Suplemen/vitamin yang baik dikonsumsi



  • Halo, mau tanya, suplemen atau vitamin apa yang baik di kosnsumsi disaat wabah virus seperti ini ya? Atau merk(nama produk)nya apa ya? Terima kasih



  • Dear @clr-ptrc

    Mohon ijin menjawab
    Untuk vitamin/suplemen yang dianjurkan lebih baik menggunakan bahan makanan organik/alami yang dapat meningkatkan imun yang mengandung vitamin C, E, B6 dan zinc seperti halnya jeruk, mangga, anggur, ikan, brokoli, salmon, jahe, kencur dll.

    Semoga membantu
    Terimakasih


  • Relawan

    Selamat sore, Saya ingin menambahkan jawaban dari @relawan-asharini
    Saat ini banyak sekali suplemen vitamin yang beredar di masyarakat namun apabila saudara ingin membelinya, tolong pastikan terlebih dahulu produk tsb sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) dengan cara masuk ke web https://cekbpom.pom.go.id/
    Perlu diperhatikan juga masalah anjuran konsumsi suplemen yang harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Konsumsi yang berlebihan akan mengganggu pencernaan, menyebabkan diare dan keracunan. Terlepas dari itu semua, tetap lebih baik jika saudara @clr-ptrc mengonsumsi vitamin alami yang berasal dari sayuran dan buah-buahan seperti jeruk, kiwi, anggur dan lain-lainnya.

    Semoga bermanfaat
    Stay safe and healthy


  • Relawan

    Halo @clr-ptrc

    Saran dari dr. Tirta Mandira Hudhi, selama isolasi,cegah covid 19. Makanan RS bisa jadi referensi:

    1. Asupan karbo yg cukup ( Nasi/kentang/gandum)
    2. Buah"an ( Apel, jeruk, pir )
    3. Hindari minum dingin
    4. Makan makanan yg mengandung protein (misal tempe, tahu, daging/hr )
    5. Makan sayur yang cukup terutama brokoli
    6. Minum air putih cukup (8 gelas/hr)
    7. Tidur cukup (8jam/hr)
    8. Bisa ditambah multivit.ok , Vit C, atau suplemen zinc 1 tablet, (1hr, 1x) jangan berlebihan tidak baik untuk ginjal
    9. Stop rokok stop vape
    • Yg terpenting jaga kesehatan anda sebaik mungkin, dan jangan lupa setelah aktivitas apapun itu untuk cuci tangan 6 langkah dibawah air mengalir

    Semoga membantu

    Dara Safira Mellyana A.P
    Mahasiswa Keperawatan


  • Relawan

    Halo @clr-ptrc
    Ini link dari info tsb yaa maaf lupa menyertakan
    https://www.instagram.com/p/B-WMSYUBgYi/?igshid=43dtqk8n0b6b

    Semoga membantu

    Dara Safira Mellyana A.P
    Mahasiswa Keperawatan



  • haloo kak ...

    untuk mencegah COVID-19 sih kalau saranku coba minum imunomodulator macam stimuno, fituno dan imboost. namun perlu diperhatikan disini ialah jangan dianggap ini sbg obat (yang sehari diminum 3X) coba sehari diminum sekali aja ..

    jangan lupa perbanyak makan buah dan sayur kakk .. buah yang "punya kemampuan memperbaiki kekebalan tubuh" macam jambu dkk direkomendasikan kak ...

    semoga membantuuu ~~



  • Selamat malam,
    Terkait suplemen/vitamin, tujuan dasar pemberiannya adalah untuk memelihara kesehatan serta sistem imun tubuh agar tidak rentan terhadap penyakit. Namun penggunaan yang berlebihan sangat tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan efek samping. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin per hari, saudara cukup mengonsumsi ragam buah dan sayur serta vitamin dengan dosis rendah.
    Terimakasih.



  • @himesaka_uwu apakah minum redoxon boleh kak?


  • Relawan

    @andik Selamat Siang, Sahabat Sehat @andik

    Terima kasih sudah bertanya.

    Boleh minum Redoxon, dengan syarat tidak dikonsumsi setiap hari ya. Redoxon hanyalah pelengkap apalagi disaat kondisi sistem imun tubuh kita kurang optimal. Bisa dibaca penjelasan sebelumnya dari para relawan ya. Bahwa Segala macam bentuk suplemen/multivitamin kimiawi itu pada dasarnya bisa kita temukan pada aneka buah-buahan dan sayur-mayur.

    Oleh karena itu, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, Kak @andik perlu makan makanan yang bergizi dan disarankan lebih banyak minum air putih ya daripada minum air es apalagi ditambah minuman kemasan instan yang rasa-rasa. Disempurnakan dengan istirahat cukup dan aktivitas fisik yang bermanfaat.

    Sekian, semoga membantu.

    Tetap sehat ya #dirumahaja !



  • kalo untuk anak usia 6 tahun, apa suplemen vitamin yang cocok, imunos boleh ndak?



  • Apakah covid19 bisa menular melalui makanan?


  • Relawan

    Halo @Yezdianda-Petra
    izinkan saya membantu menjawab,

    Sesuai dengan hasil penelitian, sampai saat ini diketahui bahwa virus Covid 19 dapat menular melalui droplet. Droplet merupakan percikan cairan tubuh yang dapat keluar melalui bersin, batuk, bicara atau aktivitas lain yang memungkinkan terjadinya percikan keluar tubuh. Penularan dapat terjadi apabila droplet yang mengandung virus dari orang yang terinfeksi masuk kedalam tubuh orang yang sehat melalui mulut, hidung atau mata.

    Sejatinya makanan tidak bisa menularkan virus secara langsung. Akan tetapi secara tidak langsung apabila makanan tersebut terkontaminasi atau terkena droplet yang mengandung virus maka bisa saja menjadi media penularan. Contoh aktivitas yang dapat membuat makanan terkontaminasi adalah ketika penderita covid 19 bersin atau batuk didepan makanan, alat makan yang digunakan penderita mengenai makanan, makanan tersentuh oleh tangan yang telah terkena droplet dll. Oleh karena itu, usahakan apabila orang yang mengalami gejala covid 19 menggunakan alat makan yang disendirikan. Selain itu kita juga bisa melakukan langkah pencegahan dengan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, menggunakan alat makan pribadi, dan membatasi untuk membeli makan diluar.

    semoga membantu



  • Apakah makanan yang bersifat alkali/basa dapat menghancurkan virus covid19 dalam tubuh?


  • Relawan

    @galang Selamat Siang, Sahabat Sehat @galang

    Terima kasih atas pertanyaannya. Saya izin menjawab.

    Pernyataan yang menyebutkan bahwa makanan bersifat Alkali/Basa mampu membunuh virus Corona adalah "keliru". Sampai saat ini belum ditemukan literatur Jurnal yang menyebutkan demikian. Pada prinsipnya, semua jenis makanan yang bersifat basa maupun asam adalah baik. Asalkan sesuai dengan yang dianjurkan, terlebih tidak dilarang oleh BPOM. Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal selama pandemi Covid-19 disarankan mengkonsumsi sayur-mayur, buah-buahan yang bervariasi setiap hari. Hindari penggunaan/konsumsi garam yang berlebihan, dan pastikan cukup minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

    Mohon, apabila mendapatkan berita atau broadcast yang tersebar di media sosial, tidak langsung disebarluaskan kepada masyarakat lainnya agar tidak menyebarkan berita HOAX.

    Terima kasih.
    Salam Sehat !

    Update info COVID-19 via WhatsApp http://infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19

    Situs informasi resmi Nasional COVID-19
    www.covid19.go.id
    www.covid19.kemkes.go.id
    www.infocovid19.jatimprov.go.id
    www.forumcovid19.jatimprov.go.id
    www.checkupcovid19.jatimprov.go.id
    https://lawancovid-19.surabaya.go.id/

    Cek akun instagram
    @whoindonesia
    @kemenkes_ri
    @jatimpemprov
    @jatimtanggap



  • terima kasih atas jawabanya @Relawan-Dessy sangat membantu


  • Relawan

    @galang Sama-sama :)


  • Relawan

    Untuk vitamin, silahkan makan makanan vitamin C,E,B6 dan zinc untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebaiknya menggunakan makanan terlebih dahulu seperti buah buahan dan sayursayuran. Bila ingin membeli suplemen komersil, sebaiknya dikonsumsi saat keadaan tubuh merasa kurang fit / dirasa makanan yang dimakan belum memenuhi kecukupan vitamin. Karena mengonsumsi suplemen berlebih pun akan terbuang sia sia di dalam tubuh.
    Terimakasih, semoga membantu



  • @clr-ptrc
    Izin mnjawab ya, suplemen yg bisa dgunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin dasar spt : vit A, C, E, Selenium dan Zinc. Bs didapat dlm bentuk makanan spt buah dan sayur atau bs dibeli di apotik/toko suplement. Jika sulit menemukan vit A (lbh baik yg bkn beta-carotene), Zing ataupun Selenium. Vit C & E sdh cukup membantu. Konsumsi vit C dipagi hari (500mg) dan siang hari (500mg) sore/malam hari vit E 400IU. Bs ditambah minum suplemen Garlic 500/1000mg katna jg bagus buat daya tahan dan anti virusnya. Garlic diminum stlah makan ya... pagi/siang bareng vit C. Semoga bs mmbantu


  • Relawan

    Dear Sahabat Sehat @andik

    Mohon izin menjawab, terimakasih atas pertanyaan anda..
    Redoxon atau produk-produk jenis lain dengan kandungan vitamin C juga bisa dikonsumsi. Asal tetap memperhatikan dosis harian yang diperlukan oleh tubuh ya.
    Namun, alangkah baiknya saudara cukup mengkonsumsi ragam buah ataupun sayur yang mengandung vitamin C.

    Semoga bisa menjawab pertanyaan anda, Stay safe and be healthy. Tetap di rumah ya..


  • Relawan

    Halo @Andika-Triasmoko

    Vitamin yang Anda sebutkan berdosis tinggi.

    Kami informasikan bahwa vitamin adalah zat gizi mikro, dibutuhkan dalam jumlah sedikit.

    Suplemen yang Anda sarankan beserta dosisnya tersebut tidak efektif karena tubuh hanya akan menyerap sesuai daya serapnya akan vitamin dan sisanya akan diolah di ginjal yang justru akan memperberat kerja ginjal.

    Jangan panik ya. Jangan lupa di rumah aja.


Log in to reply
 



Pengguna Online: