Kapan harus periksa?



  • Tempat periksa covid kan rawan penyebaran.

    Jd kapan kita harus putuskan, gejala batuk pilek panas itu, periksa atau isolasi sendiri saja dirumah?


  • Relawan

    Dear @AD
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab

    Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam (diatas 37,5), dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus. Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika tidak perlu), isolasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan physical distancing.

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu


  • Relawan

    Izin bantu menjawab @AD jika lau masih dinyatakan sebagai ODP dengan tanda Demam (>38 derajat celcius) atau Gangguan Sistem pernafasaan batuk, pilek dan sesak nafas dan berpergian dan berkerja ke daerah dengan transmisi virus tinggi atau kontak dengan seseorang dengan status probabale atau confirm Covid-19 maka hal yang dilakukan adalah melakukan isolasi diri dan dimohon untuk menghubungi fasyankes terdekat dan jika seseorang dengan status PDP yaitu :
    Seseorang yang mengalami demam (≥38oC) atau riwayat demam, DAN batuk atau pilek atau sakit tenggorok DAN sesak napas (pneumonia ringan hingga berat)
    DAN
    tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan
    DAN
    pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala, memenuhi salah satu kriteria berikut:
    Memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di luar negeri yang melaporkan transmisi lokal
    Memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di area transmisi lokal di Indonesia

    Seseorang yang mengalami demam (≥38oC) atau riwayat demam; ATAU gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk/sesak.
    DAN
    tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.
    DAN
    pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala, memiliki kontak langsung dengan pasien PDP lain atau terkonfirmasi COVID-19

    Jika ada tanda tersebut silahkan melakuakn pemeriksaan ke Fasyankes terdekat atau silahkan hubungi Rumah sakit rujukan Covid-19

    Jikalau menginginkan deteksi terkait covid-19 http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    dan info lengkap https://infocovid19.jatimprov.go.id/


Log in to reply
 



Pengguna Online: