Gejala



  • Awalnya hanya pilek, tapi pileknya seperti air cair, tengah malam nya badan panas sampai menggigil, mau duduk atau berdiri tidak bisa karena langsung pusing dan rasanya mau geblak, perut kembung dan mual sampai muntah berulang kali, saya minum obat penurun panas berulangkali, Sorenya merasa badannya tidak panas lagi, saya periksa suhu badan ternyata 37.9° saya minum obat lagi dan malamnya saya cek kembali sudah 36.5°. Pagi harinya,suhu badan sudah normal tapi tetap minum penurun panas, karena takut bisa tiba2 naik. Dan mulai muncul pegal2 dibadan dan lemas.

    Apakah ini termasuk covid 19? Mohon penjelasannya terima kasih🙏🏻


  • Relawan

    Dear @ester
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab

    Sebelumnya apakah mengalami sesak nafas/gangguan sistem pernafasaan dan pernah bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus?

    Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus. Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isolasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan physical distancing.

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: