Tanya dok



  • Saya mau bertanya. Kebetulan kemarin saya baru pertama kali ke tempat umum sejak digalakannya untuk #dirumahsaja. Kebetulan saya pergi ke suatu bank di dekat rumah saya setelah jam istirahat selesai dan memang sedang banyak antrean. Hari itu Badan saya memang terasa fit. Tetapi kurang lebih 5 menit didalam saya merasakan tenggorokan saya tiba tiba kering dan terasa sedikit serak dan sakit hingga beberapa jam setelahnya. Dan memang 1 bulan belakangan ini saya merasakan nafas saya lebih pendek. Apakah keadaan diatas bisa dikagorikan gejala covid-19? Dan kalau memang termasuk gejala langkah apa yg harus saya ambil? Terimakasih.



  • Dear Rizkywhytr!

    selamat malam, mohon izin menjawab
    seperti yang kita ketahui bahwa pandemi coronavirus di Indonesia sudah sejak 2 maret 2020 yang sampai tanggal 25 Maret 2020, telah terkonfirmasi 790 kasus positif COVID-19.
    untuk penyebaran sendiri dapat menular melalui droplet atau air liur dari penderita yang positif COVID-19.
    Dari gejala yang saudara rasakan, belum dapat dipastikan apakah saudara positif covid-19 atau tidak. Tetapi yang jelas, apabila seseorang pergi ke tempat umum, hal ini dapat meningkatkan risiko penyebaran virus corona oleh sebab itu pemerintah menghimbau seluruh penduduknya untuk menutup seluruh fasilitas umum dan tetap #dirumahsaja untuk menekan angka penularan virus tersebut.

    Untuk gejala terjangkit corona tidak selalu 14 hari, tetapi bisa 2-14 hari. Maka dari itu kami sarahkan saudara untuk tetap #dirumahsaja dan melakukan social distance sembari memantau kondisi tubuh.
    bisa cek http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Tak lupa untuk tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi, yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan imun, memakai masker ketika batuk dan tetap menerapkan cuci tangan 6 langkah setelah keluar rumah/akan makan/menyentuh benda-benda ditempat umum.
    saudara dapat mengisolasi diri selama 14 hari dirumah dan kami sarankan tidak mencampur alat makan dengan keluarga yang lain
    kontrol kondisi tubuh. apabila saudara batuk pilek disertai sesak napas, nafsu makan menurun hingga lemas, serta demam >38 derajat, segera periksakan ke faskes terdekat bisa cek http://infocovid19.jatimprov.go.id/# dan jangan lupa menggunakan masker
    kuncinya, jangan panik dan tetap tenang
    semoga membantu dan lekas sembuh

    selamat malam



  • Dear rizkiwhytr

    mohon ijin menjawab
    ada beberapa yang perlu dikaji/introspeksi dari saudara

    1. apakah saudara sudah keluar menggunakan masker?
    2. apakah saudara sudah menerapkan social distance dengan berkomunikasi dengan orang lain dengan jarak minimal 1 meter
    3. apakah saudara seorang perokok aktif?
    4. apakah saudara memiliki riwayat penyakit pernapasan?
    5. apakah saudara berada di lingkungan yang banyak dengan polusi/asap rokok?

    apabila saudara merasa tidak melakukan hal tersebut dan memiliki beberapa riwayat yang kami sebutkan, alangkah lebih baik saudara melakukan isolasi diri dan #dirumahsaja selama 14 hari serta meningkatkan imun seperti yang dijelaskan diatas. apabila > 5 hari saudara mengalami gejala yang lebih berat segera periksakan diri ke faskes terdekat
    atau saat ini bisa melakukan screening terlebih dahulu dengan web yang sudah dijelaskan diatas.
    semoga membantu dan lekas sembuh

    selamat malam


Log in to reply
 



Pengguna Online: