Ada masyarakat masih kumpul



  • Itu bagaimana ya? Sedih rasanya klo orang2 tdk mengindahkan social distancing.


  • Relawan

    Izin bantu menjawab @Dina1299 Sebenarnya tidak boleh tidak boleh berkumpul di karenakan mempercepat penyebaran dari virus ini dapat menyebar melalui droplet yaitu Cairan maupun lendir dari mulut maupun dari hidung ketika bersin dan batuk dan virus ini dapat menempel pada benda mati dan dapat bertahan sampai 2 hari di mohon untuk melaporkan ke pihak berwajib untuk di lakukan tindakan

    Terima kasih


  • Relawan

    Dear @Dina1299
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya menambahkan penjelasan kak @Relawan-sholah

    Saya menyarankan anda untuk mencoba memberikan pengertian kembali tentang pencegahan Covid-19 kepada tetangga anda dengan istirahat dan dirumah saja untuk melakukan physical-distancing guna memutus rantai penularan virus sesuai arahan dari pemerintah. Kalaupun masih tetap begitu, mungkin bisa melaporkan pada aparat setempat atau tokoh masyarakat yang berpengaruh. Jika terpaksa/ada hal yang harus dilakukan diluar rumah pastikan untuk selalu menjaga jarak 1 meter, menggunakan masker,serta rajin mencuci tangan.

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu



  • gimana dan kemana ya cara melaporkan bila di dilingkungan kita masih ada aja kumpul2 nggame padahal dari aparat sudah melakukan tindaksn peringatan sebelum2nya..



  • Dear @relawan-mafcell

    Mohon ijin menjawab
    Terimakasih atas pertanyaannya

    Apabila dilingkungan saudara masih banyak masyarakat yang berkumpul dan melakukan kegiatan bersamasama, kami sarankan saudara untuk melapor ke Pak RT/RW setempat. Bila tidak ada respon, saudara dapat ke kantor polisi/satpol PP. Saudara tidak perlu khawatir, identitas saudara akan terjaga demi kebaikan bersama.

    Semoga membantu
    Terima kasih



  • Di warung kuning Karangasem dan warung sekitarnya situ juga masih banyak yg ngumpul2 .tolong di bubarkan dan diawasi .


  • Relawan

    Selamat Sore, Salam Sehat Indonesia!
    Dear @Liyanto
    Terima kasih atas informasi yang anda berikan. mengenai tindakan pembubaran akan dilakukan oleh pihak terkait (RT/RW, polisi, TNI, Pemerintah daerah, dll). mohon untuk mengajukan keluhan kepada ketua RT terlebih dahulu agar bisa segera diarahkan untuk tindakan pembubaran wilayah dengan tingkat titik kumpul tinggi di masyarakat.
    selengkapnya cek di
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam



  • @relawan-asharini trimakasih masukannya..kita bisa putus mata rantai sebaran virus covid ini..



  • @relawan-mafcell terimakasih kembali. InsyaAllah siap :)



  • Kemarin sdh ada yg kesana entah dr pemkot atau bgmn hari ini malah terdengar suara seperti hajatan dr kampung itu. Dr kemarin sdh jd titik kumpul terus menerus dan krn tinggal dkat kampung itu jd agak was2


  • Relawan

    Halo @wisnu terima kasih atas pertanyaan Anda

    Saya izin untuk bantu menjawab.

    Kami sarankan anda untuk melapor ke RT/RW/keamanan desa setempat ya

    Sekarang dimulai dari Anda untuk tetap #dirumahaja dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id



  • Gimana ya kalau di perkantoran masih saja ada meeting. Meeting dengan org2 yg dr zona merah lintas kota gitu. Tidak menerapkan wfh, tidak ada pengurangan jam kerja, dan masih meeting terkadang. Tanggal merah beberapa masih disuruh lembur demi target.


  • Relawan

    Halo @user123 terima kasih atas pertanyaan Anda

    Saya izin untuk bantu menjawab.

    Anda bisa menerapkan beberapa upaya seperti physical distancing, gunakan masker, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id


  • Relawan

    @user123 Terimakasih atas pertanyaan anda.
    Mohon izin bantu jawab.. Apakah kantor anda berada di Ibu Kota?

    Untuk penerapan WFH maupun physical distancing di perkantoran, mungkin anda bisa memberikan saran kepada pihak manajemen perusahaan atau dapat berdiskusi terkait penerapannya dengan Dept HC atau HSE agar dapat meninjau kembali kebijakan bagi para pekerjanya. Mengingat himbauan dari pemerintah agar melakukan social distancing tersebut.

    Apa masih hal lain yang bisa saya bantu?



  • Tapi bagaimana kalau ketua RT tiap minggu mengadakan kerja bakti dgn warganya seperti bangun pos? Pdhl pemerintah menyarankan sosial distancing. Warga pun mau menolak juga sungkan krn atas arahan ketua RT. Bagaimana kita menyikapi hal tsb?


Log in to reply
 



Pengguna Online: