Tanya gejala



  • Saya ingin bertanya. Teman saya mengeluhkan sakit tenggorokan, tapi tanpa gejala batuk demam dan sesak nafas. Diapun juga tidak pernah bepergian keluar kota. Tapi memang saat ini kota kami sudah di zona merah. Kebetulan saya sempat bertemu dengan teman saya dan mendengar keluhannya, sayapun sempat kontak fisik dengannya. Sesampainya dirumah tiba-tiba sayapun juga mengalami sakit tenggorokan. Mohon penjelasannya penyebab hal tersebut? Apakah sakit tenggorokan merupakan gejala covid19? Jujur saya bingung dengan gejala pasti covid19, karena dibeberapa kasus pasien positif covid-19 mengalami gejala yg berbeda, bahkan ada yg sama sekali tidak mengalami gejala apapun.
    Terima kasih 🙏🏻


  • Relawan

    Halo @Lanny terima kasih atas pertanyaan Anda

    Saya izin untuk bantu menjawab.

    Anda tidak perlu panik, mungkin itu hanya radang tenggorokan saja, yang harus anda lakukan adalah mengisolasi diri selama 14 hari jika keadaan memburuk segera priksa ke faskes terdekat.
    Sekarang dimulai dari Anda untuk tetap #dirumahaja dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam...

    Relawan Riris dari Mahasiswa Farmasi


  • Relawan

    Izin bantu menjawab @Lanny keluhan gejala dari covid-19 yaitu : Demam (>38 derajat celcius) dan atau gangguan sistem pernafasaan berupa batuk, pilek, sakit tenggorokan dan sesak nafas yang timbul 2-14 hari dan pernah bepergian dan bekerja ke kota maupun wilayah dengan transmisi virus tinggi dan atau kontak dengan seseorang dengan status probable atau confirm virus Covid-19 jika ada keluhan, gejala dan riwayat seperti diatas maka bisa jadi mengarah ke covid-19

    Jika ingin tau deteksi terkait Covid-19 silahkan cek http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    dan info lengkap silahkan cek https://infocovid19.jatimprov.go.id/

    Terima kasih


  • Relawan

    Selamat Siang, Sahabat Sehat @Lanny

    Izin menambahkan penjelasan kak @Relawan-sholah dan kak @RelawanRiris

    Benar, Anda tidak perlu terlalu panik dan bingung. Jika saat ini masih mengalami keluhan sakit tenggorokan maka yang harus dilakukan adalah :

    1. Isolasi mandiri
    2. Terapkan PHBS (perilaku Hidup Bersih dan Sehat)
    3. Rajin mencuci tangan dengan sabun di kran / air mengalir atau handsanitizer jika mendesak
    4. Dapatkan vitamin D, dengan cara berjemur di bawah sinar matahari sekitar pukul 9-10 pagi selama 15 menit.

    Berikut ini adalah protokol isolasi mandiri yang diterbitkan oleh Kemenkes RI.

    Protokol Isolasi Mandiri

    • Selalu mamakai masker dan membuangkan setelah digunakan ke tempat sampah
    • Jika sakit (ada gejala demam, flu dan batuk) tetaplah di rumah. Jangan pergi ke pasar, kampus/sekolah, tempat kerja atau tempat ramai lainnya untuk mencegah penularan ke masyarakat.
    • Selama di rumah, bisa melakukan aktivitas di rumah. Usahakan gunakan kamar/ruangan terpisah dengan anggota keluarga yang lain. Saat berkomunikasi, jaga jarak sekurang-kurangnya 1 meter atau 1 lengan lencang kanan.
    • Lakukan pengecean suhu secara berkala atau harian. Amati jika terjadi batuk dan, sesak nafas.
    • Gunakan peralatan makan pribadi atau berbeda dan terpisah dari anggota keluarga. Seperti sendok, gelas, piring, dan mangkuk.
    • Terapkan PHBS. Makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti sayur mayur dan buah-buahan. Rajin mencuci tangan dan menerapkan etika batuk dan bersin yang benar
    • Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah dengan cairan desinfektan. Contoh menyapu lalu mengepel dan mengelap benda-benda dengan cairan desinfektan seperti Wipol.
      Berjemur setiap pagi di bawah sinar matahari untuk membantu menstimulus vitamin D dalam tubuh selama 15-30 menit pada pukul 09.00 -10.00 WIB dan mendapatkan cukup Sinar UV B. Kunjungi laman http://forumcovid19.jatimprov.go.id/topic/202/manfaat-bejemur-untuk-meningkatkan-imun-tubuh
    • Gunakan dan manfaatkan telemedicine atau media sosial kesehatan, beritahu riwayat kontak dan perjalanan Anda. Untuk warga Jatim, telah disediakan portal resmi untuk melakukan deteksi dini. Kunjungi www.checkupcovid19.jatimprov.go.id
    • Hubungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat seperti puskesmas, apabila sakit berlanjut disertai demam tinggi dan sesak nafas, untuk mendapatkan perawatan segera.

    Semoga membantu. Jika ada jawaban yang masih kurang, rekan relawan lain akan menambahkan.

    Semangat ya !
    Tetap waspada tetapi tidak perlu panik 🙂

    Situs informasi resmi Nasional COVID-19
    www.covid19.go.id
    www.covid19.kemkes.go.id
    www.infocovid19.jatimprov.go.id
    www.forumcovid19.jatimprov.go.id
    www.checkupcovid19.jatimprov.go.id


Log in to reply
 



Pengguna Online: