Karantina wilayah



  • Saya dari malassar mau kembali ke surabaya hari minggu melalui pesawat udara.Sesampainya di surabaya apakah saya harus dikarantina?


  • Relawan

    Halo @zet-logen

    mungkin yang Anda maksud Makassar?

    Iya, setiap yang datang dari luar kota diwajibkan melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari.



  • Selamat siang @zet-logen, saya mencoba menambahkan jawaban dari relawan Eswahos.
    Selama diperjalanan anda tidak tau terpapar virus atau tidak, sehingga nanti sesampai di Surabaya tetap karantina mandiri, melapor ke RT/ RW setempat untuk kedatangan dari luar kota.
    Dirumah dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, berjemur 15-30 menit, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika mengalami demam (suhu > 38), batuk, pilek, sesak napas, silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.
    Dan anda bisa melakukan self assesment yang merupakan alat sederhana yang bisa membantu menentukan apakah Anda sehat-sehat saja atau ada gejala yang memerlukan penilaian, pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut untuk COVID-19.
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/
    Terimakasih


  • Relawan

    Hai, Terimakasih atas pertanyaannya. Ya, harus dilakukan karantina/isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Bila dalam 14 hari tersebut terdapat gejala-gejala seperti Covid-19 maka laporkan pada fasyankes setempat. Terimakasih semoga membantu



  • Saya mau bertanya, apakah olahraga voli yg dilakukan oleh lebih dari 15 orang termasuk aman? permainan voli diikuti oleh warga desa setempat dan beberapa pendatang dari desa lain. dari mereka ada yang berprofesi sebagai dagang sayur keliling. apakah kegiatan tersebut termasuk aman mengingat mereka memegang bola voli secara bergantian dalam keadaan berkeringat. terimakasih



  • Dear @gfamilida

    Mohon ijin menjawab
    Terimakasih atas pertanyaannya
    Bermain bola volly adalah salah satu olahraga yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Namun dalam situasi pandemik seperti ini, kami sarankan untuk tidak berolahraga yang sifatnya berkelompok karena bisa jadi hal tersebut mengundang orang banyak dan tidak menerapkan physical distancing. Karena ditakutkan hal tersebut akan meningkatkan risiko penularan COVID-19. Apabila saudara dan tetangga saudara ingin berolahraga, hal tersebut dalam dilakukan secara mandiri di rumah seperti yoga, zumba atau peregangan otot biasanya. Saudara juga bisa lihat melalui CD/youtube.

    Semoga membantu
    Terimakasih



  • @relawan-asharini Terimakasih atas jawabannya, kepada siapa saya harus melaporkan / pengaduan supaya kegiatan voli bisa diberhentikan? karena pemuda2 desa setempat masih melakukan kegiatan voli setiap sore, bahkan diikuti oleh RT dan sudah diketahui oleh RW nya, tapi tidak ada tindakan.
    terimakasih



  • Dear @gfamilida

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Apabila kegiatan tersebut sudah dikehatahui pihak RT/RW namun tetap tidak ada tindak lanjut, saudara bisa melapor ke pihak yang berwenang seperti polisi/satpol PP. Tentunya saudara tidak perlu takut karena identitas saudara akan dirahasiakan demi kepentingan bersama.
    Kami akan sangat berterimakasih bila ada warga yang mau bergotong royong demi membasmi COVID-19 ini dan menjaga kesehatan bersama.

    Semoga kita semua dijauhkan dari COVID-19
    Semoga membantu
    Terima kasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: