mau tanya kemungkinan gejala penyakit



  • saya berusia 32 tahun.. memiliki penyakit colitis dan sedang dalam pengobatan tbc jalan 4 bulan, kurang 5 bulan lagi.. paru2 kiri tidak berfungsi 100%..

    seminggu terakhir, demam dan pusing parah terus.. badan capek.. bisa hilang klo minum paracetamol, terus kemudian naik lagi, nafas semakin pendek2 klo berkegiatan.. tenggorokan agak gatal, tapi tidak sampai batuk parah..

    tidak memiliki riwayat keluar negeri/luar kota..
    tapi setiap pagi ke pasar, dan seminggu sekali ke rs poli dots untuk ambil obat.. saya juga masih bekerja..

    terakhir ke puskesmas cuma dikasi paracetamol, obat batuk, obat alergi, dan vit c..

    tp keadaan belum membaik.. ada kemungkinan ini gejala ringan covid..?


  • Relawan

    Selamat Pagi, Bu @tamalyn

    Izin menjawab.

    Terkait keluhan yang Ibu rasakan saat ini, harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter. Sebab, disamping keluhan tersebut, Ibu @tamalyn memiliki penyakit lain yang menyertai. Sehingga harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Untuk saat ini, yang bisa Ibu lakukan secara mandiri adalah mengurangi faktor risiko penularan kepada orang disekitar Anda.

    1. Isolasi mandiri
    2. Menerapkan etika bersin dan batuk yang benar, bila perlu menggunakan masker meskipun di dalam rumah
    3. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dari kran/air mengalir
    4. Menjaga jarak saat berinteraksi atau berkomunikasi dengan anggota keluar dan orang di sekitar Anda. Jarak yang disarankan yaitu 1-2 meter.
    5. Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Makan makanan bergizi seimbang yang mengandung protein, vitamin & mineral. Minum Air putih cukup. Istirahat cukup.
    6. Berjemur di bawah sinar matahari sekitar pukul 9-10 pagi selama 15-30 menit.
    7. Tidak menggunakan alat makan yang sama dengan anggota keluarga Anda seperti piring,mangkuk, sendok, gelas
    8. Menjaga kebersihan lingkungan rumah, termasuk menjaga agar sirkulasi udara tetap baik dan rumah tidak dalam kondisi yang lembab (usahakan ada cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah)
    9. Beribadan dan berdo'a
    10. Tetap waspada namun tidak panik !

    Untuk skrining dini secara online, bisa mengunjungi www.checkupcovid19.jatimprov.go.id dan https://lawancovid-19.surabaya.go.id/

    Sekian, semoga membantu. Jika ada yang kurang, rekan relawan lain yang akan menambahkan.

    Lekas Sehat Bu @tamalyn


  • Relawan

    Izin bantu menjawab @tamalyn Dari keluhan yang di sampaikan mungkin tidak mengarah ke arah covid-19 dikarenakan keluhan dan gejalanya yaitu Demam (>38 derajat) dan atau gangguan pernafasaan berupa batuk, pilek, sakit tenggorokan dan sesak dan ada riwayat adanya berpergian dan bekerja ke kota ataupun wilayah dengan transmisi virus tinggi dan atau kontak dengan seseorang dengan status probable atau konfirm covid-19 jika tidak ada maka bukan termasuk dari tanda dan gejala covid-19, tetapi di mohon untuk berkomunikasi dengan dokter terkait dengan dokter untuk mendeteksi terkait penyakit yan sudah ada

    Untuk mengetahui deteksi dari virus covid-19 silahkan cek http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    info lengkap https://infocovid19.jatimprov.go.id/

    Terimakasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: