Madu Pencegah Covid?



  • Malam Semuanya, saya izin bertanya apa benar madu dapat mencegah covid-19??? Terimakasih



  • Dear @Andhika-Rifqi-F
    Selamat malam, untuk saat ini belum ada penelitian secara resmi bahan2 khusus untuk mencegah virus covid19. Tetapi madu memiliki sifat senyawa alami yaitu imunomodulator (meningkatkan daya tahan tubuh) dengan imunitas yang kuat dan pencegahan diri yang maksimal seperti tetap dirumah, cuci tangan 6langkah, olahraga tiap 30menit/perhari, makan-makanan bergizi, maka inshaallah akan terhindar dari virus.
    Jadi madu bukan pencegah tetapi meningkatkan imunitas 🙂 #tingkatkanimunitas #dirumahsaja
    Terima kasih



  • Halo @Andhika-Rifqi-F

    Saat ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah covid-19.
    Madu memiliki zat flavonoid dapat berfungsi sebagai immunodulator yang mampu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kata lain, madu hanya dapat memperkuat sistem pertahanan tubuh kamu.

    Salam 🙂



  • Hallo, @Andhika-Rifqi-F
    Perkenalkan saya Icha Nur Imami Puspita mahasiswi dari Universitas Airlangga, relawan yang akan menjawab pertanyaan anda. Sebelumnya terima kasih atas pertanyaan yang sudah disampaikan.
    Jadi begini, perihal madu yang dapat mencegah covid-19 saya rasa ada miss persepsi disini. Madu bukan sebagai pencegah covid-19 akan tetapi digunakan untuk menaikkan imun tubuh. Madu memiliki zat flavonoid, zat tersebut merupakan senyawa yang didalamnya terkandung antioksidan. Senyawa antioksidan ini dipercaya sebagai immunomodulator karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, luka dan melawan radikal bebas.
    Jadi, sekali lagi madu itu bukan pencegah covid-19 ya.
    Semoga membantu 🙏🏻


  • Relawan

    Halo kak @Andhika-Rifqi-F

    Salam kenal, pencegahan terhadap covid-19 dapat dilakukan dengan mengurangi interaksi fisik dan menjaga imunitas tubuh. Dalam menjaga imunitas tubuh, beberapa hal yang dapat dilakukan seperti program GERMAS pemerintah (olahraga secara rutin, pola makan baik, cek tekanan darah rutin, tidak merokok, dll). Dalam hal ini, menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan dengan pola makan yang baik dan mengonsumsi sumber makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, diantaranya madu, jahe, telur. Namun yang perlu dipahami, tindakan pencegahan haruslah komprehensif, dalam artian, pola makan yang baik harus dibarengi dengan olahraga yang rutin, menjaga kebersihan lingkungan/tempat tinggal, dan membatasi interaksi fisik dengan sekitar. Semoga membantu

    Tabik


  • Relawan

    Halo @Andhika-Rifqi-F

    Belum ada penelitian lebih lanjut apakah madu dapat mencegah Covid 19

    Tetapi Menurut dr. Ardiansyah Direktur LK2PK Madu memiliki campuran senyawa fruktosa (38.5 persen) dan glukosa (31 persen). Selain itu, hasil produsen lebah ini juga memiliki kandungan karbohidrat seperti sukrosa, maltrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Madu juga mengandung anti-oksidan dari senyawa chrysin, pinobaksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Semua kandungan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan menjaga sistem imun.

    Untuk mencegah covid 19 juga bisa dilihat pedoman who indonesia di instagramnya
    https://www.instagram.com/p/B7j-D38H4DH/?igshid=1uy07izhh5nql

    Semoga membantu

    Dara Safira Mellyana A.P
    Mahasiswa Keperawatan


Log in to reply
 



Pengguna Online: