Perjalanan Luar Provinsi



  • Selamat siang. Apa bisa disini saya menanyakan perihal corona tapi yg bukan mengenai gejala.
    Saya menanyakan misalkan seseorang bertempat tinggal di malang/surabaya, jika bepergian ke Bali, nanti saat kembali ke tempat asalnya apakah harus karantina diri dan cek kesehatan dulu dan tidak boleh beraktivitas keluar ya?
    Mohon bantuan informasinya.
    Terima kasih.


  • Relawan

    Izin bantu menjawb @krismaria sebenarnya untuk saat ini ada kebijakan terkait dengan pembatasan orang yang masuk ke surabaya dengan poin Orang yang diperbolehkan masuk yaitu : a. orang yang bekerja di surabaya dengan memperlihatkan surat keterangan kerja dari tempat bekerja dan b. orang dengan keperluan medis dengan menunjukan surat rujukan medis dari rumah sakit setempat, dan jikalau hendak melakukan perjalanan di mohon untuk mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan dan jika sakit di mohon untuk menahan perjalanan di karenakan sistem imun yang berkurang akan mempercepat paparan terhadap Covid-19 dan jika sampai di tempat di wajibkan untuk segera membuang masker, melakukan desinfektan, mencuci semua pakaian dan mandi untuk mencegah penularan virus yang disebabkan karena menempel pada baju

    Info lengkap cek https://infocovid19.jatimprov.go.id/

    Terimakasih



  • Dear @krismaria

    Mohon ijin menjawab
    Terima kasih atas pertanyaannya
    Saat ini pemerintah menghimbau kepada seluruh warga Indonesia untuk tetap #dirumahsaja kecuali ada hal yang mendesak.
    Hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko penularan COVID-19.

    Melihat dari persebaran COVID-29, bali, malang dan surabaya merupakan redzone dimana beberapa daerah termasuk 3 tempat tersebut sudah menggalakkan pembatasan kendaraan untuk masuk kecuali urusan medis, militer, kebutuhan pokok, dll.

    Apabila saudara melakukan transmisi antar kota, untuk saat ini kami tidak menganjurkan karena bisa jadi saudara sebagai carier/pembawa atau bisa menjadi yang tertular. Dan apabila saudara melakukan transmisi ke beda kota, saudara harus melakukan karantina/isolasi diri dulu selama 14 hari sebelum kontak dengan orang lain. Sebab saat ini COVID-19 ini dapat menyerang tubuh manusia tanpa ditandai dengan gejala.

    Semoga bisa membantu
    Terima kasih



  • Dear @krismaria

    Terima kasih atas pertanyaannya.
    Saya mencoba menambahkan.

    Malang, Surabaya, dan Bali termasuk wilayah zona merah. Alangkahbaiknya, dilakukan isolasi diri mandiri selama 14 hari setelah melakukan perjalanan. Kemudian dapat dilanjutkan melapor ke RT setempat dan Yankes terdekat. Terakhir, jaga terus asupan makan tinggi vitamin dan protein (ikan) serta olahraga rutin

    Terima kasih
    Semoga membantu



  • Dewr All yang saya hormati,

    Terima kasih banyak sudah bersedia membantu saya untuk menjawab. Menindaklanjuti jawaban dari anda, bisakah saya mohon bantuannya.
    Masalahnya begini :

    Saya bekerja di perusahaan swasta, kebetulan ada rekan saya yg mendapat perintah dari pimpinan untuk dinas ke Bali selama beberapa hari. Dan rekan ini kesulitan untuk menolak perintah pimpinan mengingat Bali termasuk zona merah.
    Apakah saya bisa mohon dibantu mungkin jika ada surat edaran resmi dari pemerintah baik pusat ataupun pemda yg mengatur tentang perjalanan dinas luar kota/provinsi.
    Karena kami para karyawan yg tidak ikut ke Bali pasti juga takut adanya penularan saat kedua rekan kami kembali ke kantor setelah dari tugas di Bali.
    Mungkin jika ada surat edaran resmi tersebut bisa membantu kami sebagai bukti kepada pimpinan bahwa ada aturan yang resmi mengenai dinas keluar daerah.

    Sekali lagi terima kasih banyak atas bantuannya.



  • @Relawan-sholah
    Terima kasih banyak ya kak...



  • @relawan-asharini

    Terima kasih banyak ya kak



  • @Relawan-Vega
    Terima kasih banyak ya kak...



  • @krismaria samasama. Semoga membantu :)



  • Dear @krismaria
    Ijin menambahkan @Relawan-sholah @relawan-asharini @Relawan-Vega

    Untuk perjalanan ke Bali sendiri jika lewat pelabuhan sdh ada kebiajakan bahwa setiap orang yang melakukan penyebrangan ke Bali harus memiliki ktp domisi Bali. Jika tidak memiliki ktp berdomisili bali, tidak diperbolehkan melakukan penyebrangan.

    Terimakasih



  • @Relawan-Fatma
    Terima kasih banyak sudah mau membantu menjawab pertanyaan saya... 🙏



  • Mohon infonya. Sy warga dgn KTP Blitar tp sdh 2th bekerja d sby. Apabila sy dan suami dr luar prov (makassar) ingin k sby dalam wktu dekat ini apakah bisa mengingat suami tidak bekerja d sby dan sy yidak memioiki KTP sby



  • Dear @wsdrini

    Mohon ijin menjawab
    Terimakasih atas pertanyaannya

    Saat ini Surabaya sudah menetapkan pembatasan dalam kendaraan dan pendatang di kota Surabaya.
    Untuk saat ini kami sarankan saudara untuk sementara waktu tetap di makassar sampai pemerintah memberikan pengumuman aman dalam mobilisasi antar kota. Sebab apabila saudara dari luar kota, saudara bisa dikatakam sebagai ODR (Orang dengan risiko) dan apabila dalam 14 hari setelah karantina diri didaerah yang dituju, dan saudara mengalami gejala, saudara akan dinyatakan sebagai ODP (Orang dengan pemantauan). Hal tersebut sangat berisiko sebagai carier/pembawa virus atau saudara bisa sebagai yang ditularkan virus dari perjalanan saudara menuju surabaya.

    Semoga membantu
    Terima kasih



  • Apakah memang ada pengecekan KTP dr luar kota ya? Kalau iya dilakukan dimana?



  • @wsdrini Selamat pagi,

    Jika anda telah berpergian ke luar kota, anda bisa melakukan pelaporan / pendataan ke pihak RT/RW/Desa.

    Tetap jaga kesehatan, terapkan pola hidup sehat dan bersih, etika batuk, physical distancing.

    Terima kasih dan Salam Sehat.


Log in to reply
 



Pengguna Online: