Setelah bepergian dari luar kota



  • Selamat pagi, saya mau nanya nih, ortu saya baru saja pulang dari kota bogor? Apakah yang harus dilakukan? Isolasi mandiri selama 14 hari atau screening ke RS rujukan?


  • Relawan

    Dear @ariegia94
    Selamat pagi
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab

    Dapat melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.harus menjaga jarak dengan keluarga saat berkomunikasi. Bahkan harus memiliki kamar/ruangan khusus terpisah dari anggota keluarga lain.
    Dan menerapkan PHBS, termasuk makan makanan bergizi, menerapkan etika batuk dan bersin yang benar, rajin mencuci tangan dengan sabun.

    Untuk mengetahui kondisi dapat mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/
    Bila ada keluhan demam, dan sesak napas, maka segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit rujukan setempat. Pastikan menggunakan masker selama perjalanan.

    Informasi lebih lanjut dapat diakses di infocovid19.jatimprov.go.id

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu


  • Relawan

    Selamat Pagi, Sahabat Sehat @ariegia94

    Izin menambahkan penjelasan Kak @Relawan-Novanda

    Benar sekali, yang harus Orang tua Anda lakukan adalah isolasi mandiri disarankan selama 14 hari, sesuai dengan masa inkubasi virus Covid-19. Pihak anggota keluarga yang lain perlu melaporkan kedatangan Orang Tua Anda ke pihak yang berwenang seperti ketua RT/RW/Lurah bahkan Puskesmas. Pelaporan ini mengikuti kebijakan yang berlaku di mana tempat Anda tinggal saat ini.

    Perlu diingat bahwa setiap kali hendak melakukan perjalanan dan setelah tiba di rumah, pastikan telah melakukan protokol keluar rumah dan protokol masuk rumah yang benar sesuai dengan yang direomendasikan oleh Kementerian RI, merujuk dari WHO (organisasi kesehatan dunia).

    Pastikan bahwa selama menjalankan isolasi secara mandiri di rumah, Orang Tua Anda melakukan prinsip-prinsip pencegahan penularan Covid-19, seperti :

    1. Respiratory Hygiene (Menerapkan Etika batuk dan bersin yang benar. Disarankan menggunakan masker meskipun di dalam rumah)
    2. Hand hygiene (Rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir)
    3. Physical Distancing (Menjaga jarak dengan anggota keluarga/orang di sekitar saat berkomunikasi dan aktivitas lainnya, jarak yang dianjurkan yaitu 1-2 meter)
    4. PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang bertujuan agar sistem kekebalan tubuh berada dalam kondisi yang optimal baik selama masa isolasi maupun setelahnya

    Apabila selama 14 hari masa isolasi masdiri, Orang Tua Anda didaptkan gejala yang mengarah ke Covid-19, maka anggota keluarga yang lain wajib melaporkan ke pihak Puskesmas atau Faskes terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    Sekian, semoga membantu. Silahkan tanyakan kembali untuk mendapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap. Rekan relawan yang lain yang akan menambahkan.

    Kak @ariegia94 juga bisa melakukan skrining online pada link yang telah disebutkan.

    Untuk informasi lainnya mengenai Covid-19, bisa kunjungi Kami pada portal resmi :

    www.covid19.go.id
    www.covid19.kemkes.go.id
    www.infocovid19.jatimprov.go.id
    www.forumcovid19.jatimprov.go.id
    www.checkupcovid19.jatimprov.go.id
    https://lawancovid-19.surabaya.go.id/
    Cek akun instagram
    @whoindonesia
    @kemenkes_ri
    @jatimpemprov
    @jatimtanggap

    Update COVID-19 via WhatsApp http://infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19

    Semoga keluarga Anda diberikan kesehatan.

    Salam Sehat 🙂


Log in to reply
 



Pengguna Online: