#dirumahaja bagi mereka yang tidak punya rumah



  • assalamualaikum, izin bertanya terkait himbauan untuk #dirumahaja, apakah para tunawisma yang (mohon maaf) tidak punya rumah, apakah ada penanganan khusus untuk mereka yang dari dulu memang membutuhkan tempat bernaung atau rumah tapi tidak bisa

    saya selalu kepikiran tentang netizen yang selalu ngotot menyuruh dirumah saja sedangkan mereka (para tunawisma) saja tidak memiliki rumah, apakah pemerintah atau masyarakat ada yang sampai memikirkan mereka??


  • Relawan

    Selamat Pagi, Sahabat Sehat @anonim

    Wa'alaikumsalam Wr. Wb.,

    Terima kasih atas pertanyaan yang Anda berikan. Izinkan saya menanggapi sebagai pendahuluan.

    Pandemi Covid-19 terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Para tuna wisma yang Anda maksud pun tentu ada di setiap negara. Terlebih di Jawa Timur sebagai Provinsi dengan padat penduduk. Mengenai slogan #dirumahaja tentu disesuaikan dengan urgensi dan kondisi individu tersebut. #dirumahaja memiliki arti yang implisit dan luas. #dirumahaja merupakan salah satu cara dari berbagai banyak cara yang kita lakukan guna meminimalisir faktor risiko penularan virus Corona. Selain #dirumahaja , tentu masih ada banyak cara lainnya, seperti, meskipun sedang beraktivitas di luar/lingkungan, hendaknya kita menjaga jarak dengan orang yang berada di sekitar kita. Rajin mencuci tangan. Menghindari menyentuh wajah pada area HITAM (hidung,mata dan mulut). Menerapkan etika batuk dan bersin yang benar serta himbauan Pemerintah yang terbaru yaitu menggunakan masker/penutup wajah area hidung dan mulut sebagai langkah pencegahan mandiri.

    Permasalahan dalam menangani tuna wisma yang tak memiliki tempat untuk tinggal adalah sub topik tersendiri. Tentu saja hal ini akan menjadi perhatian Pemerintah setempat. Entah itu solusi berupa mendirikan rumah singgah, dapur umum, atau bahkan kebaikan warga sebagai seorang yang dermawan sudi menyediakan tempat layak bagi para tuna wisma. Baik selama wabah ini berlangsung maupun setelahnya. Kiranya pihak-pihak yang berwenang lah yang akan meneruskan dan menjelaskan lebih lengkap perihal pertanyaan Anda. Sebab mengatasi hal ini melibatkan banyak pihak terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan sebagainya.

    Sekian, semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat.

    Salam Sehat 🙂


Log in to reply
 



Pengguna Online: