Mau bertanya



  • Saya batuk sudah hampir 2 bulan ini tidak sembuh", di sertai sesak nafas dan sakit tenggorokan juga. Tetapi kalau sesak nafas memang sudah menjadi penyakit bawaan sejak bayi. Tetapi batuk saya itu yg tidak kunjung sembuh.
    Awal bulan maret kemarin saya sempat opname di RS tetapi hasil tes darah saya hanya menujukkan kalau saya mengalami positif tipes saja. Sedangkan batuk, sesak, dan sakit tenggorokan saya tidak sembuh" sampai sekarang.


  • Relawan

    Dear @ardhini
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab

    Sebelumnya apakah mengalami demam dan pernah bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus?

    Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus. Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isolasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan physical distancing.

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu


  • Relawan

    Izin bantu menjawab @ardhini Dari Keluhan yang disampaikan tidak mengarah ke infeksi yang disebabkan covid-19, Sesaknya seperti apa? apakah timbul sering pada malam ataukah di sertai demam dan nyeri dada kalau memang dari kecil sudah ada riwayat sesak dan paling sering pada malam hari bisa jadi mengarah ke Asma, tetapi mohon di konsulkan ke dokter keluarga ataupun ke fasyankes terdekat

    Terimakasih



  • Dear @ardhini

    Terima kasih atas pertanyaannya.
    Saya mencoba menambahkan @Relawan-sholah.

    Cek kembali apakah anda mengalami:

    1. Batuk berdahak?
    2. Batuk paling sering pada waktu apa?
    3. Apakah di tempat tinggal anda yang 1 atap pernah mengalamai gejala yang sama?
    4. Apakah sering mengalami keringat dingin?
    5. Apakah mengalami penurunan berat badan dan nafsu makan?
      Bila pernah mengalami hal diatas, alangkahbaiknya pergi ke Yankes terdekat yaa.
      Kenakan masker selalu dimanapun anda berada.
      Tetaplah jaga kondisi dengan tingkatan asupan vit dan protein (ikan) serta luangkan untuk olahrgaa

    Terima kasih
    Semoga membantu



  • @ardhini perkenalkan saya relawan andre. terimakasih atas pertanyaannya izinkan saya ikut membantu menjawab. Jadi untuk gejala tipes sendiri sebenarnya lebih ke keluhan terkait pencernaan mbak di antaranya ada demam, lidah pahit, nyeri perut, mual, nafsu makan menurun dan lain sebagainya. Untuk batuk dan sakit tenggorokan ini bisa terjadi karena adanya radang tenggorokan yang bisa disebabkan karena adanya bakteri atau virus (tidak mesti covid19) sehingga secara pengobatan harus diobati infeksinya menggunakan obat batuk dan antibiotik. Bisa dikonsultasikan ke dokter terdekat mbak. Untuk sesak apabila sudah riwayat sejak kecil kemungkinan mbaknya punya alergi. Sehingga ketika alergi tersebut muncul lagi bisa berdampak munculnya batuk dan sakit tenggorokan. Alangkah baik dikonsultasikan agar diperiksa lebih detail terkait keluhannya mbak. Untuk covid sendiri ditegakkan diagnosanya ketika ada demam tinggi >38 derajat, batuk, sesak nafas berat, pilek dan itu terjadi atau muncul sekitar 2-14 hari setelah mbaknya kontak dengan pasien positif covoid19. Mungkin ini jawaban dari saya semoga membantu yaa. Terimakasih🙏🙏


  • Relawan

    Halo @ardhini
    Gejala COVID-19 sampai saat ini tidak spesifik dan dapat bervariasi. Demam lebih dari
    100.4F, batuk (terutama batuk kering), atau sesak napas adalah gejala yang sering ditemui.
    Seperti infeksi virus lainnya, gejala nyeri otot atau badan pegal-pegal, ganguan makan
    (anoreksia), lemas, dan sakit kepala umum ditemui. Gejala lain seperti diare, hidung meler,
    juga dapat ditemui. Jika ada riwayatbepergian ke tempat dengan kasus COVID-19atau
    kontak dengan seseorangyang COVID-19positif atau dicurigai memiliki COVID-19, maka
    risiko menjadi lebih tinggi.

    Anda juga bisa cek di https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Semoga membantu

    Dara Safira Mellyana A.P
    Mahasiswa Keperawatan


Log in to reply
 



Pengguna Online: