Sistem immune sesudah sembuh dari Covid-19



  • Selamat pagi...

    Apakah benar jika seseorang sembuh dari penyakit Covid-19, dan orang tersebut tidak akan terkena penyakit Covid-19 lagi di kemudian hari? kalau pun memang benar, apakah ini seperti kasus ketika seseorang yang pernah mengalami penyakit Cacar sekali dalam seumur hidup.

    Terima kasih.


  • Relawan

    Halo @tifando

    Hal tersebut masih dalam proses penelitian apakah tubuh akan kebla secara parsial atau permanen ya.

    Jika penelitian usai pasti akan diupdate dan didesiminasikan ke publik

    Harap berhati hati dengan beredarnya kabar hoax mengenai covid-19 ini.

    Sekarang dimulai dari Anda untuk #dirumahaja dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat atau dalam waktu lebih 1 minggu dan tak kunjung membaik silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam... 🙂

    Eswahos



  • @tifando pagi. Perkenalkan saya relawan andre ingin membantu menjawab pertanyaan saudara. Jadi untuk covid 19 sendiri merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus jenis baru. Semua penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus apabila masuk ke dalam tubuh manusia akan dihadapi oleh sel sel imun tubuh. Sel imun tubuh manusia sendiri memiliki sistematika mengingat musuh (virus) sehingga ketika pertama kali terpajan dan virus tersebut pada infeksi pertama mampu dikalahkan maka sistem imun tubuh kita dianggap menang dan akan mengenali titik lemah dari virus tersebut. Sehingga ketika ada infeksi dari virus jenis yang sama (tidak bermutasi) maka akan lebih mudah bagi sistem imun manusia untuk mengalahkan. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh kualitas jmun manusia. Apabila kondisi imun sedang drop maka tidak memungkinkan juga virus akan mampu mengalahkan imunitas manusia. Untuk penyakit cacar air atau penyakit akibat virus varicella zooster ini sebenarnya dia ketika kalah oleh imun tetap bertahan di tubuh manusia hanya saja virusnya tidur atau dorman. Jika imun melemah virus ini akan bangkit lagi menyebabkan penyakit herpes zooster dan tidak berupa cacar lagi. Namun jika imun penderita kuat kemungkinan virus ini tidak akan bangkit lagi. Tetap ikuti perkembangan terbaru tentang covid 19. Apabila ada penelitian terbaru akan segera kami update. Demikian informasi dari saya. Terimakasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: