Makanan



  • Apa virus Covid-19 bisa menyebar lewat makanan yang dijual?



  • Dear @Ubed
    Baik, terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab
    Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus corona jenis baru. Virus ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui droplet secara langsung maupun tidak langsung.
    Secara langsung, virus ini dapat menyebar melalui droplet orang yang terinfeksi yang mengenai hidung, mulut maupun mata orang yang belum terinfeksi sehingga virus dapat masuk ke dalam tubuh orang tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kontak dengan droplet dapat dilakukan dengan menjaga jarak lebih dari 1 meter dengan orang lain.
    Secara tidak langsung, virus ini menyebar melalui permukaan benda yang terkena percikan droplet orang yang terinfeksi sehingga upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini dengan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik.
    Dari beberapa sumber seperti FDA dan CDC menunjukkan bahwa sampai saat ini belum ada bukti/penelitian yang menunjukkan bahwa virus ini dapat menyebar melalui makanan. Secara umum virus ini memiliki risiko rendah menyebar melalui makanan atau bungkus makanan.
    Jika anda merasa khawatir akan kontaminasi pada makanan maupun bungkus makanan, anda dapat mencuci tangan anda setelah memegang kemasan makanan, setelah mengeluarkan makanan dari kemasan, sebelum anda menyiapkan makanan dan sebelum anda makan.
    Stay at home, biasakan mencuci tangan dengan sabun, terapkan etika batuk, hindari kerumunan, dan terapkan physical distancing.
    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu

    Referensi
    https://www.who.int/news-room/commentaries/detail/modes-of-transmission-of-virus-causing-covid-19-implications-for-ipc-precaution-recommendations
    https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/faq.html
    https://www.fda.gov/emergency-preparedness-and-response/coronavirus-disease-2019-covid-19/coronavirus-disease-2019-covid-19-frequently-asked-questions



  • Terima kasih. Apakah sama halnya dengan minuman?


  • Relawan

    Izin bantu menjawab @Ubed untuk di dalam minuman tidak dapat di pastikan virus dapat hidup didalam minuman akan tetapi virus ini dapat menempel pada permukaan gelas ataupun benda-benda yang digunakan untuk minum dan virus ini penularannya melalui droplet yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa droplet merupakan penularan melalui cairan, lendir atau mukus yang keluar dari mulut, hidung, tenggorakan dan lainya yang secara tidak langsung bukan pada minuman tapi pada benda yang digunakan untuk minum, adapun waktu hidup virus pada permukaan benda yaitu

    Di udara = 2-3 jam
    Plastik = 72 jam
    Stainless steel = 72 jam

    Terima kasih



  • Terima kasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: