Mengunjungi orang sakit atau meninggal



  • Keluarga dari istri saya ada yang sakit parah, kritis dan hanya terbaring di rumahnya. Letak rumahnya di luar kota di desa. Nah, saya sudah lama sekali tidak kesana dan terus ditanyakan. Apakah saya boleh pergi menjenguknya? Kalau tohpun pergi kesana pasti saya disuruh menginap. Dan jika saya tidak kesana nanti kesannya saya abai dan mungkin kalau keadaan jeleknya sampai meninggal saya pasti lebih menyesali. Bagaimana ini?

    Lalu bagaimana jika pergi melayat di luar kota? Terima kasih


  • Relawan

    Dear @seto
    Dengan kondisi saat ini, bapak bisa mengecek terlebih dahulu apakah daerah yang akan bapak kunjungi termasuk zona merah atau tidak. Bapak bisa mengeceknya di WA http://infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19. Ataupun kalau terpaksa bapak bisa pergi tapi harus mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dengan mengecek kondisi bapak dan mengisolasi selama 14 hari.

    Semoga Membantu


  • Relawan

    Halo saudara @seto

    Izin membantu. Mohon maaf untuk sakitnya apa nggih? Mungkin bisa dipastikan dahulu jenis penyakitnya termasuk dalam penyakit yang memiliki tingkat penularan besar atau tidak, sehingga kita bisa lebih meningkatkan kewaspadaan diri thdp penyakit tsb.
    Untuk menjenguk pasien yg sakit, memang sekarang kurang diperkenankan karena adanya pandemi covid-19. Saudara perlu memastikan juga daerah kerabat saudara yg sakit masuk ke dalam zona merah covid-19 atau tidak. Jika termasuk, alangkah lebih baiknya untuk tidak mengunjungi karena bisa saja saudara terpapar infeksi covid-19 selama perjalanan menuju ke tempat saudara.
    Memang dalam kondisi seperti ini, banyak hal-hal yang harus dikesampingkan demi kesehatan dan keselamatan diri sendiri meskipun terkadang terlihat sedikit acuh, mengingat tingkat penularan infeksi covid-19 juga cukup tinggi.

    Terimakasih. Semoga bisa membantu dan semoga keluarga yg sakit segera diberi kesembuhan 🙏


Log in to reply
 



Pengguna Online: