TES LAB COVID-19



  • berapa lama tes covid lab jika orang sudah positif di rapid tes



  • Dear @mus-fikurroza

    Mohon ijin menjawab
    Terimakasih atas pertanyaannya
    Jadi apabila seseorang dinyatakan positif pada rapid test, seseorang tersebut juga harus melakukan test lain seperti tes darah lengkap, dan PCR oleh petugas laboratorium pemeriksa COVID-19 yang ditunjuk di Jawa Timur.
    Untuk hasil tes dari PCR dapat keluar dalam waktu 3-7 hari dan dapat diketahui di tempat seseorang tersebut cek COVID-19.

    Semoga membantu
    Terima kasih



  • tapi katanya sampai 14 hari? itu yg membuat lama proses nya atau?


  • Relawan

    Halo @mus-fikurroza

    Hallo Semua!!
    Jadi disini aku membagi info tentang pemeriksaan COVID-19:

    Saat ini pemeriksaan COVID-19 terdapat 2 jenis yaitu

    1. Rapid test: tes ini memiliki keunggulan hasil yang cepat, namun ke akuratannya tidak sebaik PCR. Tes ini saat ini di gunakan untuk garda depan yang artinya untuk pengetesan secara massal akan menggunakan ini.
    2. PCR: tes ini memiliki keunggulan mengeluarkan hasil yang sangat akurat, berbeda dengan rapid test PCR memerlukan waktu yang panjang untuk mendapatkan hasil dibandingkan rapid test

    Oleh karena itu kedua test ini memiliki peran yang sama-sama penting, jika pasien didapatkan hasil rapid test nya positive akan di lakukan double check menggunakan PCR

    Jadi rapid test dipake karena hasilnya cepat sekitar 15-30menit hasilnya keluar, jika dari hasil rapid test dinyatakan positif masih ada 2 kemungkinan

    1. Dia masih dalam fase 6-14hari infeksi
    2. Dia sudah terinfeksi lama dan sembuh, antibodynya tetap ada sebagai kekebalan alami yg terbentuk

    Jadi, kalo udah + rapid test lanjut tes pcr untuk memastikan virusnya ada/gk , kalo ada masuk kemungkinan 1 infeksi aktif , butuh perawatan khusus.

    Semoga membantu

    Dara Safira Mellyana A.P
    Mahasiswa Keperawatan


  • Relawan

    Selamat siang @mus-fikurroza

    Untuk waktu 14 hari yang diberikan adalah waktu untuk melihat apakah terdapat tanda dan gejala covid19. Selama 14 hari tersebut, jika dinyatakan (+), maka harus melakukan karantina mandiri selama waktu yang diberikan oleh dokter hingga dinyatakan sembuh. Untuk mengetahui hasil (+)/(-) dapat dengan rapid test lalu dilanjutkan dengan swab test (laboratorium). Tetapi jika hasil rapid test (-), anda disarankan untuk tetap mematuhi anjuran yang ada (PHBS, Soscial Distancing, dll.)

    Semoga membantu. Salam Sehat



  • Untuk rapid test bisa dilakukan di RS mana? dan untuk swab test apakah dikenakan biaya di RS Rujukan Covid-19? Berapa biaya swab test Covid 19?




  • Relawan

    Halo @Bravella
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Untuk informasi RS rujukan dapat anda lihat di http://infocovid19.jatimprov.go.id/

    Dalam pemeriksaan rapid test dibagi menjadi 4 prioritas

    • prioritas pertama : yaitu seseorang yang kontak erat dengan kasus konfirmasi. siapa? yaitu petugas medis, orang yang berada dalam satu ruangan, orang yang bepergian bersama-sama mulai dari 2 hari sebelum sampai 14 hari setelah kasus timbul
    • prioritas kedua : yaitu PDP bila pemeriksaan lanjut tidak memungkinkan maka dilakukan rapid-test
    • prioritas ketiga : yaitu ODP bila pemeriksaan lanjut tidak memungkinkan maka dilakukan rapid-test
    • prioritas keempat : yaitu kontak erat risiko rendah

    Dilansir dari tagar.id. Manajer Pelayanan Medis RSUA Muhammad Ardian mengatakan bahwa bagi masyarakat umum memiliki gejala Covid-19, berupa panas tinggi 38 derajat, batuk, sesak nafas serta memiliki riwayat kontak positif atau memiliki riwayat bepergian luar negeri atau ke daerah terjangkit. Kemudian didiagnosa oleh dokter sebagai ODP atau PDP, maka pemeriksaan tidak dikenakan biaya.

    Namun, bagi masyarakat tidak memiliki indikasi atau gejala yaitu panas tinggi atau sesak nafas. Serta dokter tidak mengeluarkan ODP atau PDP maka pemeriksaan dipungut biaya.

    Bagi masyarakat yang tidak memiliki indikasi atau gejala, serta tidak bepergian ke daerah terjangkit dan kebanyakan orang yang panik saja untuk memeriksakan. Maka untuk hal akan dikenakan biaya.

    Sebab, biaya yang ditanggung pemerintah hanya orang dalam pemantauan (ODP) yang memerlukan pemeriksaan swab PCR Covid-19, atau pasien dalam pengawasan (PDP) yang telah ditetapkan dokter RS.

    Hal itu sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK. 01/07/MENKES/169/2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu dan Permenkes Nomor 59 Tahun 2016 tentang Pembebasan Biaya Pasien Penyakit Emerging Tertentu serta Permenkes Nomor HK. 01/07/MENKES/182/2020 tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

    Karena itu, masyarakat yang ingin memeriksakan diri secara mandiri (bukan ODP atau PDP) tetap harus membayar biaya pemeriksaan. Untuk biaya pemeriksaannya berbeda masing-masing RS, hubungi RS yang anda tuju untuk informasi lebih jauh.

    Semoga membantu.



  • mohon tanya hasil PCR konfirmasi itu maksudny apa?


  • Relawan

    Halo @crez19
    Terimakasih untuk pertanyaanya, menjawab pertanyaan dari anda
    Untuk mendeteksi apakah seseorang terinfeksi virus corona maka akan dilakukan PCR test. Maksud dari "PCR konfirmasi" Menurut arti sebenarnya konfirmasi bisa berarti 2 konfirmasi positif dan konfirmasi negatif. Namun yang umum di masyarakat, maksud dari "PCR Konfirmasi" mengarah pada Seseorang atau pasien yang telah melakukan tes PCR dan hasilnya dinyatakan positif artinya orang tersebut terinfeksi virus Corona

    Semoga membantu


  • Relawan

    halo @mus-fikurroza terima kasih atas pertanyaannya

    pada dasarnya analisa spesimen tidak sampai selama itu. yang menjadikannya lama adalah tidak semua rumah sakit yang jumlahnya ribuan ini memiliki alat atau tenaga yang cukup untuk menganalisa spesimen tersebut karena jumlahnya sendiri juga sangat banyak. yang kedua, banyaknya antrian dan durasi waktu yang dibutuhkan juga menjadikan hal ini sampai berhari-hari. harap saudara maklumi, karena saat ini dari waktu ke waktu jumlah kasus kian meningkat, tentunya kita semua berharap wabah ini segera selesai sesegera mungkin.

    semoga menjawab
    terima kasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: