Orang positif tanpa gejala



  • Hari ini saya membaca berita bahwa banyak temuan di china terkait orang sehat tanpa gejala ternyata positif dan orang sudah sembuh juga dapat terinfeksi kembali tanpa gejala, mohon pencerahannya apakah berita ini dapat dipercaya?


  • Relawan

    Izin menjawab @tyo203 Gejala Covid-19 ini kadang tidak bergejala atau sama seperti gejala batuk dan pilek seperti biasa pada awal-awal masuknya virus covid-19, tetapi virus ini jika sudah masuk ke dalam tubuh khususnya pada jaringan paru akan secara cepat merusak jaringan di dalam paru yang akan meyebabkan gangguan saluran nafas yang berupa batuk, pilek, sakit tenggorokan dan Sesak nafas dalam rentan waktu 2-12 hari. Maka dari itu di mohon untuk terus anjuran berupa isolasi diri, mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, melakukan etika batuk dan pilek dan melakukan physical distancing untuk mengurangi penularan virus ini

    Terimakasih


  • Relawan

    Selamat Pagi, Sahabat Sehat @tyo203

    Izin menambahkan penjelasan Kak @relawan sholah

    Benar, bahwa orang tanpa gejala pun bisa terinfeksi covid-19. Hal ini dikarenakan, salah satunya adalah sistem imunitas tubuh orang tersebut sedang dalam kondisi baik dan optimal, sehingga virus ini mampu dilawan oleh sistem imunitas dan memiliki kekebalan tersendiri terhadap covid-19. Perlu kita ketahui bahwa covid-19 memiliki masa inkubasi sekitar 2-14 hari.
    Pada pasien-pasien yang telah dinyatakan sembuh dengan dua kali pemeriksaan akhir dan hasilnya tetap negatif. Pasien tersebut masih memiliki risiko untuk menularkan virus kepada orang di sekitarnya. Oleh karena itu, dihimbau kepada pasien-pasien yang telah dinyatakan sembuh dan kembali pulang ke rumah masing-masing tetap harus melakukan upaya pencegahan penularan, seperti :

    1. Sering cuci tangan dengan sabun
    2. Boleh menggunakan handsanitaizer apabila tidak ada sabun atau air dalam kondisi mendesak. Harus diperhatikan bahwa penggunanaan hand sanitizer ini perlu diselingi oleh cuci tangan menggunakan sabun agar penggunaannya efektif
    3. Menutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau lengan bahu ketika batuk dan bersin. Jika mengenakan tisu, segera buang tisu ke tempat sampah. Usahakan tempat sampah tertutup, lalu cuci tangan untuk membersihkan droplet yang ada kemungkinan masih menempel pada tangan.
    4. Tetap berada di rumah apabila tidak ada urusan mendesak atau gejala yang sangat parah seperti sesak nafas
    5. Tetap gunakan masker, meskipun berada di dalam rumah.
    6. Hindari kontak fisik seperti menyentuh dan kontak jarak dekat saat berkomunikasi dengan anggota keluarga atau orang di sekitarnya. Jarak yang disarankan yaitu 1-2 meter.
    7. Hindari memegang muka, terutama area HITAM (Hidung, Mata, Mulut). Karena covid-19 hanya masuk melalui mukosa pada daerah tersebut.

    Semoga membantu. Jika masih ada yang kurang, selebihnya akan ada penjelasan dari teman relawan yang lain.

    Sayangi orang-orang di sekitar Anda. Sebab kita tidak tahu, apakah diri kita terinfeksi covid-19 atau tidak. Tetap lakukan upaya pencegahan untuk meminimalisir risiko penularan.

    Bisa kunjungi Website resmi Kami :
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/
    infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam Sehat 🙂


Log in to reply
 



Pengguna Online: