Kelangkaan APD untuk nakes tingkat bawah



  • Assalamualaikum wr.wb
    Saya hanya ini menyampaikan keluh kesah saya sebagai tenaga medis di desa yg buka praktik swasta, kami tidak bisa melayani masyarakat dengan maksimal karena adanya kelangkaan APD, bahkan untuk mendekontaminasi alatpun kami susah karena kelangkaan clorin, seharusnya kami bisa membantu pemerintah mengurangi beban kepanikan dengan KIE ataupun pemeriksaan awal, tetapi karena tidak adanya APD kami tidak bisa melakukan apa-apa, apakah kami harus berdiam diri dan membiarkan pasien yang membutuhkan jasa kami?



  • Dear @parastika

    Wa'alaikumsalam wr. wb.
    Mohon ijin menjawab
    Terimakasih atas pertanyaannya
    Sebelumnya, saudara berada di daerah mana ya?
    Untuk saat ini beberapa daerah sudah melakukan open donation sehingga saudara dapat menghubungi CP diposter yang disebar di daerah saudara dengan membuat laporan kekurangan APD apa saja yang saudara butuhkan. Semoga para donator tersebut dapat membantu sehingga kita bersama-sama dapat gotong royong membasmi virus ini.

    Semoga membantu
    Terima kasih



  • Saya di kabupaten malang tepatnya di pagelaran


  • Relawan

    @parastika terimakasih atas pertanyaanya.
    Saya membantu menjawab. Jika dalam pelaksanaan KIE yang akan di berikan sebagai tenaga kesehatan kita dapat meminimalkan penggunaan APD sesuai kondisi dan situasi.
    Jika hanya KIE kita bisa menggunakan media lain selain tatap muka atau dri speaker masjid.

    Saran saya baca tentang penanganan pasien dalam menghadapi Covid 19 dari PPI. Di YouTube kemndibud RI juga ada materinya.
    Terimakasih



  • Dan untuk pasien lain bagaimana ya? Mohon maaf apakah kita harus menutup praktik? Karena seperti KB, persalinan, dan tindakan" berikut apakah tidak perlu penggunaan APD?



  • Dear @parastika

    Mohon ijin menjawab
    Apabila saudara menangani pasien obgyn, alangkah lebih baik untuk awal saudara tetap melakukan screening oleh TIM khusus untuk meminimalisir APD yang digunakan.
    Namun saat pasien tersebut lolos dalam screening hingga dilakukan tindakan medis, saudara dapat memakai APD minimal seperti masker, kacamata google, skoret dan handscone.

    Semoga membantu
    Terima kasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: