CARA AGAR MASYARAKAT TIDAK MEREMEHKAN VIRUS COFID19 INI TERUTAMA MASYARAKAT YANG KURANG MENGERTI TENTANG BAHAYA VIRUS INI BGMN? BUKTINYA MASIH ADA SEBAGIAN MASYARAKAT YANG SUKA BERKUMPUL DAN KURANG MENJAGA JARAK DLL.



  • [link text]([link url](```
    link url



  • Dear @muhammad

    Mohon ijin menjawab
    Terimakasih atas pertanyaannya

    Cara agar masyarakat tidak meremehkan virus ini adalah dengan cara edukasi bisa secara online untuk membatasi pertemuan antar warga. Selain itu saudara juga bisa memberikan link ini melalui PC setiap warga yang saudara tahu agar orang tersebut mencari info tentang COVID-19 ini.
    Sampai saat ini kami masih tidak bosan-bosannya memberikan edukasi tentang COVID-19 untuk menjaga kesehatan warga Indonesia. Namun hal ini akan sangat berat bila tidak ada bantuan kerja sama dan gotong royong antar warga. Jadi kami juga menghimbau kepada warga sekaliam untuk saling menyebarkan ilmu yang diketahui walau hanya sedikit.
    link-link yang dapat diakses yaitu :
    screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Apabila saudara menemukan kerumunan warga, saudara dapat melaporkan ke pak RT/RW setempat. Namun bila tetap tidak ada tanggapan, saudara dapat melapor ke pihak yang berwajib seperti polisi atau satpol PP setempat. Identitas saudara akan aman terjaga.

    Semoga membantu
    Terima kasih


  • Relawan

    Halo @muhammad

    Tetap waspada, langkah terpenting untuk mencegah penularan penyakit adalah dengan rajin mencuci tangan 6 langkah dengan sabun dibawah air mengalir. Anda bisa cek pedoman yang diberikan who indonesia melalui instagramnya
    https://www.instagram.com/p/B7j-D38H4DH/?igshid=1aa05qam6yy7u

    Untuk social distancing jika dirasa daerah anda kurang edukasi ada baiknya anda yang sekiranya sudah tau garis besar yang terkait covid 19 anda bisa membantu menjelaskannya dimulai dari keluarga terdekat, dan jangan lupa untuk edukasi cuci tangan sesering mungkin setelah aktivitas, ada baiknya juga berkonsultasi dengan pihak puskesmas terdekat / fasilitas kesehatan terdekat yang ada di daerah anda, sekali lagi edukasi menurut saya tidak hanya menunggu pihak pemerintah tetapi diharapkan juga ada generasi pembangkit yang membantu dimulai dari yang terkecil.
    Jika dirasa masih ada saja kerumunan anda bisa melaporkannya ke RT/RW terdekat atau pihak berwajib setempat

    Terimakasih, Semoga membantu

    Dara Safira Mellyana A.P
    Mahasiswa Keperawatan



  • @relawan-asharini
    Masy di lingk sy jg msh mremehkan...pihah desa dan kecamatan jg trkesan biasa..desa jg ga dibentuk gugus tugas jd seumpma ada wrga dtng dr luar kota wrganya sendiri yg inisiatif ke puskesmas..pdhl sy tinggal diperbatasan Jatim Jateng tpatny desa batokan kec kasiman kab Bojonegoro...mo lapor polisi/satpol pp jg ga yakin bakal ditanggapi.
    Curhat aja 🙏🙏🙏



  • Dear mbak dan mas Relawan,
    Menurut saya teman2 disini adalah orang2 yang sudah sangat peduli akan COVID-19 dan selalu update mengenai info2 terbaru.
    Apakah ada atau bisa dibuatkan help chain untuk eskalasi jika masih ditemukan kegiatan warga, ataupun perangkat desa maupun pihak berwajib yang masih meremehkan hal ini? Karena kami sebagai warga biasa hanya bisa melaporkan tanpa memiliki kekuasaan. Sehingga kami berharap pihak2 yang memiliki kewenangan bisa meluruskan oknum2 tersebut.



  • Dear @Avinia @dn

    Mohon ijin menjawab
    Terimakasih atas aspirasi yang disampaikan
    Memang hal seperti ini menjadi masalah kita bersama bila aparat negara tidak terlalu peduli dengan hal ini. Tapi kami harap hal seperti ini saudara-saudara jangan pernah menyerah dan jangan pernah takut untuk menegur. Apabila memang pihak aparat negara seperti pak RT hingga kecamatan tidak melakukan tanggapan, saudara-saudara bisa bekerja sama dengan karang taruna untuk melakukan kegiatan pemberantasan COVID-19 di daerah saudara.
    Saudara juga dapat melaporkan kepada pihak kelurahan, dinkes setempat untuk melakan kegiatan yang bersifat mencegah COVID-19 dan apabila saudara menemukan kerumunan, saudara dapat melaporkannya kepada kepolisian dan satpol PP setempat.

    Semoga membantu
    Terima kasih



  • baik, terimakasih jawabannya


Log in to reply
 



Pengguna Online: