Cara melaporkan orang yang dicurigai kena COVID 19 bagaimana ya?



  • Karena ada tetangga yang batuk parah tapi sampai sekarang orangnya masih berjualan


  • Relawan

    Dear @Fxmhw
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab

    Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus. Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Sebelumnya apakah tetangga anda juga memiliki tanda gejala seperti diatas?
    Apabila tetangga anda baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan tetangga anda untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi lebih lanjut.

    Saudara dapat membantu memberikan anjuran kepada tetangga anda untuk #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isolasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan physical distancing.

    Untuk sementara Tes COVID-19 / Rapid Test difokuskan ke Pasien, Petugas Kesehatan dan yang memiliki gejala yang lebih terlihat. Informasi pemeriksaan lebih utama di Rumah Sakit rujukan yang telah ditunjuk pusat disetiap Kabupaten/Kota.
    Informasi dan Self Assessment dapat diakses di infocovid19.jatimprov.go.id
    Jika ingin melaporkan hal tersebut bisa ke RT/RW setempat.

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu



  • Terima kasih atas informasinya
    Informasi anda sama seperti yang saya dapatkan
    Cuman ini tetangga agak bandel.. batuk seperti orang tbc.. dan masih buka toko.. kebetulan toko beliau berjarak 2 stand dr toko ortu saya 😞


  • Relawan

    Sama-sama @Fxmhw
    Saya menyarankan anda untuk mencoba memberikan pengertian kembali tentang pencegahan Covid-19 kepada tetangga anda dengan istirahat dan dirumah saja untuk melakukan physical-distancing guna memutus rantai penularan virus sesuai arahan dari pemerintah. Kalaupun masih tetap begitu, mungkin bisa melaporkan pada aparat setempat atau tokoh masyarakat yang berpengaruh

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu



  • Terima kasih infonya


  • Relawan

    Sama-sama @Fxmhw
    Senang bisa membantu. Jika ada pertanyaan,silahkan ditanyakan kembali.
    Jangan lupa untuk turut membantu sebarkan adanya forum ini, supaya semakin banyak orang yang dapat terbantu.


Log in to reply
 



Pengguna Online: