Kebijakan masuk sekolah anak2 di tengah perkembangan covid19



  • Terkait kebijakan masuk sekolah anak2 di masa karantina saat ini dengan penerapan social distancing dan physical distancing apa memang sudah benar2 diperhitungkan karena terkait surat edaran dari dinas pendidikan provinsi yang orang tua dapat kan.
    karena menurut pandangan saya sebagai orang tua dan awam melihat begitu sulitnya orang indonesia untuk menahan diri di rumah dari diterapkan nya kebijakan terkait pandemi covid19 ini tidak ada jaminan apakah diantara murid2 nanti dapat menjadi ODP ataupun PDP atau pun positif. karena hal ini telah dibuktikan dengan berbagai kesaksian dari sekian banyak pasien. karena kita tidak pernah tau siapa carrier (pembawa) nya. Mohon sekiranya ada penjelasan dimana adanya jaminan akan keselamatan anak2 ini. Kita harus jujur mengakui kedewasaan dan kedisiplinan masyarakat kita masih kurang. Dampak-dampak sosial yang mengarah kearah negatif sudah pasti menyertai ketika seorang dikenai status ODP, PDP terlebih-lebih POSITIF.
    Kekhawatiran ini bukan karena ketakutan yang buta, hanya ketika melihat realita di lapangan 1 bulan terakhir dan masih banyak nya pergerakkan orang2 dan kerumunan yang memiliki kemungkinan sebagai area penyebaran, patutlah kiranya dipikirkan kembali anak2 untuk masuk sekolah jika negara masih dalam kondisi seperti ini.
    Mohon sekira postingan ini dapat menjadi masukkan dan bisa kita diskusikan . terima kasih
    ![0_1585926025662_SE KADISDIK - PERPANJANGAN MASA BEKERJA DAN BELAJAR DARI RUMAH - 30 MARET 2020 B_001.png](Uploading 100%)


  • Relawan

    Halo @utomo terima kasih atas pertanyaan Anda

    Kebijakan Dinas Pendidikan yang bagaimana yang Anda maksud
    Bisa infokan suratnya?

    Harap berhati hati dengan beredarnya kabar hoax mengenai covid-19 ini.

    Sekarang dimulai dari Anda untuk #dirumahaja dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat atau dalam waktu lebih 1 minggu dan tak kunjung membaik silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam... 🙂

    Eswahos



  • saya tidak bisa mengupload file nya berupa .png. apa mmg bisa upload file ?? supaya datanya bisa di post disini


  • Relawan

    Halo @utomo

    Mungkin bisa diinfokan menganai poin poin keluhan Anda mengenai hal tersebut?



  • poin nya adalah apakah penetuan siswa untuk masuk di tanggal yang di tentukan oleh dinas pendidikan merupakan situasi yang aman bagi siswa untuk hadir di sekolah ditengah ketidakpastian saat ini dengan penyebaran covid19 yang saat ini. dan jika ada sekolah swasta yang mengeluarkan edaran untuk meminta siswa nya masuk itu bagaimana perlakuannya??
    sebagai orang tua ini menjadi tanda tanya besar atas kebijakkan yang harus diikuti


  • Relawan

    Halo @utomo
    Dinas Pendidikan Kab/Kota mana?
    Masuk tanggal berapa?

    Tolong informasikan dengan jelas ya. :)



  • dinas pendidikan pem prov jawa timur Surabaya, 30 Maret 2020 no surat : 420/2011/101.1/2020 perihal Perpanjangan Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan


  • Relawan

    Halo @utomo

    diperpanjang hingga 21 April ya bapak?

    Lalu apa yang bapak keluhkan?

    Kami informasikan bahwa hal tersebut selalu dilakukan evaluasi. Bisa jadi nanti tanggal 21 April akan diperpanjang kembali jika kondisi belum menbaik sebagaimana yang diundur dari 30 Maret, kemudian 5 April dan sekarang 21 April.



  • karena saya mendapati pemberitahuan tersebut di salah satu grup yang di bentuk sekolah anak saya. di lain pihak sekolah anak saya satu nya ada surat edaran dari sekolahnya (swasta) meminta siswa masuk ditanggal 13 april ini . kebijakan mana yang harus di pegang rakyat ??


  • Relawan

    Halo @utomo

    kebijakan sekolah swasta juga harus mengikuti pemerintah.

    Anda tidak perlu khawatir. Jika kondisi belum membaik sekolah tidak akan memasukkan siswanya. Sekolah pasti akan melakukan evaluasi kebijakan dan keadaan sekitar sebelum memasukman siswanya.



  • Dear @utomo

    mohon ijin menjawab
    Terimakasih atas pertanyaannya

    Menurut no surat : 420/2011/101.1/2020 perihal Perpanjangan Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan menjelaskan bahwa
    Pada point 2.
    b. Masa Belajar dari Rumah bagi peserta didik jenjang SMA, SMK dan PK-PLK di Jawa Timur yang semula dilaksanakan sampai dengan tanggal 5 April 2020, diperpanjang sampai dengan tanggal 21 April 2020 dan kembali belajar di sekolah pada tanggal
    22 April 2020
    c. Masa Bekerja dari Rumah dan Belajar dari Rumah jika dipandang perlu maka akan dievaluasi kembali dengan memperhatikan perkembangan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) khususnya di Jawa Timur.

    Hal tersebut dijelaskan pada poin 2c bahwa hal ini akan dievaluasi kembali dengan mempertimbangkan perkembangan penyerbaran virus ini.

    Oleh sebab itu mari kita bersama-sama berdo'a dan agar virus ini tidak makin menyebar. Dan kami perlu juga dukungan dari orang tua murid agar mengontrol anak-anaknya untuk tidak keluyuran atau bermain diluar rumah diluar pengawasan orang tua. Begitu juga kepada orang tuanya. Kecuali bila ada keperluan mendesak.

    Keputusan ini tentunya akan terus menjadi pengawasan dari pemerintah provinsi untuk menentukan perkembangan dan kebijakan apa yang harus diambil untuk kemudian hari.

    Terima kasih atas saran yang saudara sampaikan
    Semoga keluarga dirumah sehat selalu
    Terimakasih



  • terima kasih atas penjelasannya dapat menjadi acuan kami orangtua.



  • Dear @utomo

    Apabila saudara sudah mengantongi SE dari dinas pendidikan provinsi ini, saudara dapat menyampaikan aspirasi kepada salah satu guru di sekolah anak saudara agar menjadi pertimbangan mereka dan segera mengeluarkan surat edaran berikutnya dari sekolah tersebut.

    Semoga membantu
    Terima kasih


  • Relawan

    Halo @utomo

    Kami sarankan Anda untuk tetap tenang namun waspada ya...

    Pemerintah tidak akan memasukkan siswa sebelum situasi aman terkendali. :)



  • @relawan-asharini berkata di Kebijakan masuk sekolah anak2 di tengah perkembangan covid19:

    pertimbang
    untuk sebagai rujukan ke pihak sekolah swasta, bijaknya lewat forum ini mohon di sampaikan kepihak berwenang mungkin dinas pendidikan mengeluarkan kebijakkan yang menjadi acuan semua. sehingga tidak terjadi tumpang tindih atau asumsi2 yang beredar atau debat kusir. karena mmg sudah terjadi. ketegasan dari dinas2 sebagai perwakilan pemerintah sangat kami harapkan. terlebih dalam situasi seperti ini.



  • Dear @utomo

    Terima kasih atas saran dan aspirasi saudara

    Tentunya surat ini sudah ditujukan kepada kepala sekolah SMA, SMK, PK-PLK Se-Jawa Timur.
    Saudara mohon bersabar karena semua butuh proses dalam sistem administrasinya karena ini menyangkut tentang kesehatan seluruh warga Indonesia khususnya Jawa Timur.

    Semoga kita semua dihindarkan virus COVID-19 ini.
    Terimakasih


  • Relawan

    Halo @utomo
    kami informasikan
    Kebijakan libur hingga 21 April merupakan surat Dinas Pendidikan Provinsi Jatim sedangkan tanggal 11 Maret dikeluarkan Dinas Pendidikan Kota Surabaya..

    Apakah anak Anda yang swasta merupakan siswa SMP/SD/TK?

    Kami infokan kebijakan SMA/K mengacu ke Dinas Pendidikan Provinsi sedangkan dibawah SMK/A mengacu ke Dinas Pendidikan Kota/Kab.


Log in to reply
 



Pengguna Online: