Mohon saran



  • Mertua sebulan kemarin 3* bolak balik Jakarta Surabaya
    Terakhir Minggu lalu di Jakarta selama 4hari
    Hari Minggu nyampai Surabaya
    Hari Senin pagi tiba2 sesak nafas, akhirnya di bawa ke RS
    Tapi disana, keluarga mertua tidak ada yg cerita riwayat bepergian dari red zone
    Gimana ya enaknya


  • Relawan

    Silahkan menjawab sejujur" kepada dokter yang memberikan pertanyaan, termasuk riwayat berpergian. Untuk saat ini jauhkan dulu kontak dengan Mertua. Terima kasih


  • Relawan

    Halo @heldalaila27

    Izin menambahkan saran dari saudara @Welly . Sebaiknya pasien atau keluarga memberitahukan hal yg sejujurnya kepada dokter atau tim medis yg menangani, karena hal tersebut bukan sesuatu yg perlu ditutupi. Justru dengan pasien atau keluarga berkata jujur dan detail tentang gejala dan riwayat perjalanannya akan sangat membantu diagnosis medis, tindakan penanganan, dan rencana perawatan pasien kedepannya.

    Hal semacam itu dibutuhkan guna meminimalkan risiko akibat Virus Corona atau COVID-19. Apabila tidak jujur, dampaknya sendiri akan merugikan banyak orang, baik pasien sendiri (karena mendapatkan penanganan atau perawatan medis atau non medis yang kurang tepat) dan orang lain yg ada di sekitar pasien, termasuk tenaga medis yg merawat.

    Jangan lupa selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), konsumsi makanan bergizi dan berimbang, istirahat yang cukup, rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya, serta menerapkan social distancing

    Terimakasih. Semoga bisa membantu dan keluarga selalu diberikan kesehatan 🙏



  • Hai @heldalaila27

    Izin menambahkan saran dari rekan saya, sebaiknya lebih terbuka mengenai gejala yang dialami, riwayat bepergian, dan riwayat kontak dengan masyarakat di jakarta.. Supaya lebih cepat dalam mengetahui kondisi kesehatan, apakah benar terinfeksi covid-19 atau tidak.

    Lebih terbuka dengan para medis, karena untuk kebaikan mertua, keluarga, dan masyarakat sekitar. Dan lebih cepat penanganannya..
    Untuk saat ini keluarga harus melakukan nasihat dan masukan..
    Jangan lupa selalu menjaga kebersihan, mencuci tangan sesering mungkin, makan makanan yg kaya akan nutrisi, dan stop bepergian, lakukan Physical Distancing.

    Semoga bermanfaat


  • Relawan

    Izin bantu menjawab @heldalaila27 Di mohon untuk di komunikasikan dengan ibu mertua dengan baik dan penuh mauhidah hasanah agar bisa menjawab dengan jujur terkait keluhan di karenakan jika tidak transparan terkait informasi ke dokter maka dokter juga tidak bisa mendiagnosis penyakit di karenakan akan overlap dengan penyakit lain yang notabene keluhan dan gejalanya juga hampir sama seperti Covid-19, atau ibu silahkan menghubungi dokter yang memeriksa ibu mertua untuk menambahkan informasi terkait riwayat berpergian

    Terima kasih


  • Relawan

    Selamat Pagi, Sahabat Sehat @heldalaila27

    Izin menambahkan penjelasan dari para relawan.

    Sebaiknya Anda ceritakan hal apa yang Anda ceritakan kepada kami, ceritakan pula kepada para tenaga medis yang saat ini sedang menangani kasus penyakit Ibu/Bapak Mertua. Tujuannya adalah untuk mempermudah penanganan apabila sewaktu-waktu terjadi perburukan. Sehingga para tenaga medis menjadi lebih tanggap dalam merawat pasien.
    Dihimbau dan kami sarankan Anda, mohon untuk tidak menutup-nutuoi riwayat perjalanan maupun riwayat kontak apalagi di saat situasi pandemi Covid-19 ini.

    Lalu bagaimana dengan orang-orang yang telah melakukan kontak dengan Mertua Anda?

    1. Lakukan isolasi mandiri sekurang-kurangnya 14 hari sesuai dengan masa inkubasi penularan covid-19
    2. Respiratory hygiene (menerapkan etika batuk dan bersin yang benar, menggunakan masker bila perlu)
    3. Hand hygiene (rajin mencuci tangan dengan sabun pada kran/air mengalir, jika dalam keadaan terdesak bisa menggunakan handsanitizer lalu diselingi cuci tangan agar efektif)
    4. Physycal distancing (menjaga jarak saat berkomunikasi dengan orang di sekitar kita, jarak yang dianjurkan yaitu 1-2 meter)

    Mohon bantu kami, para relawan, tenaga medis dan Pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid-19.
    Peran Anda sebagai masyarakat yang peduli, sangat diperlukan dalam situasi pandemi Covid-19.
    Berkata jujur itu lebih baik.

    Sekian, semoga Anda sekeluarga diberikan kesehatan.


Log in to reply
 



Pengguna Online: