tanya gejala



  • sejak beberapa hari yang lalu saya ngerasa gatal pada tenggorokan tapi kadang hilang sendiri terus gatal lagi, nggak batuk juga nggak demam, terakhir cek suhu pas tgl 1 itu 36,5°C. saya juga seorang odp sejak tgl 1 karena baru datang dari pwt, apakah perlu d lakukan pemeriksaan lebih jauh?



  • Dear @yunni

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Mohon ijin menjawab

    Jadi memang gangguan saluran pernapasan merupakah gejala awal dari COVID-19 apalagi saudara adalah seorang ODP.
    Namun saudara tidak perlu panik terlebih dahulu atau waswas.
    Gelaja dari COVID-19 adalah demam >38 derajat, batuk pilek, sesak yang tak tertahankan
    Apabila saudara mengalami gejala tersebut, saudara dapat memeriksakan diri ke faskes terdekat seperti klinik/puskesmas.
    Saudara juga bisa melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Untuk sementara ini sebaiknya saudara #dirumahsaja dan tetap mengisolasi diri 14 hari. Sering-sering untuk minum air hangat, jangan minum es atau makan gorengan dan berjemur saat pagi pukul 08.00-10.00 selama 15-30 menit. Hindari keluarga yang lain karena imun saudara sedang turun. Tetap terapkan sering cuci tangan, etika batuk dan selalu memakai masker dan tingkatkan gizi dan imun tubuh sebab virus ini dapat mati apabila imun kita kuat dan tidak menimbulkan gejala selama 14 hari.

    Semoga membantu
    Semoga saudara cepat sembuh
    Terimakasih



  • Halo Kak @yunni
    Saya izin membantu menjawab ya.
    Sampai hari ini status purwokerto sudah menjadi zona merah karena sudah banyak orang dengan status positif covid-19 disana. Jangan lupa untuk tetap melakukan isolasi diri selama 14 hari ya. Juga jangan sering lakukan kontak fisik terlebih dahulu dengan orang rumah. Tetap jaga asupan makan yang baik dan istirahat cukup. Salah satu faktor timbul gejala bisa jadi karena kakak sehabis melakukan perjalanan yang menimbulkan efek kelelahan atau tidak fit sehingga muncul gejala demikian. Apabila gejala yang kakak rasakan sejak tanggal 1 April kemarin dirasa tidak membaik atau semakin memberat. Kakak bisa langsung periksa ke layanan kesehatan terdekat atau kakak bisa deteksi dini keadaan kakak di http://chekupcovid19.jatimprov.go.id/ dan kakak akan diberi rekomendasi untuk apa yang harus kakak lakukan selanjutnya. Semoga lekas pulih kak. Salam sehat!🌹



  • Mw bertanya...

    Jika qt tdk demam dan hanya semalam saja merasa sakit tenggorokan...tp pagi gari nya badan terasa lemas apakah itu ada indikasi terpapar covid-19 ?? Mohon bantuan nya


  • Relawan

    Dear @ranti
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab

    Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus. Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isolasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan physical distancing.

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: