Tentang Paket Barang dari zona merah



  • Mau bertanya apakah ada kemungkinan menular dari paket barang yang datang dari zona merah? Terimakasih 😊


  • Relawan

    Dear @lintangdah
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab

    WHO menyatakan COVID-19 hanya menular lewat tetesan cairan batuk dan bersin (droplets) yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Kemungkinan bisa menular jika paket barang tersebut sudah terkena droplets dari orang yang terinfeksi covid19 dan anda tidak melakukan cara penerimaan paket dengan baik.

    Maka dari itu anda bisa lebih waspada,

    1. Lakukan serah terima barang dengan minim kontak (contactless delivery)
      Cara sederhananya untuk menerima barang dengan minim kontak bisa dengan meminta tolong kepada kurir atau jasa pengantaran agar meletakkan barang atau paket Anda tepat di depan pintu rumah. Selain itu paket juga bisa diletakkan atau digantung di atas pagar rumah, atau diletakkan di atas motor yang berada di beranda rumah. Setelah bungkus paket dibuka dan isinya diambil, sebaiknya paket langsung dibuang ke tempat sampah. Usahakan tempat sampahnya diletakkan di luar rumah.
      2.Kurangi transaksi dengan uang fisik
      Anda bisa bertransaksi dengan pembayaran online seperti transfer melalui mobile banking, kartu kredit, atau e-money karena uang fisik pasti telah dipegang oleh banyak orang yang tidak dapat dipastikan kebersihannya.
      3.Setelah memegang paket, hindari memegang wajah Saat paket datang memang sudah seharusnya untuk dibersihkan dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara menyeluruh. Setelah itu pastikan Anda tidak memegang area wajah dan mata sebelum Anda mencuci tangan.
      4.Mencuci tangan Dengan mencuci tangan mengikuti rekomendasi WHO hal itu sudah cukup melindungi diri dari virus yang mungkin ada atau menempel pada paket.

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu


  • Relawan

    Selamat Siang, Sahabat Sehat @lintangdah

    Terima kasih atas pertanyaannya. Izinkan saya menjawab.

    Paket yang berasal dari zona merah tidak serta secara langsung menularkan virus Covid-19 kepada si penerima paket. Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan oleh Kak @Relawan Novanda

    Semoga Anda terhindar dari paparan Covid-19.

    Ingat #dirumahaja , sayangi orang-orag di sekitar Anda.

    Sebarkan informasi yang akurat agar semakin banyak masyarakat yang teredukasi. Kabar baik, kini tersedia Chatbot yang bisa diakses melalui WhatsApp di http://infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19

    Tetap sehat dan tetap semangat ya meski #dirumahaja

    Salam Sehat :)



  • Terimakasih atas jawabannya 😉


  • Relawan

    Sama-sama @lintangdah
    Senang bisa membantu. Jika ada pertanyaan,silahkan ditanyakan kembali.
    Jangan lupa untuk turut membantu sebarkan adanya forum ini, supaya semakin banyak orang yang dapat terbantu.


Log in to reply
 



Pengguna Online: