jangan lupa cuci tangan, menggunakan masker saat dikerumunan, pola hidup bersih dan sehat, dan terapkan etika batuk dan bersin.

    Terima kasih dan Salam sehat.


Log in to reply
 



Pengguna Online: